Ekonomi
Share this on:

Pengekspor Dapat Diskon Pajak Deposito

  • Pengekspor Dapat Diskon Pajak Deposito
  • Pengekspor Dapat Diskon Pajak Deposito

JAKARTA - Pemerintah akan memberikan insentif fiskal untuk mendukung ekspor. Pertama, pemerintah bakal memberikan potongan pajak atas bunga hasil deposito bagi pengusaha yang melakukan perpanjangan (roll over) dalam menaruh devisa hasil ekspor (DHE) di dalam negeri.

Sebelumnya, fasilitas insentif itu diberikan untuk eksporter yang menaruh DHE-nya di dalam negeri. Namun, eksporter yang melakukan roll over belum mendapatkan insentif.

”Kalau depositonya diperpanjang, boleh mendapatkan fasilitas yang sama. Atau pindah (deposito, Red) dari satu bank ke bank lain, selama masih di dalam negeri, boleh,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara usai rapat koordinasi peningkatan ekspor kemarin (24/1).

Hal itu dilakukan agar Indonesia tak melulu kehilangan DHE. Sebab, devisa yang kuat akan menjadi bantalan yang ampuh ketika Indonesia mengalami tekanan nilai tukar.

Selain itu, pemerintah bakal memperkuat investasi dengan menerapkan reverse tobin tax. Kebijakan tersebut memberikan insentif fiskal bagi penanaman modal asing (PMA) di Indonesia dalam jangka panjang.

Hal tersebut bertujuan menahan laba operasional PMA di Indonesia agar tak dibawa kembali ke negara asalnya. Reverse tobin tax itu memungkinkan investor mendapatkan insentif fiskal kembali. Asalkan, laba yang didapatkannya diinvestasikan kembali di Indonesia. Kebijakan tersebut masih dikaji pemerintah saat ini.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menambahkan, pihaknya akan mendorong peningkatan kinerja ekspor melalui dua kebijakan. Yakni, simplifikasi prosedural dan efisiensi logistik. ”Bakal ada revisi Permendag tentang itu. Seminggu ke depan kita targetkan selesai,” ujar Enggar.

Simplifikasi prosedural ekspor bertujuan memberikan efisiensi biaya dan waktu dengan mengurangi jumlah komoditas ekspor yang wajib menyertakan laporan surveyor (LS) dan larangan terbatas (lartas) ekspor lainnya.

Kebijakan simplifikasi itu berlaku untuk berbagai komoditas ekspor. Misalnya, minyak, pulp and paper, serta batu bara. Mayoritas komoditas ekspor yang disimplifikasi pemeriksaannya adalah komoditas sumber daya alam (SDA).

Di sisi lain, untuk meningkatkan efisiensi sektor logistik, pemerintah juga berencana mengoptimalkan penerapan sistem delivery order (DO) secara online untuk meningkatkan kualitas aliran barang dan menekan dwelling time.

Pemerintah pun berencana mempermudah prosedur layanan ekspor dan perbaikan proses bisnis untuk sektor otomotif. ”Hal ini dapat mengurangi antrean barang dan mampu mengurangi kemacetan di pelabuhan. Usulan ini sudah mendapatkan respons positif dari para stakeholder,” tambah Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi.

Semua upaya tersebut dilakukan karena pemerintah memprediksi defisit neraca perdagangan kemungkinan berlanjut pada 2019. Untuk itu, peningkatan kinerja ekspor harus dilakukan dari berbagai sisi, mulai fiskal hingga sektor riil.

”Kita memerlukan instrumen kebijakan peningkatan ekspor untuk tetap menjaga kestabilan kinerja neraca perdagangan, khususnya kuartal pertama tahun ini,” timpal Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (rin/c25/oki/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Permudah Emiten dan Investor
Permudah Emiten dan Investor

Berita Sejenis

Amnesti Pajak Sempat Dicurigai Kembali ke Asing

Amnesti Pajak Sempat Dicurigai Kembali ke Asing

Repatriasi amnesti pajak tahap pertama selesai pada September 2019 selesai.


Kenaikan Cukai Rokok Gerus Pendapatan Negara

Kenaikan Cukai Rokok Gerus Pendapatan Negara

Industri Hasil Tembakau (IHT) memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Karenanya, cukai rokok selama ini dapat mengerek pendapatan negar


Aturan Tax Refund Belum Kerek Wisman

Aturan Tax Refund Belum Kerek Wisman

Pemerintah memberikan kelonggaran skema pengembalian Pajak Pertambahan Nilai atau tax refund bagi wisatawan mancanegara.


Pajak Produk e-Commerce Kini Lewat Sistem Online Loh

Pajak Produk e-Commerce Kini Lewat Sistem Online Loh

Pemerintah untuk dua pekan ke depan akan menerapkan pajak terhadap transaksi cross border atau lintas batas antarnegara


Regulasi Insentif Super Deduction Tax Didukung Pelaku Usaha

Regulasi Insentif Super Deduction Tax Didukung Pelaku Usaha

Kebijakan pengurangan pajak super alias insentif super deduction tax resmi diterbitkan.


Oknum Fintech Ilegal Bakal Dipenjara

Oknum Fintech Ilegal Bakal Dipenjara

Keberadaan financial technologi (fintech lending) selain dapat membantu juga meresahkan masyarakat.


Warga Debong Tengah Dapat Mobil *Undian Dobel Bonus TEGAL-

Warga Debong Tengah Dapat Mobil *Undian Dobel Bonus TEGAL-

Sungguh beruntung nasib Khusnul (39), warga Jalan Tengku Umar Nomor 24 Kelurahan Debong Tengah Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal ini.


Tarif Ojol Tak Boleh Jor-joran Beri Promo

Tarif Ojol Tak Boleh Jor-joran Beri Promo

Pemerintah mengimbau perusahaan aplikasi penyedia layanan transportasi untuk tidak jor-joran memberi harga promo atau diskon kepada konsumen.


Menhub Ancam Laporkan Aplikator Ojol ke KPPU

Menhub Ancam Laporkan Aplikator Ojol ke KPPU

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Surat Edaran terkait pembatasan diskon tarif ojek online (ojol).


Tawarkan Diskon Tambah Daya 100%, PLN Hadir Meriahkan Jateng Fair 2019

Tawarkan Diskon Tambah Daya 100%, PLN Hadir Meriahkan Jateng Fair 2019

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta turut memeriahkan Jateng Fair 2019 dengan membuka booth di acara tersebut.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!