Ekonomi
Share this on:

Usai Lebaran Harga Beras Potensi Naik

  • Usai Lebaran Harga Beras Potensi Naik
  • Usai Lebaran Harga Beras Potensi Naik

JAKARTA - Sejumlah komoditas pangan relatif stabil saat Ramadan dan Lebaran 2019. Hanya cabai dan bawang merah yang mengalami lonjakan hingga Lebaran.

Usai Lebaran atau Agustus mendatang juga mesti diwaspadai harga beras berpotensi naik. Sementara daging ayam, telur ayam, bawang merah dan cabai akan turun.

"Untuk beras setelah Agustus harus diwaspadai potensi (harga) naik," kata pengamat pertanian, Dwi Andreas kepada Fajar Indonesia Netwokr (FIN), Jumat (7/6) kemarin.

Harga komoditas pangan lainnya yang akan naik dalam waktu dekat ini atau bulan Juli adalah gula. Harga naik karena panen sudah berakhir. "Sekarang gula sudah panen. Jadi bulan Juli gula berpotensi naik," ujar Dwi.

Dwi meminta pemerintah untuk tidak melakukan intervensi berlebihan untuk menstabilkan harga bawang merah dan cabai yang saat ini melonjak tinggi.

"Yang penting bagi pemerintah tidak intervensi berlebih dan ini siklus yang wajar-wajar saja. Biarlah pasar bergerak. Toh harga cabai dan bawang merah tidak seperti harga bawang putih yang sampai melonjak hingga Rp100 ribu," ucap Dwi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengakui komoditas pangan seperti cabai dan bawang merah mengalami lonjakan hingga Lebaran tahu ini. Hal itu karena sedikit salah prediksi.

"Kelihatannya sampai pekan terakhir bulan Mei harga cabai dan bawang merah itu masih tinggi, masih naik. Walaupun tadinya saya berharap begitu masuk Lebaran mestinya dia sudah panen," ujar Darmin di Jakarta, Rabu (5/6) lalu.

Data di situs Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional menunjukkan, harga rata-rata nasional cabai merah besar pada H-1 Lebaran telah mencapai Rp65.350 per kilogram (kg). Sementara cabai merah keriting menembus Rp61.500. Masing-masing komoditas cabai ini harganya telah meroket 59,19 persen dan 64,65 persen hanya dalam waktu seminggu.

Sedangkan cabai merah dan hijau hargaya menyentuh Rp48.100 dan 42.950 per kg, masing-masing naik 17,89 persen dan 16,55 persen dalam sepekan terakhir. Ketua DPP Ikatan Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, harga cabai memang mengalami kenaikan dalam seminggu terakhir. Bahkan katanya harga cabai terus naik hingga setelah Lebaran.

Menurut Abdullah, kenaikan karena suplai ke pasaran terhenti, sebab masih musim Lebaran. "Ini memang agak unik ya. Di beberapa kasus dalam beberapa tahun yang lalu, pasca Lebaran justru naiknya (harga) lebih dari 50 persen. Kenapa? Karena di saat Lebaran tidak ada orang panen," ujar Abdullah.

Abdullah tidak bisa memastikan berapa kenaikan harga cabai setelah Lebaran. Kenaikan disebabkan stok yang terbatas karena tidak bisa disimpan hingga lama.

"Sekarang bagaimana upaya pemerintah untuk memastikan stok cabai agar tetap terjaga sehingga pedagang tetap memiiki persediaan barang (cabai). Itu yang harus diperkuat oleh pemerintah," tukas Abdullah.

Seperti diketahui, Bulog memastikan stok beras nasiola mencukupi selama Ramadan hingga Lebaran 2019. Di gudang Bulog tersimpan stok beras sebanyak 2,2 juta ton.

"Ini sudah cukup memenuhi kebutuhan selama Ramadan sampai Lebaran nanti. Bahkan prediksi kami lebih dari cukup," kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Tri Wahyudi Saleh.

Saat ini Bulog memiliki 1.600 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika ditotal, gudang-gudang tersebut mampu menampung 4 juta ton beras. (din/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Kredit Perbankan Melambat
Kredit Perbankan Melambat

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kalah Bersaing, Supermarket Giant Tutup

Kalah Bersaing, Supermarket Giant Tutup

Munculnya ritel-ritel modern dengan harga yang menarik, dan kehadiran toko offline membuat supermarket Giant tutup di beberapa titik.


Lebaran, Penumpang Kapal Naik Drastis

Lebaran, Penumpang Kapal Naik Drastis

Pengguna kapal laut yang dioperatori oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) pada musim Lebaran tahun ini meningkat drastis.


Tiket Mahal, Menhub Budi Lepas Tanggung Jawab

Tiket Mahal, Menhub Budi Lepas Tanggung Jawab

Mahalnya harga tiket maskapai penerbangan nasional tidak hanya dirasakan masyarakat biasa saja.


Undang Maskapai Asing Tak Selesaikan Masalah

Undang Maskapai Asing Tak Selesaikan Masalah

Rencana pemerintah bakal mengundang maskapai asing untuk menyelesaikan masalah harga tiket pesawat mahal dipandang tidak tepat.


Harga Bahan Pangan Masih Mahal

Harga Bahan Pangan Masih Mahal


Inflasi Dipengarui Harga Cabai dan Bawang

Inflasi Dipengarui Harga Cabai dan Bawang

Seperti tahun-tahun sebelumnya, inflasi Lebaran kali ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.


Bisnis Ritel Untung Besar saat Lebaran

Bisnis Ritel Untung Besar saat Lebaran

Sejumlah sektor bsinis ritel modern mendapatkan kecipretan dari berkah bulan Ramadan dan Lebaran.


Pakai Platform Digital, Zakat Naik Tajam

Pakai Platform Digital, Zakat Naik Tajam

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sudah menghitung total penghimpunan zakat, infaq, dan sadaqah (ZIS) selama bulan Ramadan.


Tarif Listrik untuk Industri dan Bisnis saat Lebaran Didiskon

Tarif Listrik untuk Industri dan Bisnis saat Lebaran Didiskon

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan diskon tarif listrik untuk kalangan industri dan bisnis.


Transaksi E-Money di Tol Diperkirakan Naik 20 Persen

Transaksi E-Money di Tol Diperkirakan Naik 20 Persen

Bank Mandiri memperkirakan volume transaksi uang elektronik e-money di jalan tol akan mengalami kenaikan 20 persen selama periode libur Lebaran 2019.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!