Ekonomi
Share this on:

Waktu Tunggu KRL dari Jakarta Masih Dikeluhkan

  • Waktu Tunggu KRL dari Jakarta Masih Dikeluhkan
  • Waktu Tunggu KRL dari Jakarta Masih Dikeluhkan

JAKARTA - Antusiasme warga menggunakan KRL Lintas Cikarang-Jakarta Kota yang belum lama ini dioperasikan semakin tinggi. Di empat stasiun baru yang dibuka yaitu Cikarang, Cibitung, Tambun, dan Bekasi Timur, warga yang memanfaatkan moda transportasi massal itu cukup banyak.

Meski begitu warga berharap jumlah perjalanan KRL ditambah. Serta waktu tempuhnya tidak terlalu lama. ”Jangan terlalu menunggu. Tentunya memang perlu ditingkatkan lagi layanannya. Namun kami mengapresiasi perjalanan KRL sudah sampai Cikarang,” jelas Yahya, salah seorang pengguna KRL.

Kondisi itu terjadi disebabkan jalur kereta antarkota dan kereta komuter belum dipisahkan. KRL harus berjalan bergantian maupun ada penyusulan dengan kereta antarkota.

”Pengaturan operasional KRL antara lain persilangan dan penyusulan dengan kereta antarkota tidak dapat dihindari. Hal ini juga yang membuat perjalanan KRL lintas Cikarang-Bekasi-Jakartakota belum dapat ditambah secara signifikan, dari yang ada saat ini yaitu 32 perjalanan,” ujar Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Muhammad Nurul Fadhila, kepada wartawan kemarin.

Solusinya adalah pemisahan jalur kereta antarkota dengan kereta komuter. Pemerintah melalui Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan, sedang melakukan hal itu.

Yakni dengan pembangunan jalur kereta dwiganda (double double track). Setelah pekerjaan tersebut selesai, akan ada pemisahan jalur antara komuter dengan kereta jarak jauh di lintas Bekasi-Manggarai.

Karena itu, Fadhil berharap Adanya percepatan penyelesaian double double track. ”Bahkan akan lebih baik jika jalur dwi ganda tersebut dapat dilanjutkan hingga Cikarang. Sehingga permasalahan klasik persilangan antara KRL dan kereta antarkota dapat diselesaikan. Selanjutnya perjalanan KRL dapat dimaksimalkan untuk penambahan perjalanannya,” lanjut Fadhil.

Pengguna jasa dari Stasiun Bekasi juga tidak perlu khawatir. Dengan perpanjangan operasional KRL hingga Cikarang untuk jadwal perjalanan KRL dari Stasiun Bekasi tidak mengalami perubahan. Warga juga tidak perlu khawatir KRL akan sangat padat.

Sebab dari 162 perjalanan lintas Bekasi-Jakarata Kota dan sebaliknya hanya 16 perjalanan yang dilanjutkan hingga Cikarang. Pengguna yang beraktifitas di Stasiun Bekasi masih dapat memilih sekitar 65 jadwal perjalanan KRL lainnya yang mengawali keberangkatan dari Stasiun Bekasi tujuan Jakarta Kota.

Sementara itu, dari empat stasiun baru, dua stasiun diantaranya yakni Bekasi Timur dan Cibitung proses pekerjaan sterilisasi di lingkungan stasiun akan dilakukan oleh Satker DJKA. Karena pekerjaan sterilisasi Stasiun Cikarang dan Tambun saat ini tidak masuk dalam lingkup proyek pekerjaan satker DJKA, maka PT KCI akan melakukan pemagaran secara bertahap.

”Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan penumpang. Serta keamanan perjalanan KRL pada stasiun baru tersebut,” pungkasnya. (dai/jpnn)


Berita Sebelumnya

TOD Manggarai Dijadikan Ikon
TOD Manggarai Dijadikan Ikon

Berita Berikutnya

BUMN-Swasta Sinergi Bangun Rumah
BUMN-Swasta Sinergi Bangun Rumah

Berita Sejenis

Subsidi Tambah Rp1 Triliun, Konsumsi Elpiji 3 Kg Bengkak

Subsidi Tambah Rp1 Triliun, Konsumsi Elpiji 3 Kg Bengkak

Penyaluran elpiji tabung 3 kg bersubsidi hingga akhir tahun diperkirakan membengkak 1,6 persen dari kuota yang ditetapkan.


Bangun Ekonomi Kreatif dengan Buku

Bangun Ekonomi Kreatif dengan Buku

Perkembangan teknologi digital tak membuat buku tersingkirkan. Masih banyak ide kreatif yang bisa diakses dengan buku.


Tambang Dikuasai Swasta dan Asing

Tambang Dikuasai Swasta dan Asing

Penguasaan sumber daya alam oleh negara melalui perusahaan BUMN, masih sangat minim. Khususnya untuk sektor pertambangan.


Holding BUMN Tak Boleh Jual Aset

Holding BUMN Tak Boleh Jual Aset

Rencana pembentukan induk usaha (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kian mengundang reaksi keras dari sejumlah legislator.


Properti Segmen Menengah Masih Prospektif

Properti Segmen Menengah Masih Prospektif

Segmen menengah masih menjadi andalan pengembang properti untuk memenuhi target penjualan. Citra Harmoni, misalnya.


PGN Mulai Produksi Gas Tabung

PGN Mulai Produksi Gas Tabung

Kini, membeli gas untuk kebutuhan memasak tidak hanya kita dapatkan dari Pertamina.


PLN Tekan Harga Listrik Swasta

PLN Tekan Harga Listrik Swasta

PT Perusahaan Listrik Negara berusaha menekan harga beli listrik dari independent power producer (IPP/pengembang listrik swasta) di Pulau Jawa.


Pelonggaran Uang Muka Berdasar Segmen

Pelonggaran Uang Muka Berdasar Segmen

Rencana pelonggaran aturan loan to value (LTV) belum bisa dikeluarkan Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat.


Importir Masih Sulit Tekan Biaya Logistik

Importir Masih Sulit Tekan Biaya Logistik

Importir masih menghadapi tingginya biaya logistik yang diperkirakan berkontribusi 30–36 persen terhadap total biaya operasional.


Tunggu Saja, Banana Cheese Segera Dirilis

Tunggu Saja, Banana Cheese Segera Dirilis

Amanda Brownies yang berlokasi di Jalan AR Hakim Kota Tegal bakal segera meluncurkan kembali produk terbarunya yaitu banana cheese.



Kolom

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!