Ekonomi
Share this on:

Tambah Dana Pasang Listrik Gratis

  • Tambah Dana Pasang Listrik Gratis
  • Tambah Dana Pasang Listrik Gratis

JAKARTA - Tahun ini rasio elektrifikasi ditargetkan bisa meningkat menjadi 99,9 persen. Artinya, hampir seluruh masyarakat dan wilayah di Indonesia harus terlistriki hingga akhir 2019. Sayangnya, masih banyak warga miskin yang belum menikmati sambungan listrik karena terkendala biaya.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengungkapkan, pemerintah menyiapkan 1,2 juta sambungan listrik gratis bagi masyarakat kurang mampu. ’’Ada rencana tambahan penyertaan (modal) negara sekitar Rp 6 triliun. Itu bisa memberikan sambungan listrik gratis tahun ini,’’ ujarnya kemarin (11/2).

Jumlah sambungan mungkin masih bertambah dari APBN melalui dana Kementerian ESDM sebanyak 100 ribu–150 ribu sambungan. Ditambah bantuan dari corporate social responsibility (CSR) BUMN. ’’Ibu Rini (Menteri BUMN) sudah sepakat tentang hal itu,’’ kata Jonan.

Sambungan gratis tersebut merupakan upaya pemerataan energi di Indonesia. Selama ini masyarakat dibebankan biaya Rp 1 juta–Rp 2 juta untuk penyambungan listrik baru. Nilai itu terhitung berat bagi masyarakat tidak mampu. ’’Mikirnya bukan untung rugi, tetapi pemerataan pembangunan yang lebih baik,’’ tuturnya.

Dia pun optimistis target rasio elektrifikasi tahun ini dapat terealisasi. Pihaknya mencatat bahwa rasio elektrifikasi masih tersisa 2 persen atau setara 5,2 juta warga belum menikmati listrik. Pada 2018, rasio elektrifikasi nasional mencapai 98,05 persen.

Selain pemasangan listrik gratis, pemerintah berupaya menerangi wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) dengan membagikan LTSHE (lampu tenaga surya hemat energi). Pada 2018, pemerintah berhasil membagikan 175.782 LTSHE. Tahun ini target LTSHE yang dibagikan mencapai 98.481 unit. Selain itu, pemerintah menjanjikan tidak menaikkan tarif listrik hingga akhir 2019.

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa menilai, elektrifikasi membuka kesempatan memanfaatkan listrik guna membangun ekonomi berdasar potensi lokal yang ada. ’’Kalau rasio elektrifikasi nasional naik, diharapkan masyarakat memiliki kehidupan yang lebih baik saat ini dan masa depan,’’ tuturnya.

Tantangan terbesar pemerintah saat ini adalah ketersediaan infrastruktur kelistrikan untuk menjangkau desa-desa terpencil, pulau-pulau kecil, dan daerah tertinggal masih terbatas. Baik jaringan listrik maupun kapasitas pembangkit. Lalu, kemampuan masyarakat, khususnya rumah tangga miskin, membayar biaya sambungan baru juga rendah.

’’Jadi, solusi untuk meningkatkan elektrifikasi adalah pemerintah membangun jaringan listrik hingga ke pelosok,’’ jelasnya.

Pembangunan infrastruktur butuh dana besar, sedangkan dana terbatas. Kapasitas fiskal pemerintah terbatas karena ada prioritas-prioritas pembangunan lainnya yang harus dipenuhi. Jika nanti listrik sudah masuk ke pulau-pulau kecil, biaya membeli minyak tanah untuk penerangan bakal berkurang.

’’Kualitas sinar lampu juga lebih baik sehingga dapat membantu masyarakat melakukan sejumlah kegiatan pada malam hari,’’ ungkapnya.

Pengamat energi UGM Fahmy Radhi menyatakan, pemasangan listrik gratis bagi penduduk makin mempercepat rasio elektrifikasi. Pemasangan listrik di daerah terpencil mendorong tumbuhnya bisnis dan industri di daerah tersebut.

’’Sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat,’’ terangnya. (vir/nis/c14/oki/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Industri Tekstil Dapat Insentif
Industri Tekstil Dapat Insentif

Berita Sejenis

Baru 18 Bank Penuhi Kuota FLPP

Baru 18 Bank Penuhi Kuota FLPP

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) bersama 18 bank pelaksana kembali penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).


Sharp Indonesia Tambah Lini Produksi Mesin Cuci Satu Tabung

Sharp Indonesia Tambah Lini Produksi Mesin Cuci Satu Tabung

Sukses menyita perhatian konsumen tanah air dengan jajaran produk elektronik yang diproduksi dalam negeri dengan menguasai lebih dari 25 persen.


Kurs Rupiah Tinggi, Listrik Batal Naik Tahun Depan

Kurs Rupiah Tinggi, Listrik Batal Naik Tahun Depan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memperkirakan jika kurs rupiah terus menguat dan harga minyak tidak menurun


Tarif Listrik Tidak Naik

Tarif Listrik Tidak Naik

Pemerintah menyatakan tidak melakukan penyesuaian tarif listrik hingga akhir tahun 2019.


Tahun Depan Tarif Listrik Naik

Tahun Depan Tarif Listrik Naik

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pada 2020 mendatang, mekanisme tariff adjustment.


Bangun Pabrik Mobil Listrik, Hyundai Pilih Indonesia

Bangun Pabrik Mobil Listrik, Hyundai Pilih Indonesia

Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Company (HMC) tengah mengembangkan investasinya di Indonesia.


Tawarkan Diskon Tambah Daya 100%, PLN Hadir Meriahkan Jateng Fair 2019

Tawarkan Diskon Tambah Daya 100%, PLN Hadir Meriahkan Jateng Fair 2019

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta turut memeriahkan Jateng Fair 2019 dengan membuka booth di acara tersebut.


Investasi Mobil Listrik, Toyota Kucurkan Rp28,3 T

Investasi Mobil Listrik, Toyota Kucurkan Rp28,3 T

Toyota Motor mempersiapkan investasi segar kurang lebih Rp28,3 triliun untuk pengembangan mobil listrik di Indonesia selama empat tahun ke depan.


Kenaikan Listrik Pukul Pelaku UMKM

Kenaikan Listrik Pukul Pelaku UMKM

Kenaikan tarif listrik pada tahun depan setiap tiga bulan sekali akan berdampak besar pada masyarakat miskin hingga pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)


Realisasi Pencairan DAU Belum Optimal

Realisasi Pencairan DAU Belum Optimal

Realisasi pencairan Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan untuk dana kelurahan masih belum optimal hingga Mei 2019.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!