Ekonomi
Share this on:

Pemerintah Kebut Desain Ekonomi Batam

  • Pemerintah Kebut Desain Ekonomi Batam
  • Pemerintah Kebut Desain Ekonomi Batam

JAKARTA - Kawasan Batam sangat strategis dari sektor perdagangan. Itu membuat investor tidak sedikit membiakkan modal. Karena itu, pemerintah dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BP PBPB) Batam menaruh perhatian serius.

Keseriusan pemerintah itu dintunjukkan dengan membahas Konsep Masterplan Batam. Misalnya, model ekonomi, infrastruktur dan tata ruang beserta rencana pengembangan, hingga aspek kebijakan. "Itu supaya makin banyak berminat dan bersemangat menanamkan investasi di Batam," tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, di Jakarta, kemarin.

Darmin menyebut perlu skala prioritas dan cluster kawasan ekonomi khusus (KEK) Batam yang final. Cluster itu perlu segera finalisasi terutama menyangku visi, kegiatan dan potensi industri, potensi pariwisata dan sebagainya. "Itu pentingnya finalisasi agar pengembangan tidak terarah," imbuh Darmin.

Sebetulnya, ada beberapa prinsip terkait transformasi Free Trade Zone (FTZ) Batam menjadi KEK Batam. KEK Batam bersifat zonasi (enclave), tidak whole island. Selain itu, penetapan KEK pada cluster sesuai Kawasan Industri yang ada.

Kemudian, pengusaha yang tidak masuk cluster KEK, diberikan opsi untuk pindah ke KEK atau diberikan fasilitas lain seperti di tempat lain dalam daerah Pabean (Kawasan Berikat, Gudang Berikat, Pusat Logistik Berikat (PLB), Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), dan sejenisnya).

Menteri Keuangan (MEnkeu) Sri Mulyani meminta, BP PBPB Batam, Direktorat Jendeal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan stakeholder terkait terus berkoordinasi terutama dalam membuat rencana kerja konkret.

"Perlu timeline jelas dalam masa transisi FTZ menjadi KEK. Mulai dari identifikasi cluster-cluster Kawasan Industri, penyiapan sarana dan prasarana termasuk IT System, business process, penyiapan Sumber Daya Manusia, dan sebagainya," ucap Sri Mulyani.

Sementara itu, Kepala BP PBPB Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menjelaskan integrasi antara Batam, Pulau Bintan dan Pulau Karimun untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi Batam sebesar 7 persen. Tentu didukung rencana pengembangan proyek infrastruktur seperti Bandara Hang Nadim, Waduk Tembesi, Pelabuhan Batu Ampar, Rumah Susun, Tanjung Sauh Container Port Project, Jembatan Batam-Bintan, dan Light Rail Transit (LRT) Batam.

"Peran Batam sangat strategis menganngkat ekonomi Riau dan nasional. Karena itu, butuh model menciptakan harmoni dan saling memperkuat antara perindustrian, perdagangan, pariwisata, logistik, transportasi, dan teknologi digital," tukas Lukita. (dai/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Properti-Pariwisata Dongkrak Ekonomi Daerah

Properti-Pariwisata Dongkrak Ekonomi Daerah

Sinergi antara sektor properti dan pariwisata dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.


Transaksi di Atas USD 75 Kena Pajak 7,5 Persen

Transaksi di Atas USD 75 Kena Pajak 7,5 Persen

Pemerintah merevisi aturan impor barang kiriman. Batasan pembebasan bea masuk dan pajak impor untuk barang kiriman diturunkan dari USD 100 menjadi USD 75.


Bahas Ekonomi Digital hingga Urbanisasi

Bahas Ekonomi Digital hingga Urbanisasi

Persiapan pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-World Bank yang akan berlangsung pada 8–14 Oktober 2018 di Bali sudah hampir final.


RI Poros Ekonomi Kreatif pada 2030

RI Poros Ekonomi Kreatif pada 2030

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai salah satu poros ekonomi kreatif dunia pada 2030.


Stok Melimpah, Harga Beras Terkendali

Stok Melimpah, Harga Beras Terkendali

Bulog pekan lalu menggelontorkan stok cadangan beras pemerintah (CBP) melalui operasi pasar.


November, Produk Indonesia Bebas Bea Masuk Australia

November, Produk Indonesia Bebas Bea Masuk Australia

Pelaku usaha menyambut positif Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement.


Proyek EBT Tak Kena Penundaan

Proyek EBT Tak Kena Penundaan

Proyek energi baru terbarukan (EBT) dipastikan jalan terus kendati pemerintah menunda sejumlah proyek strategis nasional (PSN).


Depresiasi Kurs Pacu Ekspor

Depresiasi Kurs Pacu Ekspor

Tidak semua sektor ekonomi terpukul koreksi rupiah terhadap dolar AS. Industri mebel tanah air justru mendapat angin segar dari depresiasi kurs.


Aplikasi B20 Hemat Devisa USD 2 Miliar

Aplikasi B20 Hemat Devisa USD 2 Miliar

Sepanjang tahun ini pemerintah bakal mendapat penghematan sekitar USD 2 miliar.


Kebijakan Pemerintah Tepat

Kebijakan Pemerintah Tepat

Pakar perdagangan internasional Shanti Ramchand Shamdasani menilai langkah pemerintah Indonesia sudah tepat dalam mengambil kebijakan ekonomi makro.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!