Ekonomi
Share this on:

Perluas Pasar Elpiji Nonsubsidi

  • Perluas Pasar Elpiji Nonsubsidi
  • Perluas Pasar Elpiji Nonsubsidi

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berencana meluncurkan produk liquefied petroleum gas (LPG) 3 kg untuk menggaet pasar konsumen yang selama ini tidak berhak menerima subsidi. Produk bernama Bright Gas 3 kg tersebut diharapkan dapat memperluas pasar elpiji non-PSO (public service obligation) sebesar 2–4 persen tahun depan.

SVP Nonfuel Marketing PT Pertamina (Persero) Basuki Trikora menyatakan, untuk tahap awal, pihaknya menargetkan bisa menggaet pasar pengguna elpiji 3 kg PSO beralih ke Bright Gas 3 kg.

”Tetapi, karena masih penetrasi pasar, targetnya belum besar. Saat ini masih uji coba untuk melihat perilaku konsumen, apakah mereka memang berminat membeli elpiji 3 kg nonsubsidi,” ujarnya, kemarin.

Selama ini konsumsi memang didominasi elpiji 3 kg PSO. Pertamina mencatat, dari total permintaan elpiji sebanyak 7,5 juta metrik ton per tahun, konsumsi elpiji 3 kg PSO mendominasi, yakni 6,7 juta metrik ton.

Sisanya, sebanyak 800 ribu metrik ton, merupakan elpiji non-PSO. ”Kami benar-benar ingin mengambil pasar dari konsumen yang seharusnya tidak berhak mengonsumsi elpiji 3 kg PSO. Sebab, dengan distribusi terbuka seperti sekarang, memang konsumen nonsubsidi tetap boleh membeli,” jelas Basuki.

Produk terbaru tersebut rencananya diluncurkan pada pertengahan 2018 mendatang. ”Untuk harganya mengikuti CPA yang kami punya. Per satuan kilogramnya kami samakan dengan Bright Gas 5,5 kg, yakni Rp10-11.000 per kilogram,” terangnya.

Pada tahap awal, Pertamina baru menyasar Pulau Jawa. Perseroan juga akan mengoptimalkan pemasaran agar produk tersebut dapat menjangkau konsumen seluas-luasnya. ”Kuncinya adalah ketersedian di lapangan agar orang yang butuh tidak kesulitan mencari dan konsumen memiliki keinginan untuk membeli,” imbuhnya.

Pertamina mengklaim bahwa tingkat keamanan Bright Gas 3 kg lebih baik daripada elpiji 3 kg PSO dan setara dengan Bright Gas 5,5 kg. Yakni, menggunakan katup tabung double spindle. Bukan single spindle seperti pada elpiji 3 kg PSO.

Permintaan elpiji tahun depan diprediksi meningkat 5 persen daripada tahun ini. ”Ekonomi tumbuh, maka permintaan elpiji juga tumbuh sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, adanya program pemerintah untuk melakukan konversi penggunaan BBM (bahan bakar minyak, Red) ke BBG (bahan bakar gas) untuk kapal nelayan 5 gross tonnage mendorong permintaan elpiji,” tandas Basuki. (vir/c25/fal/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Lebih Responsif Genjot Pasar Ekspor

Lebih Responsif Genjot Pasar Ekspor

Indonesia harus lebih responsif menyikapi perang dagang Amerika Serikat dengan Tiongkok.


Dukung UKM Perluas Akses Pemasaran

Dukung UKM Perluas Akses Pemasaran

Platform pembayaran digital, OVO, berupaya menerapkan sistem pembayaran nontunai di kalangan usaha kecil dan menengah (UKM).


Stok Melimpah, Harga Beras Terkendali

Stok Melimpah, Harga Beras Terkendali

Bulog pekan lalu menggelontorkan stok cadangan beras pemerintah (CBP) melalui operasi pasar.


Bidik Peningkatan Load Factor

Bidik Peningkatan Load Factor

Jawa Timur, khususnya Surabaya, menjadi salah satu pasar utama bisnis penerbangan.


Pasar Modal Perlu Tambahan SDM Tersertifikasi

Pasar Modal Perlu Tambahan SDM Tersertifikasi

Peluang profesi di pasar modal masih terbuka.


Peningkatan PPh Impor ,Jangan Sampai Ganggu Akses Pasar

Peningkatan PPh Impor ,Jangan Sampai Ganggu Akses Pasar

Untuk mengendalikan impor, pemerintah tengah mengkaji kenaikan tarif pajak penghasilan (PPh) impor sejumlah produk.


DP Minim Pacu Penjualan Properti

DP Minim Pacu Penjualan Properti

Ceruk pasar properti premium masih terbuka. Pengembang perumahan pun masih gencar meluncurkan produk anyar untuk segmen tersebut.


Komponen Otomotif Perluas Pasar Ekspor

Komponen Otomotif Perluas Pasar Ekspor

PT Indospring Tbk tahun ini menggenjot penjualan di pasar domestik maupun internasional.


Asosiasi E-Commerce Ingin Perluas Ekosistem

Asosiasi E-Commerce Ingin Perluas Ekosistem

Industri e-commerce saat ini dipandang seksi oleh banyak pihak.


Dorong Penyebaran Pasar Ekspor Produk Perikanan

Dorong Penyebaran Pasar Ekspor Produk Perikanan

Persentase ekspor produk perikanan ke AS dinilai terlalu besar. Padahal, potensi di berbagai negara lain masih terbuka lebar.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!