Ekonomi
Share this on:

Utang Riil BUMN Rp2.448 Triliun

  • Utang Riil BUMN Rp2.448 Triliun
  • Utang Riil BUMN Rp2.448 Triliun

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengklaim jumlah utang 143 perusahaan hingga kuartal tiga 2018 sejumlah Rp2.448 triliun. Jumlah itu tanpa mengalkulasi dana pihak ketiga (DPK) sebagaimana dibeber di hadapan DPR beberapa waktu lalu. Kala itu, dengan memasukkan DPK utang perusahaan berada di kisaran Rp5.271 triliun.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro menyebut secara aktuaris, cadangan premi, utang pegawai, dan dana talangan dianggap sebagai utang. Namun, secara riil,sifatnya tidak sama seperti pinjaman berbunga yang diberikan pihak kreditur.

”Pinjaman bersifat talangan tidak dapat disebut sebagai utang riil, karena bersifat sementara, dan ada jaminan pasti akan dibayar setelah proyek tuntas,” beber Aloysius di kantor BUMN Jakarta, Selasa (4/12).

Sehari sebelumnya, Aloysius juga rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, terkait posisi utang BUMN. Hingga sejumlah kalangan menilai utang BUMN sangat besar. ”Angka Rp5.271 triliun masih mengikutsertakan DPK pada perbankan BUMN, cadangan premi, dan utang lain bersifat talangan,” ucapnya.

Aloysius bilang perusahaan konstruksi misalnya saat melakukan pre-financing. Lazimnya, menalangi terlebih dahulu sejumlah biaya sebelum anggaran turun untuk memulai proyek. Contohnya, dalam pembuatan jalan tol. Kontraktor butuh meminjam dulu uang dari bank untuk pembebasan lahan.

”Nanti, pemilik jalan tol misalnya pemerintah melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengganti dana talangan tersebut,” ulas Aloysius.

Selain itu, BUMN dengan proyek prefinancing, kalau sudah rampung mengerjakan proyek, baru dibayar pemilik proyek. Total utang BUMN pada kuartal tiga 2018 mencapai Rp5.271 triliun, dengan nilai aset Rp7.718 triliun. Angka itu lebih tinggi dari periode 2017 sebesar Rp4.830 triliun dengan total aset Rp7.210 triliun.

”Utang BUMN masih relatif aman. Mengingat jumlah aset dan ekuitas relatif besar,” tegasnya.

Indikator menilai utang BUMN masih aman adalah menghitung rasio utang terhadap ekuitas atau debt equity rasio (DER). Semakin rendah nilai DER menunjukkan suatu perusahaan memiliki kemampuan baik dalam melunasi utang. Namun, apabila nilai DER tinggi, menunjukkan pinjaman milik perusahaan berisiko sulit dikembalikan.

Sementara itu, pengamat ekonomi dari Indef Enny Sri Hartati mempertanyakan apakah ambargo DPR terhadap Menteri BUMN Rini Soemarno sudah dicabut. Menurut Enny, kalau tidak pernah bertemu bagaimana bisa membicarakan sejumlah hal penting.

”BUMN tidak hanya persoalan finansial. Namun, secara keuangan tidak rugi. Misalnya, kalau menjalankan PSO. Kemudian apa sih yang dimaksud dan tujuan holding, sampai sekarang belum ada jawaban jelas soal itu,” keluh Enny. (dai/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Laba Tekor Rp30 Triliun
Laba Tekor Rp30 Triliun

Berita Sejenis

SoftBank-Alibaba Suntik USD 1,1 Miliar

SoftBank-Alibaba Suntik USD 1,1 Miliar

Investor global berduyun-duyun menyuntik modal e-commerce Indonesia. Kali ini Tokopedia kembali mendapat injeksi dana USD 1,1 miliar atau sekitar Rp15,9 triliun


Tarik Rencana Investasi Rp210,8 Triliun

Tarik Rencana Investasi Rp210,8 Triliun

Usaha memikat investor dengan pemberian fasilitas libur pajak (tax holiday) mulai menunjukkan hasil.


Revisi UU BUMN Dianggap Matikan Gerak Bisnis

Revisi UU BUMN Dianggap Matikan Gerak Bisnis

Revisi Undang-undang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diinisiasi oleh DPR RI mendapat kritik dari anggotanya.


Ajukan Suntikan Modal Rp1 Triliun

Ajukan Suntikan Modal Rp1 Triliun

PT Pelabuhan Indonesia Investama (PII) mengajukan suntikan modal Rp 1 triliun kepada induk usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II).


Sinergi BUMN Wujudkan TOD Tangerang

Sinergi BUMN Wujudkan TOD Tangerang

Sinergi badan usaha milik negara (BUMN) membangun hunian terintegrasi transportasi (TOD) di Stasiun Rawa Buntu, Jurangmangu, dan Cisauk, Tangerang, Banten.


Pinjaman untuk Besarkan BUMN

Pinjaman untuk Besarkan BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno kesal utang usaha berpanji merah putih mencapai ribuan triliun.


Bunga Utang Potensial Membengkak

Bunga Utang Potensial Membengkak

Pemerintah memperkirakan pembayaran bunga utang sepanjang tahun ini akan mencapai Rp 258,86 triliun.


Pembayaran Insentif Biodiesel Rp 5,6 Triliun

Pembayaran Insentif Biodiesel Rp 5,6 Triliun

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mencatat pembayaran selisih harga biodiesel hingga Oktober 2018 mencapai Rp 5,316 triliun.


Laba Tekor Rp30 Triliun

Laba Tekor Rp30 Triliun

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat laba bersih PT Pertamina (Persero) hingga kuartal tiga 2018 hanya mencapai Rp5 triliun.


Jumlahnya Membengkak, Pemerintah Klaim Rasio Utang BUMN Aman

Jumlahnya Membengkak, Pemerintah Klaim Rasio Utang BUMN Aman

BUMN mencatat utang perusahaan pelat merah Rp5.271 triliun. Itu melesat 132,92 persen dari periode 2016 di kisaran Rp2.263 triliun.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!