Ekonomi
Share this on:

Tenang, Premium Tersedia Sepanjang Arus Mudik

  • Tenang, Premium Tersedia Sepanjang Arus Mudik
  • Tenang, Premium Tersedia Sepanjang Arus Mudik

JAKARTA - Pemerintah menargetkan hingga 7 Juni terdapat 571 SPBU yang kembali menyalurkan premium di Jamali (Jawa-Madura-Bali). Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mencatat, baru 471 SPBU yang kembali menyalurkan premium.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan, masih ada 100 SPBU lagi yang dikebut untuk mengalirkan premium hingga 8 Juni. ”Saya yakin hari ini akan selesai,” ujarnya kemarin (8/6). Sebab, hal itu dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan pemudik akan bahan bakar minyak (BBM). Apalagi, pekan depan sudah Lebaran.

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 9 Juni dengan total pemudik mencapai 3,72 juta. ”Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan. Kita apresiasi lah untuk Pertamina,” imbuhnya. Sebanyak 571 SPBU tersebut setiap hari akan dipasok Pertamina 8 ribu liter atau 8 kiloliter premium masing-masing.

Dengan demikian, total pasokan yang dibutuhkan Pertamina mencapai 4.568 kiloliter premium per hari. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan, 571 SPBU tersebut diharapkan melayani sepeda motor dan angkutan umum.

Sedangkan kendaraan roda empat diharapkan menggunakan BBM dengan RON lebih tinggi seperti pertamax. ”Kalau kendaraan pribadi, pakai yang lain,” terangnya.

Dia menyatakan, pemerintah mengompensasi beban keuangan Pertamina untuk penugasan penyaluran premium dan solar dengan memberikan 12 blok migas. ”Dua belas blok yang sudah produksi, bukan eksplorasi.

Ini komitmen pemerintah dan janji presiden saat kampanye, akan jadikan BUMN sebagai tuan rumah produksi hulu migas,” imbuhnya. Dia menyatakan, pada 2014 partisipasi produksi migas Pertamina sekitar 20 persen.

Dengan tambahan 12 blok migas tersebut, kontribusi produksi migas Pertamina menjadi 39 hingga 40 persen pada awal tahun depan. ”Tantangannya, karena pemerintah sudah memberikan 40 persen, jika produksi turun, produksi nasional juga terganggu,” kata Jonan.

Dia juga berharap Pertamina giat melakukan eksplorasi untuk meningkatkan produksi migas nasional. (vir/c11/sof/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Cadangan Devisa Terus Menyusut
Cadangan Devisa Terus Menyusut

Berita Sejenis

Permintaan Premium Naik Paling Tinggi

Permintaan Premium Naik Paling Tinggi

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mendeteksi adanya perpindahan konsumsi BBM dari pertalite ke premium.


Kembangkan Potensi UMKM Cirebon

Kembangkan Potensi UMKM Cirebon

Usai melaksanakan lebaran di Jakarta dan sekitarnya, pasangan yang selalu romantis, Dimas Seto dan Dhini Aminarti mudik ke Kota Cirebon.


Uji Bahan Bakar saat Mudik Lebaran

Uji Bahan Bakar saat Mudik Lebaran

Pertamina menguji tiga produk bahan bakarnya, yaitu Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina DEX.


Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan

Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan

Peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir saat libur lebaran 2018, mulai H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni mendatang.


Inovasi Dorong Pertumbuhan Properti

Inovasi Dorong Pertumbuhan Properti

Sepanjang kuartal pertama 2018, Ciputra Group menunjukkan kinerja positif. Pertumbuhannya lebih tinggi hampir 40 persen daripada kuartal pertama 2017.


2.139 SPBU di Jamali Tak Jual Premium

2.139 SPBU di Jamali Tak Jual Premium

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) terus memetakan jumlah SPBU di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) yang siap memasok premium.


Pelemahan Rupiah Naikkan Beban Utang

Pelemahan Rupiah Naikkan Beban Utang

Kekhawatiran akan pelemahan kurs sepanjang tahun muncul di tengah potensi kenaikan acuan suku bunga The Fed.


E-Commerce Tingkatkan Skala Bisnis UMKM

E-Commerce Tingkatkan Skala Bisnis UMKM

Bisnis ekonomi digital alias e-commerce terus menggeliat. Arus investasi di sektor tersebut diprediksi mencapai USD 4,8 miliar.


Harga Cabai Ancam Inflasi

Harga Cabai Ancam Inflasi

Bank Indonesia (BI) mewaspadai potensi lonjakan inflasi sepanjang tahun ini. Ledakan inflasi diprediksi datang dari komponen harga pangan bergejolak (volatile f


Motor Honda Paling Laris di Jawa Tengah

Motor Honda Paling Laris di Jawa Tengah

Sepanjang 2017, Astra Motor Jateng telah memasarkan kurang lebih 480.000 unit, ada 5 motor Honda yang menjadi favorit untuk digunakan masyarakat pada 2017.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!