Ekonomi
Share this on:

Tim Independen PLN Belum Temukan Penyebab Blackout

  • Tim Independen PLN Belum Temukan Penyebab Blackout
  • Tim Independen PLN Belum Temukan Penyebab Blackout

JAKARTA - Seminggu sudah berlalu insiden mati listrik massal alias blackout. Seiring waktu yang terus berjalan, tim independen PLN belum juga menemukan penyebab padamnya listrik di pulau Jawa dan sejabodetabek pada Minggu (4/8).

Padahal perusahaan pelat merah ini telah memilih pakar atau profesor dari tujuh perguruan tinggi (PT) terkenal diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kendalanya seperti apa yang terjadi di lapangan, pihak PLN masih belum mau terbuka.

"Terkait proses investigasi yang masih berlangsung, meski sudah satu minggu, itu domain tim assesmen (sic) independen. Nanti kalau sudah ada perkembangan tentunya akan disampaikan," kata Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PT PLN Dwi Suryo Abdullah, kemarin (11/8).

Direktur Riset CORE Piter Abdullah mengatakan, terlepas PLN membentuk tim independen untuk memeriksa perseroannya, juga berhak membela diri dengan caranya.

"Tetap terlepas dari itu, PLN berhak membela diri dengan mengungkapkan permasalahan ini menurut versi mereka. Kan setahu saya polisi juga sedang mengusut permasalahan ini. Selain itu PLN sebenarnya sudah mendapat hukuman yang cukup berat," ujar dia kepada Fajar Indonesia Network (FIN), kemarin (11/8).

Ekonom Indef Nailul Huda menilai ada keanehan sampai saat ini pihak tim independen PLN belum juga menemukan biang keladi mati listrik total.

"Hal yang janggal ketika hingga saat ini PLN belum menemukan penyebab utama blackout. Seharusnya PLN sudah punya standar pengungkapan masalah sebelum terjadinya blackout," ujar Huda kepada Fajar Indonesia Network (FIN), kemarin (11/8).

Terkait pihak Ombudsman meragukan kinerja tim independen bekerja fair, namun Huda mengapresiasi PLN sudah mau mengungkap padamnya listrik tersebut.

"Saya pribadi terlepas ada dugaan Ombudsman, langkah PLN menggandeng ahli dari luar patut diapresiasi karena menunjukkan adanya itikad baik untuk membentuk tim independen. Kita tunggu saja hasil dari tim independen ini," ucap Huda.

Digandengnya tujuh perguruan tinggi itu sebelumnya diragukan oleh Ombudsman. Sebab tujuh PT itu diketahui yang anggotanya menjalin kerja sama dengan PLN.

"Mereka mau turunkan sekarang tim independen. Tim independen itu sendiri terdiri dari tenaga-tenaga dari perguruan tinggi di mana mereka telah kerja sama selama ini," kata anggota Ombudsman, Laode Ida dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/8).

"Kerja sama itu artinya sudah saling memperoleh manfaat. Artinya, tim dari situ tidak independen, dari segi netralitas sesungguhnya ya, karena sudah terjadi peristiwa yang saling menguntungkan," tambahnya.

Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN Djoko Raharjo sebelumnya mengungkapkan bahwa pihaknya telah membentuk tim independen untuk mencari penyebab listrik padam massal. PLN, menurut dia, juga terbuka untuk pihak luar bergabung dalam tim ini.

"PLN sudah menunjuk tim independen untuk assesment case tersebut. Baik internal PLN, kami terbuka tim luar," ujar Djoko.

Djoko menyebut ada sejumlah profesor dari perguruan tinggi negeri yang akan menjadi anggota tim investigasi PLN. Ada profesor dari ITB, ITS, dan UGM.

"Kami undang gabungan perguruan tinggi untuk periksa kami, akan diundang Prof Nanang ITB, Iwa Karniwa. ITS ada Ontoseno, untuk manajemen ambil prof dari UGM. Kami ada kontrak kerja sama dengan 7 perguruan tinggi terkemuka di Jawa dan Bali. Biar kita serahkan," terang Djoko.

Seperti diketahui, insiden blackout yang terjadi di Jakarta dan beberapa di wilayah Pulau Jawa itu menyebabkan kegiatan ekonomi lumpuh. Dampaknya, diperkirakan kegiatan ekonomi mengalami kerugian hingga Rp822 miliar. Perusahaan listrik negara itu pun ramai digugat oleh konsumennya. Gugatan masih terus berjalan dari masyarakat. (fin/ima)

Berita Sebelumnya

Idul Kurban Sumbang Inflasi
Idul Kurban Sumbang Inflasi

Berita Sejenis

Kegaduhan Persoalan BPJS Kesehatan Belum Berakhir

Kegaduhan Persoalan BPJS Kesehatan Belum Berakhir

Sejak muncul wacana kenaikan iuran BPJS Kesehatan hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken kenaikan iuran BPJS Kesehatan


Belum Kantongi Sertifikasi Halal, Pemerintah Masih Beri Kelonggaran bagi UKM

Belum Kantongi Sertifikasi Halal, Pemerintah Masih Beri Kelonggaran bagi UKM

Pemerintah masih memberikan kelonggaran bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang belum mengantongi sertifikasi halal hingga lima tahun ke depan atau 2024.


Sembilan Bulan, Neraca Perdagangan RI Masih Tekor

Sembilan Bulan, Neraca Perdagangan RI Masih Tekor

Neraca perdagangan Indonesia dari Januari hingga September masih belum menunjukkan perbaikan.


Masuk Kuartal Keempat, Geliat Ekonomi Masih di Level 5 Persen

Masuk Kuartal Keempat, Geliat Ekonomi Masih di Level 5 Persen

Kuartal ketiga akan segera berakhir, dan segera memasuki kuartal keempat 2019, namun pertumbuhan ekonomi belum menunjukkan geliat yang menggembirakan


Surutnya Keyakinan Konsumen Tak Menekan Daya Beli Masyarakat

Surutnya Keyakinan Konsumen Tak Menekan Daya Beli Masyarakat

Di tengah kondisi global mengalami pelemahan, perang dagang antara Cina dan Amerika Serikat (AS) belum reda,


Perang Dagang AS-Eropa Gerus Pertumbuhan Ekonomi RI

Perang Dagang AS-Eropa Gerus Pertumbuhan Ekonomi RI

Perang dagang antara Cina dan Amerika Serikat (AS) belum selesai, sudah muncul perang dagang baru, antara AS dan Eropa.


Aturan Tax Refund Belum Kerek Wisman

Aturan Tax Refund Belum Kerek Wisman

Pemerintah memberikan kelonggaran skema pengembalian Pajak Pertambahan Nilai atau tax refund bagi wisatawan mancanegara.


Kabar Gembira Nih! Kompensasi PLN Sudah Cair

Kabar Gembira Nih! Kompensasi PLN Sudah Cair

PLN menyatakan telah memberikan kompensasi kepada pelanggannya terkait insiden padamnya listrik massal atau blackout


PLN Tingkatkan Laba Lewat Program Tambah Daya

PLN Tingkatkan Laba Lewat Program Tambah Daya

Untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan laba, PT PLN (Persero) meminta masyarakat agar memanfaatkan program tambah daya.


Promo Gebyar Kemerdekaan 2019, Cara Mudah Tambah Daya Listrik

Promo Gebyar Kemerdekaan 2019, Cara Mudah Tambah Daya Listrik

Merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke-74, PLN memberikan kado istimewa bagi pelanggan dan calon pelanggan di seluruh Indonesia



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!