Ekonomi
Share this on:

Waktu Tunggu KRL dari Jakarta Masih Dikeluhkan

  • Waktu Tunggu KRL dari Jakarta Masih Dikeluhkan
  • Waktu Tunggu KRL dari Jakarta Masih Dikeluhkan

JAKARTA - Antusiasme warga menggunakan KRL Lintas Cikarang-Jakarta Kota yang belum lama ini dioperasikan semakin tinggi. Di empat stasiun baru yang dibuka yaitu Cikarang, Cibitung, Tambun, dan Bekasi Timur, warga yang memanfaatkan moda transportasi massal itu cukup banyak.

Meski begitu warga berharap jumlah perjalanan KRL ditambah. Serta waktu tempuhnya tidak terlalu lama. ”Jangan terlalu menunggu. Tentunya memang perlu ditingkatkan lagi layanannya. Namun kami mengapresiasi perjalanan KRL sudah sampai Cikarang,” jelas Yahya, salah seorang pengguna KRL.

Kondisi itu terjadi disebabkan jalur kereta antarkota dan kereta komuter belum dipisahkan. KRL harus berjalan bergantian maupun ada penyusulan dengan kereta antarkota.

”Pengaturan operasional KRL antara lain persilangan dan penyusulan dengan kereta antarkota tidak dapat dihindari. Hal ini juga yang membuat perjalanan KRL lintas Cikarang-Bekasi-Jakartakota belum dapat ditambah secara signifikan, dari yang ada saat ini yaitu 32 perjalanan,” ujar Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Muhammad Nurul Fadhila, kepada wartawan kemarin.

Solusinya adalah pemisahan jalur kereta antarkota dengan kereta komuter. Pemerintah melalui Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan, sedang melakukan hal itu.

Yakni dengan pembangunan jalur kereta dwiganda (double double track). Setelah pekerjaan tersebut selesai, akan ada pemisahan jalur antara komuter dengan kereta jarak jauh di lintas Bekasi-Manggarai.

Karena itu, Fadhil berharap Adanya percepatan penyelesaian double double track. ”Bahkan akan lebih baik jika jalur dwi ganda tersebut dapat dilanjutkan hingga Cikarang. Sehingga permasalahan klasik persilangan antara KRL dan kereta antarkota dapat diselesaikan. Selanjutnya perjalanan KRL dapat dimaksimalkan untuk penambahan perjalanannya,” lanjut Fadhil.

Pengguna jasa dari Stasiun Bekasi juga tidak perlu khawatir. Dengan perpanjangan operasional KRL hingga Cikarang untuk jadwal perjalanan KRL dari Stasiun Bekasi tidak mengalami perubahan. Warga juga tidak perlu khawatir KRL akan sangat padat.

Sebab dari 162 perjalanan lintas Bekasi-Jakarata Kota dan sebaliknya hanya 16 perjalanan yang dilanjutkan hingga Cikarang. Pengguna yang beraktifitas di Stasiun Bekasi masih dapat memilih sekitar 65 jadwal perjalanan KRL lainnya yang mengawali keberangkatan dari Stasiun Bekasi tujuan Jakarta Kota.

Sementara itu, dari empat stasiun baru, dua stasiun diantaranya yakni Bekasi Timur dan Cibitung proses pekerjaan sterilisasi di lingkungan stasiun akan dilakukan oleh Satker DJKA. Karena pekerjaan sterilisasi Stasiun Cikarang dan Tambun saat ini tidak masuk dalam lingkup proyek pekerjaan satker DJKA, maka PT KCI akan melakukan pemagaran secara bertahap.

”Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan penumpang. Serta keamanan perjalanan KRL pada stasiun baru tersebut,” pungkasnya. (dai/jpnn)


Berita Sebelumnya

TOD Manggarai Dijadikan Ikon
TOD Manggarai Dijadikan Ikon

Berita Berikutnya

BUMN-Swasta Sinergi Bangun Rumah
BUMN-Swasta Sinergi Bangun Rumah

Berita Sejenis

SP JICT Konsisten Desak Pembatalan Kontrak

SP JICT Konsisten Desak Pembatalan Kontrak

Serikat Pekerja Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) mendesak pemerintah untuk membatalkan perpanjangan kontrak JICT.


Pemerintah Tambah Rute Tol Laut

Pemerintah Tambah Rute Tol Laut

Pemerintah melalui Kementrian Perhubungan, berencana menambah rute tol laut dari 17 rute di tahun ini dan menjadi 15 rute pada 2018.


Susu hingga Baja Diusulkan Bebas Bea Masuk

Susu hingga Baja Diusulkan Bebas Bea Masuk

Pembahasan kerja sama bilateral Indonesia dan Australia untuk pemberlakuan tarif bea masuk nol persen masih terus bergulir.


TOD Manggarai Dijadikan Ikon

TOD Manggarai Dijadikan Ikon

Pembangunan hunian dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) yang gencar dilakukan Kementerian BUMN mengincar para pengguna jasa KRL.


Daya Beli Turun, Pelaku Usaha Kulit Kelimpungan

Daya Beli Turun, Pelaku Usaha Kulit Kelimpungan

Krisis ekonomi cukup ampuh memukul kelanjutan industri. Usaha dengan segala turunan dan tingkatannya tidak luput dari dampak negatif.


Generasi Millennial Gairahkan Koperasi

Generasi Millennial Gairahkan Koperasi

Geraakan koperasi bakal berkembang luas di masa depan. Itu karena gairah generasi muda mendukung gerakan koperasi masih cukup tinggi.


Sisa Tiga Bulan, Setoran Pajak Baru 60 Persen

Sisa Tiga Bulan, Setoran Pajak Baru 60 Persen

Pemerintah tinggal punya waktu kurang dari tiga bulan untuk memenuhi target penerimaan pajak tahun ini.


Pengusaha Mulai Keluhkan Harga Listrik EBT

Pengusaha Mulai Keluhkan Harga Listrik EBT

Produsen listrik dari energi baru terbarukan (EBT) menilai harga listrik yang ditawarkan pemerintah belum menarik bagi investor.


Pelemahan Rupiah Bakal Lebih Lama

Pelemahan Rupiah Bakal Lebih Lama

Mata uang Garuda kembali terperosok. Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah di level Rp13.582 per dolar AS (USD).


Target Produksi Migas Meleset

Target Produksi Migas Meleset

Capaian kegiatan hulu migas tahun ini diperkirakan masih meleset dari target. Tren itu berlanjut dan berlangsung sejak 2012.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!