Ekonomi
Share this on:

Semoga Bunga Kredit Tak Terdampak

  • Semoga Bunga Kredit Tak Terdampak
  • Semoga Bunga Kredit Tak Terdampak

BALIKPAPAN - Pengusaha di Kaltim berharap kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia tidak berdampak pada pergerakan suku bunga pinjaman. Pasalnya, sebagian besar perusahaan di Bumi Etam masih mengandalkan pendanaan dari perbankan.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kaltim Slamet Brotosiswoyo mengatakan, pengusaha bakal terbebani jika kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia berdampak pada suku bunga pinjaman. “Pengusaha di Kaltim ini baru saja mendapat angin segar, sudah dikasih badai lagi. Kondisi ekonomi belum pulih sepenuhnya,” ungkapnya, kemarin.

Ditambahkan Slamet, saat ini, pengusaha di Bumi Etam masih banyak yang mengandalkan pinjaman bank sebagai modal usaha. Tentu, apabila suku bunga pinjaman turut terkerek, akan berdampak negatif dan menambah beban pengusaha yang sedang melakukan pinjaman.

Sebenarnya, ada opsi pendanaan lain. Namun belum banyak yang terpikir. Apalagi pasar modal. Sebab pengetahuan pengusaha lokal masih minim dan belum terbiasa. “Jadi, kalau naik, ya mau tak mau memaksa pengusaha stop produksi,” imbuhnya.

Diketahui, Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan (BI 7 Days Reserve Repo Rate) sebanyak 50 basis poin selama Mei lalu menjadi 4,75 persen. Bahkan, bisa berpotensi naik lagi seiring kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed.

Kendati demikian, dunia usaha memaklumi akan kebijakan yang diambil Bank Indonesia. Pasalnya, ini merupakan salah satu upaya intervensi BI untuk menstabilkan nilai tukar rupiah. Menurut Slamet, BI tidak punya banyak pilihan untuk menguatkan rupiah. Dan menaikkan suku bunga acuan menjadi salah satu pilihan yang harus diambil oleh BI.

"Itu jadi salah satu intervensi BI untuk bisa menstabilkan rupiah, kami mau bilang apa karena kan pelemahan rupiah merugikan dunia usaha juga. Jadi ini adalah salah satu siasat yang dilakukan pemerintah," tuturnya.

Hal senada juga dilontarkan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Balikpapan Yaser Arafat. Jika suku bunga kredit sampai terpengaruh, dia memprediksi aktivitas usaha di Kaltim bisa melambat. Posisi sekarang ini, ekonomi harus dipacu. Untuk itu bank harus memberikan kelonggaran bagi pengusaha. Sumber dana besar dari bank.

Namun, Yaser bisa mengerti langkah BI menaikkan suku bunga untuk mencegah dampak negatif ke depannya. "Mau mendukung tapi kalau suku bunga kredit naik, bagaimana? Tidak banyak pilihan yang kami punya. Kalau mendukung ya antara iya dan tidak, tapi kami tidak punya banyak pilihan lain. Karena buat kami faktor pelemahan rupiah juga penting," terangnya. (aji/ndu2/k18/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Utamakan Stabilitas, BI Tahan Suku Bunga

Utamakan Stabilitas, BI Tahan Suku Bunga

Suku bunga Bank Indonesia 7-Day Reverse Repo Rate (BI-7DRR) diputuskan tetap bertahan di level 6 persen.


Harga BBM Subsidi Tak Naik hingga Akhir Tahun

Harga BBM Subsidi Tak Naik hingga Akhir Tahun

Harga BBM di tanah air diperkirakan tidak akan naik hingga akhir tahun ini. Asalkan nilai ICP (Indonesia Crude Price) tidak melebihi USD 70 per barel.


Harga Tiket Pesawat Susah Turun

Harga Tiket Pesawat Susah Turun

Sepertinya tak mudah untuk mewujudkan harapan masyarakat yang menginginkan harga tiket pesawat kembali terjangkau.


“Doxou Version” Aerox 155 VVA S dan MX King 150 Resmi Diluncurkan

“Doxou Version” Aerox 155 VVA S dan MX King 150 Resmi Diluncurkan

Yamaha tak henti-hentinya berinovasi dalam melahirkan produk yang menarik bagi konsumen.


Suku Bunga Acuan Masih Bertahan

Suku Bunga Acuan Masih Bertahan

Bank Indonesia (BI) kembali menahan suku bunga BI 7-day reverse repo rate (BI-7DRRR) di level 6 persen.


Leasing Masih Waswas Terapkan DP 0 Persen

Leasing Masih Waswas Terapkan DP 0 Persen

Meski Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan kebijakan pelonggaran uang muka atau (down payment/DP) kredit kendaraan bermotor hingga 0 persen.


Suzuki Hadirkan Sederet Pilihan Pembelian Tunai dan Kredit

Suzuki Hadirkan Sederet Pilihan Pembelian Tunai dan Kredit

Di awal tahun 2019, Suzuki menghadirkan sederet pilihan sepeda motor yang bisa dipilih konsumen.


Bunga Utang Diprediksi Membengkak

Bunga Utang Diprediksi Membengkak

Bunga utang masih membayangi keuangan negara tahun ini.


Penyaluran KUR Capai 95 Persen

Penyaluran KUR Capai 95 Persen

Realisasi kredit usaha rakyat (KUR) hingga November 2018 telah mencapai Rp 118 triliun atau 95,7 persen dari target Rp 123,8 triliun.


Buka Rekening Efek Tak Sampai Sejam

Buka Rekening Efek Tak Sampai Sejam

Membuka rekening efek kini kian mudah. Bila sebelumnya membutuhkan waktu dua minggu, sekarang pembukaan rekening efek bisa dilakukan kurang dari satu jam.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!