Ekonomi
Share this on:

Volatilitas Harga Kebutuhan Pokok Terjaga

  • Volatilitas Harga Kebutuhan Pokok Terjaga
  • Volatilitas Harga Kebutuhan Pokok Terjaga

SURABAYA - Hasil evaluasi Bank Indonesia Jawa Timur untuk Program Pengendalian Inflasi Periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2018 menunjukkan volatilitas harga kebutuhan pokok di Jatim relatif rendah selama Lebaran 2018. Bahkan, komoditas beras cenderung menunjukkan tren penurunan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Harmanta mengungkapkan, mengacu hasil monitoring menggunakan data Siskaperbapo yang dikelola Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim dan PIHPS (Pusat Informasi Harga Pangan Strategis), harga beberapa komoditas bahan pokok tercatat stabil. Pada data per 25 Juni 2018 tersebut, bahan pokok yang harganya stabil, antara lain, beras, tepung terigu, minyak goreng, dan gula pasir.

Bahkan, komoditas beras malah menunjukkan tren menurun. Berdasar tren yang terjadi, ada perubahan pola dibandingkan dengan momen yang sama beberapa tahun terakhir. ”Tahun-tahun sebelumnya, harga bisa berubah-ubah tiap hari. Perubahannya bisa signifikan. Tapi, pada 2018 tercatat lebih smooth,” jelas Harmanta.

Selain itu, jika dibandingkan dengan provinsi lain, level harga komoditas di Jatim masih lebih rendah. Ditambah dengan volatilitas yang lebih stabil. Volatilitas yang terjadi itu apabila dibandingkan dengan momen yang sama tahun sebelumnya relatif lebih rendah. Antara lain, untuk komoditas gula, minyak goreng, telur ayam ras, daging ayam ras, dan cabai rawit.

”Volatilitas yang rendah itu artinya pergerakan harga lebih stabil. Selain itu, ekspektasi masyarakat lebih terkendali,” kata Harmanta.

Pantauan harga Siskaperbapo menunjukkan, komoditas yang memberikan sumbangan inflasi pada Juni 2018 atau menjelang Lebaran adalah daging ayam ras, daging sapi, serta cabai rawit. Kenaikan yang cukup tinggi itu terjadi di semua kota/kabupaten IHK. Khusus di Surabaya, ada 30 komoditas yang mengalami deflasi.

Deflasi terjadi karena penurunan harga beras dan telur ayam yang terus berlanjut pada Juni. ”Hal yang sama terjadi di daerah lain, tapi levelnya lebih rendah,” ucap Harmanta.

Inflasi pada Mei atau awal Ramadan tercatat lebih rendah daripada periode yang sama lima tahun terakhir. Inflasi Jatim pada awal Ramadan lalu sebesar 0,17 persen (mtm). ”Beberapa tahun terakhir, pada awal hingga pertengahan Ramadan, inflasi berkisar 0,36–0,60 persen,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Achmad Sukardi mengatakan, stabilitas inflasi Jawa Timur dapat terwujud karena sinergi pemerintah, swasta, maupun masyarakat. ”Kami meyakini, tingkat inflasi yang terkendali akan mampu mendorong percepatan laju pertumbuhan ekonomi,” ucap Achmad. (res/c17/fal/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pengguna Mobil Listrik Dapat Diskon Tambah Daya

Pengguna Mobil Listrik Dapat Diskon Tambah Daya

PT PLN sedang menyiapkan skema pemberian potongan harga untuk tambah daya bagi konsumen yang memiliki kompor induksi dan kendaraan listrik.


Harga BBM Subsidi Tak Naik hingga Akhir Tahun

Harga BBM Subsidi Tak Naik hingga Akhir Tahun

Harga BBM di tanah air diperkirakan tidak akan naik hingga akhir tahun ini. Asalkan nilai ICP (Indonesia Crude Price) tidak melebihi USD 70 per barel.


Harga Tiket Pesawat Masih Mahal

Harga Tiket Pesawat Masih Mahal

Kamis lalu (14/2) Garuda Group mengumumkan penurunan harga tiket hingga 20 persen.


Per 1 Maret Nanti, Tarif Listrik 900 VA Turun

Per 1 Maret Nanti, Tarif Listrik 900 VA Turun

Penurunan harga minyak dunia dan nilai tukar Dolar AS terhadap Rupiah membuat PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menurunkan tarif listrik.


Pertamina Siap Turunkan Harga Avtur

Pertamina Siap Turunkan Harga Avtur

PT Pertamina siap mengevaluasi harga avtur yang diduga sebagai biang kerok tingginya harga tiket.


Produsen Roda Empat Tahan Harga

Produsen Roda Empat Tahan Harga

Penjualan otomotif tahun ini diperkirakan stagnan atau sama dengan 2018 yang mencapai 1.151.413 unit.


Harga Jual BBM Nonsubsidi Akan Lebih Wajar

Harga Jual BBM Nonsubsidi Akan Lebih Wajar

Pemerintah mengeluarkan aturan baru tentang perhitungan harga jual eceran untuk BBM nonsubsidi. Aturan tersebut mencakup margin dan biaya produksi.


Harga Buah Terkerek Imlek

Harga Buah Terkerek Imlek

Harga bahan pokok di pasar tradisional terpantau kondusif pada saat libur Imlek kemarin (5/2). Memang tidak naik signifikan.


Harga Tiket Pesawat Susah Turun

Harga Tiket Pesawat Susah Turun

Sepertinya tak mudah untuk mewujudkan harapan masyarakat yang menginginkan harga tiket pesawat kembali terjangkau.


HPP Gabah Terlalu Rendah

HPP Gabah Terlalu Rendah

Penerapan harga pokok pembelian (HPP) gabah dan beras dinilai perlu ditinjau ulang.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!