Ekonomi
Share this on:

Pelindo IV Jajaki Pembangunan Pelabuhan di PPU

  • Pelindo IV Jajaki Pembangunan Pelabuhan di PPU
  • Pelindo IV Jajaki Pembangunan Pelabuhan di PPU

BALIKPAPAN - PT Pelindo (Persero) IV Cabang Balikpapan menjajaki kerja sama bisnis di bidang pelayaran dengan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Upaya ini dinilai mampu menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) setempat maupun kinerja persero.

General Manager (GM) Pelindo IV Cabang Balikpapan Iwan Sjarifuddin mengatakan, penawaran kerja sama di bidang pelayaran ini datang dari Pemkab PPU beberapa waktu lalu. Pihaknya pun menyambut baik hal tersebut.

“Ini market baru bagi Pelindo. Kami percaya, (PPU dengan Balikpapan) tidak saling mematikan. Zaman sekarang, sinergi justru membuat tumbuh bersama,” ucapnya.

Apalagi, lanjut dia, pelabuhan merupakan pintu utama tiap daerah. Semakin besar pelabuhan yang dioperasikan mencerminkan besarnya sektor perdagangan yang bergerak di daerah tersebut.

Mengenai konsep, di PPU dapat dibangun pelabuhan berbasis serbaguna alias multipurpose. Yakni untuk angkutan penumpang, kargo hingga peti kemas. Ia pun berharap gambaran ini bisa terwujud pada masa mendatang. Namun, Iwan belum bisa memastikan lokasi pengembangan bagi pelabuhan PPU karena masih harus dijajaki lebih lanjut.

Untuk saat ini, selain ada pelabuhan feri yang melayani penyeberangan ke Balikpapan PP, juga ada pelabuhan untuk angkutan komoditas CPO dan batu bara. Peluang lain yang mendorong untuk adanya pengembangan pelabuhan di PPU yakni terbukanya akses jalan yang menghubungkan PPU-Paser-Batulicin dengan Kutai Barat yang membentang sepanjang 85 Kilometer (Km) sehingga akan membuka pasar bagi pengguna jasa pelayaran.

"Tahun depan pembangunan jalan akan dimulai dan itu sudah disetujui Gubernur Kaltim Isran Noor. Artinya ada market baru yang terbuka, apalagi jarak tempuhnya lebih singkat hanya tiga jam, sementara dari Balikpapan ke Kubar sepuluh jam," ucap Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud saat dihubungi.

Lanjut Gafur, optimalisasi pelabuhan di wilayahnya bukan hal yang tidak mungkin sekalipun bertetangga dengan Balikpapan yang lebih dulu mengoperasikan pelabuhan. Penjajakan dengan Pelindo, lanjut dia, bukan hal baru karena sebelumnya, proyek kerja sama pernah diinisasi namun tak kunjung terealisasi dengan alasan miskomunikasi.

Secara akurasi ia menyebut, pelabuhan Buluminung dikelola UPT Dinas Perhubungan dengan luas area 15 hektare memiliki panjang dermaga 100 meter.

Pada 2016, hanya dalam kurun waktu enam bulan periode Juni-Desember, operasional pelabuhan tersebut menghimpun pendapatan sebesar Rp3,8 miliar yang didapat dari retribusi atas kegiatan muat dengan tarif Rp12.500 per ton. Sementara di 2017, pihaknya kembali membukukan pendapat yang sama dari Rp4 miliar yang ditargetkan.

Sementara di 2018, realisasi pendapatannya baru mencapai Rp1,5 miliar dari target Rp4 miliar seiring anjloknya industri andalan Kaltim yakni batu bara. (aji/tom/k18/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Dorong Kesadaran Pajak dari Kampus
Dorong Kesadaran Pajak dari Kampus

Berita Sejenis

Kembangkan Kawasan Industri Halal

Kembangkan Kawasan Industri Halal

Pembangunan kawasan industri halal di dalam negeri terus diakselerasi.


Akhirnya BPJS Kesehatan Diaudit

Akhirnya BPJS Kesehatan Diaudit

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) akhirnya mengeluarkan hasil audit final BPJS Kesehatan.


Bank BJB Diminta Tidak Pilih Dirut Bermasalah

Bank BJB Diminta Tidak Pilih Dirut Bermasalah

RUPS PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) akan digelar dalam waktu dekat.


Kurangi Defisit, BPJS Kesehatan Jajaki Alternatif Kerjasama dengan Lembaga Penjamin

Kurangi Defisit, BPJS Kesehatan Jajaki Alternatif Kerjasama dengan Lembaga Penjamin

Untuk mengurangi defisit, BPJS Kesehatan tengah menjajaki alternatif kerja sama dengan beberapa lembaga penjamin atau asuransi.


Digitalisasi Persingkat Layanan

Digitalisasi Persingkat Layanan

Pelabuhan terus berinovasi dengan melaksanakan layanan digital untuk memperpendek waktu servis.


Pelindo-Pertamina Perkuat Distribusi Energi

Pelindo-Pertamina Perkuat Distribusi Energi

Untuk menunjang konektivitas antar pelabuhan, PT Pertamina dan PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV bersinergi dalam distribusi energi.


Importer Berharap Biaya Logistik Rendah

Importer Berharap Biaya Logistik Rendah

Dampak pembangunan infrastruktur belum sepenuhnya dirasakan importer, khususnya terkait biaya logistik.


Subsidi Uang Muka untuk Sejuta Rumah ASN, TNI, dan Polri

Subsidi Uang Muka untuk Sejuta Rumah ASN, TNI, dan Polri

Sistem kredit dan pembangunan sejuta rumah untuk aparatur sipil negara, TNI, dan Polri terus dimatangkan.


Pemerintah Bubarkan BP Batam

Pemerintah Bubarkan BP Batam

Pemerintah berencana membubarkan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam).


Ajukan Suntikan Modal Rp1 Triliun

Ajukan Suntikan Modal Rp1 Triliun

PT Pelabuhan Indonesia Investama (PII) mengajukan suntikan modal Rp 1 triliun kepada induk usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II).



Berita Hari Ini

Video

Populer

Digital Interaktif. GRATIS

Edisi 1 Januari 1970

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!