Ekonomi
Share this on:

Penetrasi E-Commerce Makin Terasa di Daerah

  • Penetrasi E-Commerce Makin Terasa di Daerah
  • Penetrasi E-Commerce Makin Terasa di Daerah

JAKARTA - Perkembangan e-commerce tak hanya terkait dengan besaran transaksi atau volume penjualan. Para pelaku e-commerce mendapati tren pertumbuhan yang lebih luas, yakni meningkatnya aktivitas jual beli online yang makin tersebar di luar Jakarta dan kota besar lain. Pertumbuhan tersebut juga menarik ekspansi para pemain ketiga seperti agen logistik dan payment.

”Pertumbuhan e-commerce ini seperti melebihi ekspektasi kami para industri. Dulu, 2013, kita memprediksi e-commerce akan memuncak pada 2016. Tapi, 2016 sampai saat ini terus merangkak naik,” ujar Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar dalam acara Exabytes E-Commerce Conferences 2018 di Jakarta kemarin (14/8).

Dia menyebutkan, pertumbuhan tersebut tak terlepas dari penetrasi mobile internet yang meluas. Ditambah lagi, e-commerce berhasil mem-branding diri sebagai platform jual beli yang aman sehingga ekosistemnya terus meluas.

”Seiring banyaknya e-commerce yang muncul, ekspansi makin menyasar kota-kota kecil. Seller dari daerah terus tumbuh dan diikuti pertambahan buyer,” ujar Rezki.

Pertumbuhan penjual di berbagai daerah juga menjadi faktor bertambahnya pembeli. Rezki mencontohkan, dulu barang-barang yang diminati di e-commerce hanya datang dari kota besar di Jawa seperti Jakarta dan Surabaya. Namun, dengan munculnya seller di Makassar, konsumen dari Manado atau Ambon pun tak lagi ragu untuk membeli barang karena alasan jauhnya lokasi pengiriman.

Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan menyampaikan hal senada. Exabytes yang merupakan perusahaan penyedia web hosting dan virtual server juga menangkap, tren perkembangan e-commerce semakin menggeliat di kota-kota kecil.

”Tren itu sudah terasa mulai awal 2018. Pemain yang terlibat dalam ekosistem e-commerce makin muda, makin tersebar, dan makin fokus on mobile,” ujar Indra.

Selain berkembang dari sisi pengguna dan pembeli, melebarnya dampak e-commerce di daerah-daerah memicu multiplier effect yang cukup positif. ”Pada 2015–2016, third-party logistik masih sedikit, sekarang kalau sudah diperhatikan makin banyak, yang mendukung operasional pengiriman itu berkembang,” tambah Rezki.

Yang kedua adalah payment. Payment gateway juga makin bertambah dari sisi safety, akses, dan inovasi. ”Terutama yang saya lihat inovasi pada mobile payment. Sekarang mulai banyak kredit tanpa kartu. Hal itu mengarah pada pemberian akses kepada buyer-buyer unbanked di daerah-daerah,” pungkasnya. (agf/nis/c11/oki/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Rupiah Terpuruk, Investasi Melambat
Rupiah Terpuruk, Investasi Melambat

Berita Sejenis

Imlek Dorong Traffic E-Commerce

Imlek Dorong Traffic E-Commerce

Perayaan Imlek tahun ini meningkatkan traffic e-commerce.


Pangkas Izin di Pusat hingga Daerah

Pangkas Izin di Pusat hingga Daerah

Pemerintah bakal berusaha lebih keras untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


Pajak E-Commerce Masih Moderat

Pajak E-Commerce Masih Moderat

Keluarnya PMK Nomor 210/PMK.010/2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik diharapkan memberikan kepastian bagi pela


Wisata Baru Dongkrak Jumlah Agen Travel

Wisata Baru Dongkrak Jumlah Agen Travel

Pariwisata Jawa Timur (Jatim) makin dieksplorasi untuk menjaring wisatawan. Akibatnya, jumlah agen travel sepanjang 2018 bertambah.


SoftBank-Alibaba Suntik USD 1,1 Miliar

SoftBank-Alibaba Suntik USD 1,1 Miliar

Investor global berduyun-duyun menyuntik modal e-commerce Indonesia. Kali ini Tokopedia kembali mendapat injeksi dana USD 1,1 miliar atau sekitar Rp15,9 triliun


Belanja via e-Commerce Didominasi Milenial

Belanja via e-Commerce Didominasi Milenial

Perilaku belanja masyarakat didominasi kaum urban. Setidaknya, kaum urban menguasai 72 persen melalui platform e-commerce.


Skutik Premium Makin Diminati

Skutik Premium Makin Diminati

Pertumbuhan penjualan kendaraan roda dua mengalami banyak perubahan. Produk-produk dengan harga premium makin diminati.


Akses Pasar Eropa Makin Terbuka

Akses Pasar Eropa Makin Terbuka

Kerja sama perdagangan Indonesia dengan negara-negara Eropa bakal semakin kuat.


Produk UKM Sulit Bersaing

Produk UKM Sulit Bersaing

Pertumbuhan e-commerce berkembang begitu pesat. Kondisi itu perlu diikuti regulasi jelas.


E-Commerce Catat Transaksi Fantastis

E-Commerce Catat Transaksi Fantastis

Pesta belanja online terbesar di dunia (Singles’ Day) atau 11.11 tahun ini kembali mencetak rekor.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!