Ekonomi
Share this on:

Pemerintah Ingin Tarik Lebih Banyak Investor Jepang

  • Pemerintah Ingin Tarik Lebih Banyak Investor Jepang
  • Pemerintah Ingin Tarik Lebih Banyak Investor Jepang

JAKARTA - Tren investasi Jepang ke Indonesia menunjukkan perlambatan dalam kurun tiga tahun terakhir. Untuk itu, pemerintah Indonesia menganggap hubungan bisnis kedua negara perlu ditingkatkan. Salah satunya menambah wadah yang bisa menjembatani kolaborasi bisnis antara RI dan Jepang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto kemarin (8/8) meresmikan Indonesia-Japan Business Network (IJB-Net). IJB-Net merupakan organisasi yang didukung para diaspora Indonesia di Negeri Sakura serta sahabat-sahabat Jepang pencinta Indonesia yang terpanggil untuk meningkatkan kolaborasi bisnis antara kedua negara.

Airlangga mengatakan bahwa Indonesia dan Jepang merupakan mitra strategis. Hubungan perdagangan antar kedua negara terus meningkat. ”Jepang hampir selalu berada pada jajaran lima besar negara mitra bagi Indonesia. Begitu juga nilai investasinya yang selalu masuk dalam jajaran lima besar,” ujar Airlangga.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menyatakan, minat investasi industri manufaktur Jepang ke Indonesia perlu dipacu. Sebab, data Japan Bank for International Cooperation (JBIC) menunjukkan, pada 2013, Indonesia masih menempati peringkat pertama tujuan investasi industri manufaktur. Namun, pada 2017, peringkat Indonesia turun ke posisi kelima, dikalahkan Tiongkok, India, Vietnam, dan Thailand.

”Untuk mengatasi masalah kesadaran dan memperkuat kerja sama, telah didirikan IJB-Net sebagai kerangka kolaborasi bisnis kedua negara,” ujar Ishii. Dia optimistis organisasi baru itu akan meningkatkan dan memperkuat hubungan kedua negara.

Ketua Umum IJB-Net Suyoto Rais mengatakan bahwa pengembangan industri manufaktur Indonesia masih menghadapi persoalan middle hollow antara hulu dan hilir. Sebab, Indonesia kekurangan teknologi proses yang mampu mengolah dan memberikan nilai tambah pada produk-produk yang dihasilkan.

”Salah satu solusinya adalah kolaborasi bisnis antara Indonesia dan Jepang melalui strategi yang terencana dan dukungan banyak pihak,” timpal Suyoto.

Karena itu, IJB-Net siap mengoptimalkan peran para alumnus Jepang untuk memperkuat network kedua negara. IJB-Net juga akan membantu pengembangan IKM Indonesia agar dapat meningkatkan nilai tambah produknya sehingga bisa menembus pasar Jepang.

”Melalui kolaborasi ini, akan ada pula adopsi teknologi yang aplikatif dan memacu volume transaksi perdagangan kedua negara,” jelasnya.

Menurut data Kemenperin, saat ini sekitar 1.600 perusahaan Jepang memberikan lapangan pekerjaan bagi 5 juta penduduk Indonesia. Selain itu, perusahaan Jepang turut berkontribusi terhadap 10 persen PDB Indonesia. (agf/c6/oki/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pelindo IV Jajaki Pembangunan Pelabuhan di PPU

Pelindo IV Jajaki Pembangunan Pelabuhan di PPU

PT Pelindo (Persero) IV Cabang Balikpapan menjajaki kerja sama bisnis di bidang pelayaran dengan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).


Semakin Diminati, KA Joglosemarkerto Selalu Penuh 90 Persen Lebih

Semakin Diminati, KA Joglosemarkerto Selalu Penuh 90 Persen Lebih

Antusiasme penumpang Kereta Api (KA) Komuter Joglosemarkerto sangat tinggi. Bahkan tingkat okupansinya gila-gilaan, di atas 90 persen.


SoftBank-Alibaba Suntik USD 1,1 Miliar

SoftBank-Alibaba Suntik USD 1,1 Miliar

Investor global berduyun-duyun menyuntik modal e-commerce Indonesia. Kali ini Tokopedia kembali mendapat injeksi dana USD 1,1 miliar atau sekitar Rp15,9 triliun


Pemerintah Bubarkan BP Batam

Pemerintah Bubarkan BP Batam

Pemerintah berencana membubarkan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam).


Tarik Rencana Investasi Rp210,8 Triliun

Tarik Rencana Investasi Rp210,8 Triliun

Usaha memikat investor dengan pemberian fasilitas libur pajak (tax holiday) mulai menunjukkan hasil.


Pemerintah Alokasijan KUR Khusus untuk Peternak

Pemerintah Alokasijan KUR Khusus untuk Peternak

Akses pembiayaan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kian mudah dan beragam. Pemerintah meluncurkan kredit usaha rakyat (KUR) khusus peternakan.


Bunga Utang Potensial Membengkak

Bunga Utang Potensial Membengkak

Pemerintah memperkirakan pembayaran bunga utang sepanjang tahun ini akan mencapai Rp 258,86 triliun.


Jumlahnya Membengkak, Pemerintah Klaim Rasio Utang BUMN Aman

Jumlahnya Membengkak, Pemerintah Klaim Rasio Utang BUMN Aman

BUMN mencatat utang perusahaan pelat merah Rp5.271 triliun. Itu melesat 132,92 persen dari periode 2016 di kisaran Rp2.263 triliun.


Pacu Ekspor lewat Kawasan Berikat

Pacu Ekspor lewat Kawasan Berikat

Berbagai kemudahan diberikan kepada para pelaku usaha untuk memacu ekspor. Yang terbaru, pemerintah menerbitkan aturan anyar tentang Kawasan Berikat.


Ekspor Sawit Tak Dipungut Biaya

Ekspor Sawit Tak Dipungut Biaya

Pemerintah akan menyesuaikan pungutan ekspor oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) terhadap crude palm oil (CPO) dan produk turunannya.



Berita Hari Ini

IKLAN ARIP

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!