Ekonomi
Share this on:

Tarif Cukai Naik, Produksi Rokok Susut

  • Tarif Cukai Naik, Produksi Rokok Susut
  • Tarif Cukai Naik, Produksi Rokok Susut

SURABAYA - Kebijakan pemerintah menaikkan tarif cukai rokok membawa dampak yang beragam bagi industri. Salah satunya, penurunan produksi yang berimbas pada pengurangan tenaga kerja. Terutama di pabrik yang bergerak dalam bidang sigaret keretek tangan (SKT).

Direktur Produksi SKT PT Karyadibya Mahardhika (KDM) Maksin Arisandi mengatakan, pada 2018 secara year to date, perusahaan mengalami penurunan kinerja akibat peningkatan tarif cukai. Sebab, kebijakan terkait cukai tersebut membuat daya beli masyarakat kian menurun.

”Faktor utamanya ya karena harga rokok yang semakin naik akibat cukai. Angka pastinya berapa belum bisa kami sebutkan, yang pasti ada penurunan,” katanya di Surabaya, kemarin (6/8).

Dia menjelaskan, saat ini pabrik SKT milik PT KDM mampu memproduksi 2 miliar batang per tahun dengan brand Apache. Pihaknya mempekerjakan lebih dari 1.500 tenaga kerja. Sebagian besar adalah pegawai yang tidak mengantongi pendidikan tinggi.

”Secara tidak langsung, sebenarnya kami berperan untuk mengurangi pengangguran. Tetapi, semisal produksi kian tergerus, pasti akan berdampak pada PHK,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi V DPR Bambang Haryo menekankan agar pemerintah tidak makin menaikkan cukai rokok. Apabila cukai semakin tinggi, kata dia, hal itu akan membuat daya beli masyarakat menurun. Otomatis juga akan menurunkan jumlah pajak yang didapat dari industri rokok.

”Yang akan tergerus dalam hal ini adalah UMKM. Sebab, dari total UMKM yang ada di Indonesia, 15 persen adalah penjual rokok. Ini berpotensi membuat mereka kehilangan kerja akibat tidak mampu lagi kulakan rokok,” ujarnya.

Selain itu, Bambang memaparkan bahwa secara nasional, pada 2018 sudah ada pengurangan tenaga kerja di industri rokok sekitar 5 persen akibat produksi yang kian menyusut. ”Sudah banyak PHK di industri ini, terutama yang SKT. Kemudian permasalahannya, siapa yang akan menerima buruh-buruh yang di PHK tersebut. Pengangguran jelas akan semakin besar,” tuturnya.

Karena itu, pihaknya meminta pemerintah untuk mencari solusi dalam melindungi kesejahteraan pelinting rokok tersebut. Sebab, pendidikan dan keterampilan yang dimiliki para buruh rokok itu terbatas.

”Mereka tidak bisa begitu saja pindah kerja ke sektor lain. Karena itu, tidak perlu lagi ada peningkatan tarif cukai rokok,” jelas Bambang. (car/c25/fal/jpg)

Berita Sebelumnya

Konsumsi Dorong Pertumbuhan Ekonomi
Konsumsi Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Satu Lagi Naik Kelas Jadi Unicorn

Satu Lagi Naik Kelas Jadi Unicorn

Usaha rintisan (start-up) yang berlabel unicorn dinilai malah menarik modal asing untuk masuk ke tanah air.


Tarif Naik, Kargo Udara Lesu

Tarif Naik, Kargo Udara Lesu

Kebijakan maskapai penerbangan menaikkan tarif surat muatan udara (SMU) mengurangi laju pengiriman barang di Jawa Timur (Jatim).


Per 1 Maret Nanti, Tarif Listrik 900 VA Turun

Per 1 Maret Nanti, Tarif Listrik 900 VA Turun

Penurunan harga minyak dunia dan nilai tukar Dolar AS terhadap Rupiah membuat PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menurunkan tarif listrik.


Industri Tekstil Dapat Insentif

Industri Tekstil Dapat Insentif

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) akan diidentifikasi untuk meningkatkan kapasitas produksi.


Tarif Ojol Naik Bikin Ekonomi Terkontraksi

Tarif Ojol Naik Bikin Ekonomi Terkontraksi

Kenaikan tarif ojek online (ojol) bakal menimbulkan banyak dampak negatif bagi demand pasar dan perekonomian secara luas.


Harga Jual BBM Nonsubsidi Akan Lebih Wajar

Harga Jual BBM Nonsubsidi Akan Lebih Wajar

Pemerintah mengeluarkan aturan baru tentang perhitungan harga jual eceran untuk BBM nonsubsidi. Aturan tersebut mencakup margin dan biaya produksi.


Batu Bara Topang Ekspor Kaltim

Batu Bara Topang Ekspor Kaltim

Nilai ekspor Kaltim periode Januari-Desember 2018 mencapai USD 18,36 miliar atau naik 5,01 persen dibanding periode yang sama pada 2017.


Harga Buah Terkerek Imlek

Harga Buah Terkerek Imlek

Harga bahan pokok di pasar tradisional terpantau kondusif pada saat libur Imlek kemarin (5/2). Memang tidak naik signifikan.


Tambah Produksi Emas

Tambah Produksi Emas

PT Aneka Tambang Tbk menargetkan menjual 30 ton emas sepanjang 2019.


Pengusaha Minta Tarif Tol Turun

Pengusaha Minta Tarif Tol Turun

Tol trans-Jawa belum cukup efektif memangkas biaya logistik.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!