Ekonomi
Share this on:

Tarif LRT Disubsidi 50 Persen

  • Tarif LRT Disubsidi 50 Persen
  • Tarif LRT Disubsidi 50 Persen

JAKARTA - Tarif Kereta Api Ringan/Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) bakal mendapat subsidi dari pemerintah. Sehingga harga tiket moda transportasi massal tersebut lebih terjangkau.

Rencananya, tarif LRT setelah disubsidi sekitar Rp12 ribu. Adapun subsidi diberikan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan. Yakni sebesar 50 persen tarif LRT Jabodebek.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, berdasarkan feasibility study tarif LRT Jabodebek adalah Rp24.000-25.000. ”Tapi kita kenakan tarif Rp12.000. Jadi sekitar 50 persennya itu kita subsidi,” ujar Budi Karya, di Jakarta, kemarin.

Ia menambahkan nilai subsidi tarif LRT Jabodebek itu kira-kira berkisar Rp 1-1,2 triliun per tahun. Subsidi rencananya digelontorkan selama 12 tahun. Sehingga total sekitar Rp14 triliun.

Sementara itu, pada Selasa (19/12) telah ditandatangani Perjanjian Penyelenggaraan Prasarana Kereta Api Ringan/Light Rail Transit Terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) dilakukan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri bersama dengan Direktur Utama PT. KAI (Persero), Edi Sukmoro.

Terkait hal itu Budi Karya mengatakan, ini adalah sebuah kekompakan bersama antar instansi dalam menyelesaikan suatu masalah. ”Kita berhasil menandatangi suatu skema yang menurut saya adalah suatu yang baik sekali untuk dunia transportasi. Karena saya melihat bahwasanya ini satu usaha, pemikiran dan kolaborasi yang tidak mudah, namun kita bisa mnyelesaikan dengan baik,” pungkasnya.

Adapun nilai investasi Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana LRT Jabodebek sebesar Rp29,9 triliun. Investasi tersebut digunakan untuk pembiayaan aset prasarana (jalur dan fasilitas pengoperasian), aset sarana dan aset perawatan prasarana sebesar Rp25,7 triliun. Serta pembiayaan aset prasarana (17 stasiun) dan aset Depo sebesar Rp4,2 triliun.

Pembiayaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek berasal dari Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT. KAI (Persero) dan PT. Adhi Karya (Persero) Tbk serta pinjaman perbankan. Pembayaran terhadap pembangunan prasarana kepada PT. Adhi Karya (Persero) Tbk dilakukan oleh PT. KAI sesuai dengan perjanjian tata cara pembayaran. (dai/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tarif Naik, Kargo Udara Lesu

Tarif Naik, Kargo Udara Lesu

Kebijakan maskapai penerbangan menaikkan tarif surat muatan udara (SMU) mengurangi laju pengiriman barang di Jawa Timur (Jatim).


Harga Tiket Pesawat Masih Mahal

Harga Tiket Pesawat Masih Mahal

Kamis lalu (14/2) Garuda Group mengumumkan penurunan harga tiket hingga 20 persen.


Per 1 Maret Nanti, Tarif Listrik 900 VA Turun

Per 1 Maret Nanti, Tarif Listrik 900 VA Turun

Penurunan harga minyak dunia dan nilai tukar Dolar AS terhadap Rupiah membuat PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menurunkan tarif listrik.


Tambah Dana Pasang Listrik Gratis

Tambah Dana Pasang Listrik Gratis

Tahun ini rasio elektrifikasi ditargetkan bisa meningkat menjadi 99,9 persen.


Tarif Ojol Naik Bikin Ekonomi Terkontraksi

Tarif Ojol Naik Bikin Ekonomi Terkontraksi

Kenaikan tarif ojek online (ojol) bakal menimbulkan banyak dampak negatif bagi demand pasar dan perekonomian secara luas.


Batu Bara Topang Ekspor Kaltim

Batu Bara Topang Ekspor Kaltim

Nilai ekspor Kaltim periode Januari-Desember 2018 mencapai USD 18,36 miliar atau naik 5,01 persen dibanding periode yang sama pada 2017.


Konsumsi Elpiji Melon Melonjak

Konsumsi Elpiji Melon Melonjak

Konsumsi elpiji bersubsidi APBN 2019 diprediksi melonjak 7 persen menjadi 6,978 juta metrik ton (MT).


Pengusaha Minta Tarif Tol Turun

Pengusaha Minta Tarif Tol Turun

Tol trans-Jawa belum cukup efektif memangkas biaya logistik.


PR Tingkatkan Kunjungan Wisman

PR Tingkatkan Kunjungan Wisman

Tarif angkutan udara yang tinggi tidak semata-mata bisa memicu inflasi. Namun, itu juga bisa memengaruhi tingkat kunjungan wisatawan.


Aturan Bagasi Gratis Masih Digodok

Aturan Bagasi Gratis Masih Digodok

Tarif pesawat masih menjadi perbincangan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana akan membuat peraturan menteri mengenai tarif bagasi.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!