Ekonomi
Share this on:

Pasokan Bawang Putih Semakin Langka

  • Pasokan Bawang Putih Semakin Langka
  • Pasokan Bawang Putih Semakin Langka

JAKARTA - Pasokan bawang putih semakin menipis. Saat ini sisa pasokan bawang putih impor masih mencapai 100 ribu ton. Konsumsi bawang putih secara nasional 30 ton per bulan.

Stok 100 ribu ton bawang putih diperkirakan hanya bertahan selama tiga bulan. Selama ini, 95 persen konsumsi bawang putih diperoleh dari impor, sementara sisanya 5 persen dari dalam negeri.

Belum lama ini, Badan Pusat Statitis (BPS) merilis harga bawang putih secara nasional mencapai Rp48.000 per kilogram (kg).Di pasaran bawang putih dijual Rp45 ribu per kg.

Menurut data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional mencatat, per 10 April 2019, rata-rata harga bawang putih masih tinggi di sejumlah daerah. Di DKI Jakarta rata-rata harga jual bawang putih mencapai Rp60 ribu per kg, diikuti di kawasan Nusa Tenggara Timur Rp55 ribu per kg dan Gorontalo Rp55.650 per kg.

Karena pasokan bawang putih semakin berkurang, Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta para importir untuk mengeluarkan stok bawang putih di gudangnya melalui operasi pasar (OP). Sebanyak lima importir menyanggupi untuk mengeluarkan stok bawang putih.

"Masing-masing importir tipis sekali, masih kami monitor terus berapa," kata Direktur Jenderal Perdagangan dalam Negeri Kemendag, Tjahya Widayanti, di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Kamis (18/4).

Dengan bantuan importir, Kemendag memastikan pasokan bawang putih akan aman hingga Lebaran 2019 nanti. "Ketersediaan bawang putih akan cukup sampai Lebaran 2019," ucap Tjahja.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Oke Nurwan mengungkapkan, bahwa sebanyak delapan perusahaan importir telah mendapatkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RPIH) dan mengajukan izin impor. Namun dari delapan perusahaan, hanya tujuh yang melengkapi persyaratan dokumen.

"Jadi tujuh perusahaan itu yang akan keluar izin impornya," ujar Oka.

Sayangnya, Oke belum bisa memastikan kapan impor tersebut akan dilaksanakan. Karena hal itu keputusan perusahaan. Adapun impor yang diterbitkan itu berlaku untuk selama enam bulan.

"Tapi yang pasti kita meminta mereka (importir) untuk melaporkan kapan masuk dan melalui pelabuhan mana, untuk kita bisa lakukan langkah selanjutnya," ucap Oke.

Sementara peneliti pertanian, Juli Yulianto menilai pemerintah untuk segera melakukan impor bawang putih. Mengingat pasokan bawang putih semakin menipis, karena produk dalam negeri selama ini hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan benih.

"Produksi dalam negeri (bawang putih) yang sekarang pemerintah genjot masih sebatas memenuhi kebutuhan untuk benih yang diharapkan ke depan bisa disebar digunakan petani untuk memproduksi bawang putih konsumsi," kata Juli kepada Fajar Indonesia Network (FIN).

Ke depan, agar Indonesia tidak bergantung dari impor, Juli menyarankan, pemerintah memberikan insentif kepada petani bawang putih. Dia menilai, kebijakan ini akan mendongkrak produksi bawang putih.

"Sebab dulu hancurnya bawang putih dalam negeri karena petani tidak mendapatkan insentif harga yang baik, karena harga bawang putih impor jauh lebih murah ketimbang bawang putih dalam negeri. Untuk itu pekerjaan rumah pemerintah agar petani mau tanam bawang putih adalah menjaga harga di dalam negeri," tutur Juli.

Sampai saat ini, Perum Bulog selaku pihak yang ditunjuk melakukan importasi belum mendapatkan izin dari Kemendag. Kementerian Koordinator bidang Perekonomian memastikan belum ada perubahan dalam kebijakan 100 ribu ton bawang putih dari China. Impor tersebut hasil kesepakan rapat koordinasi terbatas (rakortas).

Terkait perkembangan rencana impor bawang putih, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman hanya mengatakan bahwa ranah dia hanya membicarakan soal produksi, tidak impor. "Kita ini produksi. Domain saya produksi. Kementan (Kementerian Pertanian) itu produksi," ujar Amran.

Amran menuturkan, persentase impor bawang putih pada 1990-an hanya berada pada kisaran 10 persen hingga 30 persen. Kemudian pada 2000-an, persentase impornya berada pada kisaran 30 persen. Kemudian pada 2014 atau persentasenya 96 persen.

Adapun upaya untuk menggenjot produksi bawang putih, pihaknya berupaya menambah luas lahan pertanaman bawang putih yang mulanya 1.000 hektare kini menjadi 11 ribu hektare. "Tahun ini target 20 ribu hektare. Yang Anda tulis adalah naik 2.000 persen tanaman bawang. Kita ingin kembalikan kejayaan tanaman bawang Indonesia," kata Amran. (din/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Pasar Ekonomi Kompak Menguat
Pasar Ekonomi Kompak Menguat

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dituding Kartel, Luas Lahan Bawang Putih Akan Diaudit

Dituding Kartel, Luas Lahan Bawang Putih Akan Diaudit

Melambungnya harga bawang putih sejak awal 2019 hingga Rp100 ribu per kilogram memunculkan dugaan kartel. .


Pendapatan dan Belanja Biang Keladi Defisit BPJS Kesehatan

Pendapatan dan Belanja Biang Keladi Defisit BPJS Kesehatan

Sejak tahun pertama, di 2014 sampai saat ini penyakit defisit BPJS Kesehatan tidak kunjung sembuh. Bahkan terus semakin parah.


Pemerintah Bakal Tambah Impor 125 Ribu Ton Bawang Putih

Pemerintah Bakal Tambah Impor 125 Ribu Ton Bawang Putih

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan segera mengeluarkan SPI bawang putih lagi kepada 11 importir swasta.


Pemerintah Garansi saat Mudik BBM di Jalur Tol Aman

Pemerintah Garansi saat Mudik BBM di Jalur Tol Aman

Pemerintah memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) sepanjang Tol Trans Jawa aman saat musim mudik Lebaran 2019.


Digelontor impor dari China, Harga Bawang Putih Berangsur Stabil

Digelontor impor dari China, Harga Bawang Putih Berangsur Stabil

Seiring pasokan cukup yang didatangkan dari China, harga bawang putih bakal berangsur stabil di kisaran Rp30 ribuan.


Tenang, Stok Bawang Putih Sudah Ada 115 Ribu Ton

Tenang, Stok Bawang Putih Sudah Ada 115 Ribu Ton

Di hari kedua Ramadan, Selasa (7/5) kemarin, harga bawang putih dan cabai keriting tergolong tinggi di Indonesia.


KPPU Curigai Ada Persaingan Tak Sehat di Impor Bawang Putih

KPPU Curigai Ada Persaingan Tak Sehat di Impor Bawang Putih

Rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) bawang putih yang dikeluarkan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk Perum Bulog terindikasi adanya persaingan daga


Harga Bawang Putih Digaransi Tak Lebih dari Rp30 Ribu/Kg

Harga Bawang Putih Digaransi Tak Lebih dari Rp30 Ribu/Kg

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Minggu (5/5), menetapkan harga bawang putih di seluruh Indonesia paling tinggi Rp3


Harga Bawang Putih di Brebes Terus Naik

Harga Bawang Putih di Brebes Terus Naik

Menjelang Ramadan, harga sejumlah komoditas pertanian mengalami kenaikan.


Bawang Merah dan Pesawat Sumbang Inflasi April 0,44%

Bawang Merah dan Pesawat Sumbang Inflasi April 0,44%

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis inflasi sepanjang April 0,44%. Inflasi terbesar disumbang oleh kenaikan harga bawang merah dan mahalnya tarif pesawat terban



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!