Ekonomi
Share this on:

Waktu Tunggu KRL dari Jakarta Masih Dikeluhkan

  • Waktu Tunggu KRL dari Jakarta Masih Dikeluhkan
  • Waktu Tunggu KRL dari Jakarta Masih Dikeluhkan

JAKARTA - Antusiasme warga menggunakan KRL Lintas Cikarang-Jakarta Kota yang belum lama ini dioperasikan semakin tinggi. Di empat stasiun baru yang dibuka yaitu Cikarang, Cibitung, Tambun, dan Bekasi Timur, warga yang memanfaatkan moda transportasi massal itu cukup banyak.

Meski begitu warga berharap jumlah perjalanan KRL ditambah. Serta waktu tempuhnya tidak terlalu lama. ”Jangan terlalu menunggu. Tentunya memang perlu ditingkatkan lagi layanannya. Namun kami mengapresiasi perjalanan KRL sudah sampai Cikarang,” jelas Yahya, salah seorang pengguna KRL.

Kondisi itu terjadi disebabkan jalur kereta antarkota dan kereta komuter belum dipisahkan. KRL harus berjalan bergantian maupun ada penyusulan dengan kereta antarkota.

”Pengaturan operasional KRL antara lain persilangan dan penyusulan dengan kereta antarkota tidak dapat dihindari. Hal ini juga yang membuat perjalanan KRL lintas Cikarang-Bekasi-Jakartakota belum dapat ditambah secara signifikan, dari yang ada saat ini yaitu 32 perjalanan,” ujar Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Muhammad Nurul Fadhila, kepada wartawan kemarin.

Solusinya adalah pemisahan jalur kereta antarkota dengan kereta komuter. Pemerintah melalui Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan, sedang melakukan hal itu.

Yakni dengan pembangunan jalur kereta dwiganda (double double track). Setelah pekerjaan tersebut selesai, akan ada pemisahan jalur antara komuter dengan kereta jarak jauh di lintas Bekasi-Manggarai.

Karena itu, Fadhil berharap Adanya percepatan penyelesaian double double track. ”Bahkan akan lebih baik jika jalur dwi ganda tersebut dapat dilanjutkan hingga Cikarang. Sehingga permasalahan klasik persilangan antara KRL dan kereta antarkota dapat diselesaikan. Selanjutnya perjalanan KRL dapat dimaksimalkan untuk penambahan perjalanannya,” lanjut Fadhil.

Pengguna jasa dari Stasiun Bekasi juga tidak perlu khawatir. Dengan perpanjangan operasional KRL hingga Cikarang untuk jadwal perjalanan KRL dari Stasiun Bekasi tidak mengalami perubahan. Warga juga tidak perlu khawatir KRL akan sangat padat.

Sebab dari 162 perjalanan lintas Bekasi-Jakarata Kota dan sebaliknya hanya 16 perjalanan yang dilanjutkan hingga Cikarang. Pengguna yang beraktifitas di Stasiun Bekasi masih dapat memilih sekitar 65 jadwal perjalanan KRL lainnya yang mengawali keberangkatan dari Stasiun Bekasi tujuan Jakarta Kota.

Sementara itu, dari empat stasiun baru, dua stasiun diantaranya yakni Bekasi Timur dan Cibitung proses pekerjaan sterilisasi di lingkungan stasiun akan dilakukan oleh Satker DJKA. Karena pekerjaan sterilisasi Stasiun Cikarang dan Tambun saat ini tidak masuk dalam lingkup proyek pekerjaan satker DJKA, maka PT KCI akan melakukan pemagaran secara bertahap.

”Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan penumpang. Serta keamanan perjalanan KRL pada stasiun baru tersebut,” pungkasnya. (dai/jpnn)

Berita Sebelumnya

TOD Manggarai Dijadikan Ikon
TOD Manggarai Dijadikan Ikon

Berita Berikutnya

BUMN-Swasta Sinergi Bangun Rumah
BUMN-Swasta Sinergi Bangun Rumah

Berita Sejenis

Pengusahs Sawit Mulai Bidik Pasar Alternatif

Pengusahs Sawit Mulai Bidik Pasar Alternatif

Kebijakan bea masuk tinggi dari sejumlah mitra dagang dinilai menjadi biang kerok jatuhnya ekspor minyak sawit mentah (CPO) Indonesia.


Laba Ditahan dan Warisan Masih Wacana

Laba Ditahan dan Warisan Masih Wacana

Pengusaha di Bumi Etam mendapat angin segar.


Minta Penangguhan Kebijakan Tarif Cukai

Minta Penangguhan Kebijakan Tarif Cukai

Rencana pemerintah menaikkan tarif cukai dan menyederhanakan layer cukai rokok pada 2019 kurang mendapat sambutan dari pelaku usaha.


Tingkatkan Pengawasan Minuman Kemasan

Tingkatkan Pengawasan Minuman Kemasan

Masih banyak masyarakat yang salah kaprah dalam penggunaan susu kental manis (SKM), yakni diseduh, bahkan tak sedikit anak-anak yang langsung mengkonsumsinya.


Produksi Kopi Indonesia Kian Meningkat

Produksi Kopi Indonesia Kian Meningkat

Kopi berkualitas yang dihasilkan dari beberapa daerah di Indonesia, semakin diakui dan diminati oleh dunia.


Prospek Saham Bank BUMN Masih Menarik

Prospek Saham Bank BUMN Masih Menarik

Sejumlah analis menilai prospek saham perbankan khususnya bank BUMN masih menarik untuk dikoleksi.


Tiongkok Serap Ekspor Rumput Laut

Tiongkok Serap Ekspor Rumput Laut

Potensi pemasaran produk rumput laut kering atau dry seaweed masih besar. Karena itu, PT Wahana Pronatural Tbk tetap mengandalkan penjualan produk tersebut.


Rupiah Terseret Defisit Neraca Dagang

Rupiah Terseret Defisit Neraca Dagang

Rupiah masih betah bertengger di harga Rp 14 ribu per dolar AS (USD).


Permintaan Premium Naik Paling Tinggi

Permintaan Premium Naik Paling Tinggi

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mendeteksi adanya perpindahan konsumsi BBM dari pertalite ke premium.


Kembangkan Potensi UMKM Cirebon

Kembangkan Potensi UMKM Cirebon

Usai melaksanakan lebaran di Jakarta dan sekitarnya, pasangan yang selalu romantis, Dimas Seto dan Dhini Aminarti mudik ke Kota Cirebon.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!