Ekonomi
Share this on:

Pengusaha Bisa Dapat Insentif Lagi

  • Pengusaha Bisa Dapat Insentif Lagi
  • Pengusaha Bisa Dapat Insentif Lagi

JAKARTA - Pemerintah tengah menyiapkan insentif fiskal baru untuk mendorong kembalinya devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri. Rencananya, insentif yang diberikan berupa pembebasan pajak bunga simpanan dari DHE yang ditaruh di dalam negeri.

’’Kalau Anda tukar ke rupiah, pajaknya bisa nol (persen). Pajak bunganya ya, uang yang ditaruh di bank. Tapi, kalau Anda taruh (dalam) valas, ya kami kurangilah pajaknya,’’ kata Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution kemarin (25/1).

Sebelumnya, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2019 tentang DHE dari Kegiatan Pengusahaan, Pengelolaan, dan atau Pengolahan Sumber Daya Alam (SDA). Peraturan yang bakal disusul keluarnya peraturan menteri keuangan (PMK) itu mewajibkan eksporter atau pengusaha SDA membawa kembali masuk DHE mereka ke dalam negeri.

Apabila tidak menyimpan DHE dalam sistem keuangan di Indonesia, pengusaha akan dikenai sanksi administratif. Sanksi tersebut dapat berupa denda, sanksi tidak bisa melakukan ekspor, atau pencabutan izin usaha.

Namun, menurut Darmin, jika pengusaha SDA itu masih membutuhkan valas sehingga tidak langsung membawa pulang DHE-nya, pemerintah perlu meminta bukti. Yaitu, bukti tertulis mengenai kebutuhan dan penggunaan valas tersebut oleh pengusaha. Kebutuhan valas itu biasanya berkaitan dengan kewajiban membayar utang atau pembelian bahan baku serta barang modal oleh pengusaha.

Mantan gubernur Bank Indonesia (BI) itu menambahkan, sektor SDA sebenarnya tidak begitu banyak melakukan impor. Karena itu, dia yakin pengusaha di sektor tersebut akan banyak menyimpan DHE dalam bentuk rupiah di dalam negeri.

Selain itu, karena tak banyak melakukan impor, penyimpanan dana di dalam negeri bisa lebih lama. Hal itu secara tidak langsung akan menambah supply valas di bank-bank dalam negeri. Nilai tukar pun diharapkan bisa lebih stabil ketika terjadi peningkatan permintaan valas.

Darmin mengungkapkan, pemerintah tidak akan memberikan batasan jangka waktu minimal penyimpanan DHE dalam bentuk rupiah. Artinya, pengusaha mungkin bisa langsung mendapat tarif pajak 0 persen berapa pun jangka waktu penyimpanannya di dalam negeri.

’’Kami enggak perlu persoalkan berapa lama. Pokoknya, you enggak boleh bawa (DHE) keluar kecuali bayar kewajiban perusahaan,’’ tandas Darmin.

Upaya perbaikan fundamental tersebut tidak hanya dilakukan dari sisi penambahan likuiditas valas dan devisa. Pemerintah juga berupaya meningkatkan investasi melalui penerapan reverse tobin tax. Yaitu, insentif fiskal berupa keringanan pajak ketika investor penanaman modal asing (PMA) melakukan reinvestasi labanya di Indonesia.

Tujuannya, memperbaiki fundamen ekonomi yang selama ini terlalu banyak bergantung pada investasi asing di portofolio. Rupiah pun mudah keok melawan dolar AS (USD) ketika banyak dana asing di portofolio yang keluar.

Ekonom Standard Chartered Indonesia Aldian Taloputra menyatakan, kebijakan reverse tobin tax akan memperbanyak investasi riil di dalam negeri. ’’Kalau ini kan lebih banyak ke export proceed. Jadi, mungkin tidak akan mendorong di portofolio,’’ ucapnya. (rin/c5/fal/jpg)

Berita Sebelumnya

Harga Tiket Pesawat Susah Turun
Harga Tiket Pesawat Susah Turun

Berita Berikutnya

Agresif Gaet Konsumen Muda
Agresif Gaet Konsumen Muda

Berita Sejenis

Lonjakan Harga Tiket Bisa Picu Inflasi

Lonjakan Harga Tiket Bisa Picu Inflasi

Pada minggu ketiga April, Bank Indonesia (BI) menyebutkan, inflasi secara bulanan 0,31 persen, sedangkan secara tahunan 2,7 persen.


E-Commerce Menggeliat, Sektor RiilLesu

E-Commerce Menggeliat, Sektor RiilLesu

Menggeliatnya perusahaan-perusahaan start up di Tanah Air membuat resah para pengusaha di sektor riil.


Tanpa Kerja Pertumbuhan Ekonomi Bisa 5 Persen

Tanpa Kerja Pertumbuhan Ekonomi Bisa 5 Persen

Pidato Prabowo Subianto di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu (7/4) lalu, soal kritik pertumbuhan ekonomi 5% mendapat dukungan ekonom senior.


Perusahaan Asing Segera Bisa Melantai di Bursa

Perusahaan Asing Segera Bisa Melantai di Bursa

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah memutar otak agar perusahaan asing bisa melantai di bursa saham. Keinginan OJK itu terbentur dengan Undang-Undang No. 40 Tah


Kerjasama Empat Bank Sentral Bisa Perkuat Nilai Tukar Uang Lokal

Kerjasama Empat Bank Sentral Bisa Perkuat Nilai Tukar Uang Lokal

Indonesia melalui Bank Indonesia (BI) menjalin kerjasama dengan Bank Negara Malaysia, Bangko Sentral ng Pilipinas, dan Bank of Thailand.


Pembiayaan Syariah untuk Infrastruktur Harus Dikaji Lagi

Pembiayaan Syariah untuk Infrastruktur Harus Dikaji Lagi

Sejumlah kalangan menyambut baik langkah pemerintah melirik pembiayaan syariah untuk membangun infrastruktur.


Sudah 153 Ribu Calon Jamaah Haji Lunasi BPIH

Sudah 153 Ribu Calon Jamaah Haji Lunasi BPIH

Pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) reguler 2019 ditutup sekitar sepuluh hari lagi.


Naik MRT Dapat Potongan 50 Persen

Naik MRT Dapat Potongan 50 Persen

Angkutan massal Moda Raya Terpadu (MRT) selama April 2019 untuk tarif komersial akan diberi potongan 50 persen.


Penurunan PPh Korporasi Bisa Bikin Anjlok Penerimaan Pajak

Penurunan PPh Korporasi Bisa Bikin Anjlok Penerimaan Pajak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mau menurunkan pajak korporasi alias Pajak Penghasilan (PPh) Badan.


Tips Berumur Panjang ala Komix Herbal

Tips Berumur Panjang ala Komix Herbal

PT.Bintang Toejoe salah satu produsen Komix Herbal memberikan tips agar bisa memiliki umur panjang. Hal itu disampaikan SPV PT. Bintang Toedjoe Pemalang.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!