Ekonomi
Share this on:

Volatilitas Harga Kebutuhan Pokok Terjaga

  • Volatilitas Harga Kebutuhan Pokok Terjaga
  • Volatilitas Harga Kebutuhan Pokok Terjaga

SURABAYA - Hasil evaluasi Bank Indonesia Jawa Timur untuk Program Pengendalian Inflasi Periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2018 menunjukkan volatilitas harga kebutuhan pokok di Jatim relatif rendah selama Lebaran 2018. Bahkan, komoditas beras cenderung menunjukkan tren penurunan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Harmanta mengungkapkan, mengacu hasil monitoring menggunakan data Siskaperbapo yang dikelola Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim dan PIHPS (Pusat Informasi Harga Pangan Strategis), harga beberapa komoditas bahan pokok tercatat stabil. Pada data per 25 Juni 2018 tersebut, bahan pokok yang harganya stabil, antara lain, beras, tepung terigu, minyak goreng, dan gula pasir.

Bahkan, komoditas beras malah menunjukkan tren menurun. Berdasar tren yang terjadi, ada perubahan pola dibandingkan dengan momen yang sama beberapa tahun terakhir. ”Tahun-tahun sebelumnya, harga bisa berubah-ubah tiap hari. Perubahannya bisa signifikan. Tapi, pada 2018 tercatat lebih smooth,” jelas Harmanta.

Selain itu, jika dibandingkan dengan provinsi lain, level harga komoditas di Jatim masih lebih rendah. Ditambah dengan volatilitas yang lebih stabil. Volatilitas yang terjadi itu apabila dibandingkan dengan momen yang sama tahun sebelumnya relatif lebih rendah. Antara lain, untuk komoditas gula, minyak goreng, telur ayam ras, daging ayam ras, dan cabai rawit.

”Volatilitas yang rendah itu artinya pergerakan harga lebih stabil. Selain itu, ekspektasi masyarakat lebih terkendali,” kata Harmanta.

Pantauan harga Siskaperbapo menunjukkan, komoditas yang memberikan sumbangan inflasi pada Juni 2018 atau menjelang Lebaran adalah daging ayam ras, daging sapi, serta cabai rawit. Kenaikan yang cukup tinggi itu terjadi di semua kota/kabupaten IHK. Khusus di Surabaya, ada 30 komoditas yang mengalami deflasi.

Deflasi terjadi karena penurunan harga beras dan telur ayam yang terus berlanjut pada Juni. ”Hal yang sama terjadi di daerah lain, tapi levelnya lebih rendah,” ucap Harmanta.

Inflasi pada Mei atau awal Ramadan tercatat lebih rendah daripada periode yang sama lima tahun terakhir. Inflasi Jatim pada awal Ramadan lalu sebesar 0,17 persen (mtm). ”Beberapa tahun terakhir, pada awal hingga pertengahan Ramadan, inflasi berkisar 0,36–0,60 persen,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Achmad Sukardi mengatakan, stabilitas inflasi Jawa Timur dapat terwujud karena sinergi pemerintah, swasta, maupun masyarakat. ”Kami meyakini, tingkat inflasi yang terkendali akan mampu mendorong percepatan laju pertumbuhan ekonomi,” ucap Achmad. (res/c17/fal/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Stok Melimpah, Harga Beras Terkendali

Stok Melimpah, Harga Beras Terkendali

Bulog pekan lalu menggelontorkan stok cadangan beras pemerintah (CBP) melalui operasi pasar.


Elektronik Terdampak Pelemahan Rupiah

Elektronik Terdampak Pelemahan Rupiah

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar berimbas pada harga produk elektronik.


Pertamina Sebaiknya Jangan Naikkan Harga Pertalite

Pertamina Sebaiknya Jangan Naikkan Harga Pertalite

PT Pertamina (Persero) sedang mempertimbangkan besaran harga bahan bakar minyak (BBM) seiring dengan kenaikan harga minyak dunia.


Permintaan Mulai Turun, Ada Jumping Kapasitas

Permintaan Mulai Turun, Ada Jumping Kapasitas

Produksi semen di Indonesia menunjukkan angka surplus jika dibandingkan dengan kebutuhan di pasar domestik.


Tarif Tetap, Subsidi Listrik Bengkak

Tarif Tetap, Subsidi Listrik Bengkak

Depreasi nilai tukar rupiah dan melonjaknya harga minyak harus dibayar mahal.


Targetkan Harga Telur Turun Jadi Rp21 Ribu

Targetkan Harga Telur Turun Jadi Rp21 Ribu

Pemerintah mengadakan operasi pasar untuk meredam kenaikan harga telur ayam yang belakangan semakin tak terkendali.


Integrasi Bisnis PGN- Pertagas, Harga Gas Bisa Lebih Murah

Integrasi Bisnis PGN- Pertagas, Harga Gas Bisa Lebih Murah

Konsumen rumah tangga maupun industri bisa berharap harga jual gas semakin murah.


Rupiah Terseret Defisit Neraca Dagang

Rupiah Terseret Defisit Neraca Dagang

Rupiah masih betah bertengger di harga Rp 14 ribu per dolar AS (USD).


Perajin Tenun Goyor Butuh Perhatian

Perajin Tenun Goyor Butuh Perhatian

Tenun Goyor yang merupakan warisan kebudayaan terus mengalami perkembangan, mulai dari produksi, pola atau gambar, warna, merek dagang, dan harga.


Permintaan Naik, Harga Daging Bertahan

Permintaan Naik, Harga Daging Bertahan

Permintaan daging sapi segar selama Ramadan meningkat. Meski begitu, harga daging tidak menunjukkan kenaikan yang signifikan.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!