Ekonomi
Share this on:

Satu Lagi Naik Kelas Jadi Unicorn

  • Satu Lagi Naik Kelas Jadi Unicorn
  • Satu Lagi Naik Kelas Jadi Unicorn

JAKARTA - Usaha rintisan (start-up) yang berlabel unicorn dinilai malah menarik modal asing untuk masuk ke tanah air. Start-up mendapatkan pangkat unicorn manakala memiliki ide luar biasa dan valuasi minimal USD 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun. ”Unicorn justru mendatangkan modal asing masuk Indonesia,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kemarin (19/2).

JK tidak menampik, ketika start-up lokal mendapatkan suntikan uang dari pemodal asing, ada keuntungan atau dividen yang keluar dari Indonesia. Namun, jumlahnya tidak sebesar modal asing yang masuk. Dia mencontohkan investor yang menanamkan modal ke Go-Jek. Uang dari luar negeri masuk ke Indonesia dan tidak ada modal dari Go-Jek yang keluar ke mancanegara. Begitu pula start-up lain.

Seharusnya bangsa Indonesia bersyukur karena ada sejumlah anak muda yang bisa menuangkan ide sehingga menjadi start-up berlabel unicorn. Selain mereka membuat modal asing masuk, sekian banyak warga ikut merasakan manfaatnya. Pemerintah bersama masyarakat akan terus mendorong start-up sehingga semakin banyak yang bisa mencapai label unicorn.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, bagaimanapun, Indonesia saat ini mengarah ke ekonomi digital. ”Itu tidak bisa dihindari,” ucap dia saat ditemui di Bawaslu, Senin malam (18/2).

Pihaknya bertugas menciptakan ekosistem yang baik untuk tumbuhnya start-up sehingga bisa menjadi unicorn. Ekosistem itu berupa kemudahan-kemudahan dari sisi regulasi, pendanaan, hingga infrastruktur. ”Unicorn kita paling banyak di (antara, Red) negara-negara ASEAN,” lanjutnya.

Tahun ini pemerintah menargetkan satu start-up bisa naik kelas menjadi unicorn. Hanya, berhasil tidaknya sangat bergantung transaksi bisnis yang ada. Kebutuhan pasar sangat memengaruhi perkembangan sebuah start-up menjadi unicorn. ”Misalkan, yang punya potensi itu di edutech,” ucapnya.

Itu tidak terlepas dari anggaran pendidikan Indonesia yang besar, hampir menyentuh Rp500 miliar. Peluang lainnya, ada start-up yang bergerak di bidang healthtech. Apakah yang dimaksud adalah Ruangguru dan Halodoc, Rudi hanya tersenyum. ”Bukan dari saya,” ucapnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambahkan, pihaknya akan mempercepat aturan yang memungkinkan pengusaha mendapatkan super deduction tax. Yaitu, insentif fiskal yang berupa pengurangan pajak. Itu akan menjadi penambah insentif fiskal setelah pemerintah memberikan fasilitas yang berupa tax allowance dan tax holiday.

Insentif tersebut akan diberikan untuk mendukung kegiatan vokasi serta riset dan pengembangan atau research and development (R&D) oleh pihak swasta. ”Segera, dua minggu bisa selesai kalau koordinasi antar-K/L (kementerian/lembaga, Red) terkait juga cepat,” ujar Ani –sapaan akrab Sri Mulyani.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta aturan mengenai super deduction tax segera rampung. Hal itu menyusul keluhan pelaku usaha soal biaya R&D yang masih kurang. Sejauh ini, pemerintah telah mengucurkan biaya R&D sebesar Rp26 triliun. Dana tersebut tersebar di berbagai kementerian/lembaga. (wan/byu/rin/c11/oki/jpg)

Berita Sebelumnya

Livina Ramaikan Pasar LMPV
Livina Ramaikan Pasar LMPV

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pemerintah Genjot Revitalisasi Pasar Tradisional

Pemerintah Genjot Revitalisasi Pasar Tradisional

Pasar tradisional bakal mendapatkan atensi dari pemerintah. Revitalisasi pasar jadi prioritas pada APBN 2019.


Pakai Platform Digital, Zakat Naik Tajam

Pakai Platform Digital, Zakat Naik Tajam

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sudah menghitung total penghimpunan zakat, infaq, dan sadaqah (ZIS) selama bulan Ramadan.


Usai Lebaran Harga Beras Potensi Naik

Usai Lebaran Harga Beras Potensi Naik

Sejumlah komoditas pangan relatif stabil saat Ramadan dan Lebaran 2019. Hanya cabai dan bawang merah yang mengalami lonjakan hingga Lebaran.


Transaksi E-Money di Tol Diperkirakan Naik 20 Persen

Transaksi E-Money di Tol Diperkirakan Naik 20 Persen

Bank Mandiri memperkirakan volume transaksi uang elektronik e-money di jalan tol akan mengalami kenaikan 20 persen selama periode libur Lebaran 2019.


Program Satu Juta Rumah Harus Tuntas Tahun Ini

Program Satu Juta Rumah Harus Tuntas Tahun Ini

Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengejar target Program Satu Juta Rumah terpenuhi untuk tahun 2019.


Dikerek Konsumsi, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Naik

Dikerek Konsumsi, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Naik

Momen Ramadan dan Lebaran akan berimbas pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2019.


Jamaah Tenang, Koper Langsung Diantar

Jamaah Tenang, Koper Langsung Diantar

Kini calon jamaah haji (CJH) tak perlu berlama-lama setibanya di bandara. Mereka tak perlu lagi antre dan mencari-cari koper masing-masing.


Iuran PBI Naik Atasi Defisit BPJS

Iuran PBI Naik Atasi Defisit BPJS

Tahun ini merupakan tahun ke lima BPJS Kesehatan berdiri. Namun dapat dipastikan lembaga tersebut mengalami defisit.


Ekonomi Lebaran Tahun Ini Loyo

Ekonomi Lebaran Tahun Ini Loyo

Pertumbuhan ekonomi tahun ini diperkirakan tidak sebaik tahun lalu. Salah satu faktor penyebab utamanya adalah suhu perpolitikan yang memanas.


Maskapai Penerbangan Akhirnya Patuhi Tarif Baru

Maskapai Penerbangan Akhirnya Patuhi Tarif Baru

Kementerian Perhubungan melakukan pemantauan penerapan tarif penumpang kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!