Ekonomi
Share this on:

Telkom-Cisco Berkolaborasi Dukung Transformasi Digital BUMN

  • Telkom-Cisco Berkolaborasi Dukung Transformasi Digital BUMN
  • Telkom-Cisco Berkolaborasi Dukung Transformasi Digital BUMN

JAKARTA - PT Telkom Indonesia (TLKM) dan Cisco International Limited (Cisco) sepakat mendukung transformasi digital BUMN. Kolaborasi itu bertujuan mengkombinasikan keahlian dan kapabilitas kedua perusahaan. Penggabungan itu juga untuk mendukung BUMN melakukan transformasi digital.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan mengatakan bagi BUMN dalam mewujudkan potensi penuh transformasi digital, hal yang penting adalah kolaborasi stakeholder. ”Dari sektor publik dan swasta untuk saling berbagi best practice,” ujar Dian, Senin (21/5).

Sementara President (ASEAN) Cisco Systems Naveen Menon mengatakan penggunaan dan inovasi digital adalah kunci untuk pertumbuhan jangka panjang bagi BUMN di Indonesia. ”Kita telah melihat BUMN, seperti pada sektor layanan finansial, retail, dan manufaktur, saat ini dalam proses menuju transformasi digital,” tutunya.

Keberhasilan transformasi itu bergantung pada kepastian perusahaan tidak hanya menggunakan teknologi yang tepat, tetapi juga siap memerangi ancaman cyber dan memiliki tim bertalenta dan professional untuk mendukung keberhasilan dunia digital saat ini,” tegasnya.

Kolaborasi Telkom dan Cisco dari aspek Networking akan membangun nilai tambah spesifik perindustrian yang memungkinkan pelaksanaan transformasi digital pada perusahaan sektor strategis, seperti layanan finansial, retail, dan manufaktur.

Beberapa contoh layanan, yaitu network solutions dan layanan memfasilitasi bank untuk membuka cabang-cabang digital, manufaktur untuk terhubung dengan perangkat industri dan mesin produksi lintas lantai.

Dari aspek Cybersecurity bertujuan melengkapi perusahaan dengan media perlindungan terhadap potensi penyerangan cyber dapat mengakibatkan pengambilan dan penyalahgunaan data perusahaan. Solusi ini akan dihasilkan dengan melengkapi penawaran Telkom dengan portfolio milik Cisco seperti Firewalls, IPS, Stealthwatch, dan lainnya memberikan perusahaan pertahanan dan juga mekanisme penyerangan untuk pengamanan dari gangguan eksternal.

Sementara kerjasama di aspek Hybrid Cloud akan memberikan layanan join cloud management yang memastikan kelincahan dan fleksibilitas perusahaan. Hal ini dapat tercapai dengan menyediakan solusi fleksibel yang memfasilitasi perusahaan untuk menyimpan, memproses dan mengelola data secara jarak jauh (remote servers)dengan pilihan public atau private.

Sedangkan dari sisi Talent Development, Telkom dan Cisco akan bekerja sama untuk melatih tim teknisi dan penjualan dalam rangka meningkatkan kapabilitas tim. Pelatihan antara lain terdiri dari materi diberikan Networking Academy Cisco, seperti network programmability, cybersecurity, dan Blackbelt Framework.

Network Academy Cisco memiliki sejarah dan pengalaman panjang dalam bidang pelatihan profesional. Di Indonesia, Network Academy Cisco telah melatih lebih dari 32 ribu peserta di bidang finansial pada tahun 2017 dan secara total telah melatih 182.506 peserta di Indonesia dan 1,26 juta untuk area Asia-Pasifik dan Jepang. (dai/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Genjot Daya Saing Milenial
Genjot Daya Saing Milenial

Berita Sejenis

Investasi Digital Melonjak

Investasi Digital Melonjak

Ekonomi digital diprediksi menjadi penyokong investasi.


Utang Luar Negeri BUMN Menggunung

Utang Luar Negeri BUMN Menggunung

Tumpukan utang luar negeri badan usaha milik negara (BUMN) dalam beberapa tahun ini terus membesar.


Era Shifting, Jangan Salahkan Daya Beli

Era Shifting, Jangan Salahkan Daya Beli

Teknologi digital memantik gelombang disrupsi yang mengguncang banyak sektor industri.


Dukung Pengembang Aplikasi Games Lokal

Dukung Pengembang Aplikasi Games Lokal

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus merangsang kreativitas anak bangsa.


Maksimalkan UMKM di Rest Area Jalan Tol

Maksimalkan UMKM di Rest Area Jalan Tol

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan memaksimalkan rest area jalan tol untuk UMKM.


Dukung Digital Port, Terapkan Gate Pass System

Dukung Digital Port, Terapkan Gate Pass System

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II / IPC berkomitmen menerapkan digital port di wilayah kerjanya. Termasuk di gerbang pelabuhan.


Prospek Saham Bank BUMN Masih Menarik

Prospek Saham Bank BUMN Masih Menarik

Sejumlah analis menilai prospek saham perbankan khususnya bank BUMN masih menarik untuk dikoleksi.


PGN Miliki Mayoritas Saham Pertagas

PGN Miliki Mayoritas Saham Pertagas

Proses pembentukan holding BUMN migas memasuki babak baru.


BUMN Fund Percepat Proyek Infrastruktur

BUMN Fund Percepat Proyek Infrastruktur

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginisiasi pembentukan BUMN Fund (Private Investment Firm) untuk mendukung program pembangunan infrastruktur.


PT Lakumas Dukung Industri Tenun ATBM

PT Lakumas Dukung Industri Tenun ATBM

Berdiri pada 1998 di Desa Yamansari, Kecamatan Lebaksiu, PT Laksana Kurnia Mandiri Sejati merupakan satu-satunya pabrik pemintalan di Tegal.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!