Entertainment
Share this on:

Alita: Battle Angel, Film yang Diproduseri James Cameron

  • Alita: Battle Angel, Film yang Diproduseri James Cameron
  • Alita: Battle Angel, Film yang Diproduseri James Cameron

**** - Tak disangka, Alita: Battle Angel booming dalam sepekan terakhir. Film itu memuncaki box office Amerika Utara pekan lalu. Meraih pendapatan domestik pekan opening sebesar USD 28,5 juta (Rp 400,9 miliar). Namun, tampaknya kritikus film belum menganggapnya mengagumkan.

Pada 2563, Dr Dyson Ido (Christoph Waltz) yang merupakan pakar cybernetics terkenal di Iron City menemukan sebuah ”harta karun” di tempat pembuangan sampah. Yakni, kepala dan inti tubuh sebuah robot yang memiliki otak gadis remaja. Ido membawanya ke rumahnya. Dia memberinya tubuh robot yang sejatinya dibuat untuk putrinya yang telah tiada. Ido menyebutnya Alita, nama mendiang putrinya.

Ido tidak bisa selamanya menggenggam Alita seperti anaknya sendiri. Alita punya jiwa petarung besar. Karena kehilangan memori, Alita berusaha terus menggali masa lalu untuk mengetahui asalnya. Hingga akhirnya dia tahu bahwa dirinya dulu bagian pasukan khusus dengan skill bertarung yang hebat. Dia berasal dari Zalem, kota yang melayang di atas Iron City. Alita menyadari bahwa musuh utamanya, Nova, sedang mengincarnya.

Alita: Battle Angel merupakan adaptasi dari serial manga yang berjudul Gunnm atau Battle Angel Alita yang tayang pada 1990–1995. Film arahan Robert Rodriguez itu terasa cukup familier. Beberapa hal sebetulnya sudah ada dalam film-film lain. Misalnya, Zalem, sky utopia seperti yang ada dalam film Elysium (2013).

Lalu, sosok Alita yang mencari jati diri juga mirip dengan karakter dalam film adaptasi Ghost in the Shell (2017) yang diperankan oleh Scarlett Johansson. Bahkan, motorball, jenis olahraga yang menjadi plot driving dalam film itu, juga serupa dengan Rollerball (1975). Namun, sentuhan ala Transformers membuatnya futuristis.

Efek visual yang ditampilkan sepanjang 140 menit film itu ternyata cukup memukau penonton. Terutama pada penggambaran para robot dan manusia setengah robot yang mendominasi Iron City. Juga suasana kota dengan warm tone yang mengagumkan.

”Ya, karakter utamanya (yang diperankan, Red) Rosa Salazar melakukan penampilan mocap (motion capture, Red), memiliki mata yang besar. Namun, selama film ini, kamu juga mungkin memilikinya (membelalakkan mata, Red),” tulis Vinnie Mancuso, kolumnis Collider. Efek itulah yang membuat sosok Alita enak dilihat meski memiliki mata besar dan wajah mungil khas manga banget. Kehadiran Alita cukup simpatik dan magnetis. Jadi, meski melalui digitalisasi, rasanya tetap organik.

Dengan bujet fantastis sebesar USD 200 juta (Rp 2,8 triliun), produser James Cameron dan Rodriguez mungkin ingin menjadikan Alita: Battle Angel sesukses Hunger Games (2012). Namun, hal itu tampaknya terganjal plot yang dinilai kacau oleh banyak kritikus.

Darren Franich, kolumnis Entertainment Weekly, bahkan secara terang-terangan mengaku bingung dengan premis film tersebut. ”Tidak ada yang memberitahuku bahwa Alita: Battle Angel adalah film tentang bermain rollerblade. Juga, kita berbicara tentang masa depan bermain rollerblade yang ekstrem. Misalnya dengan pisau yang benar-benar tajam,” tulis dia.

Plot yang berantakan juga membuat banyak karakter dalam film itu terasa mubazir. Misalnya aktor Mahershala Ali yang memerankan karakter antagonis Vector. Apiknya akting peraih banyak penghargaan sebagai aktor pendukung di film Green Book tersebut terasa sia-sia. Sebab, tanpa dia pun, film tetap bisa berjalan dengan baik.

Alita: Battle Angel berakhir menggantung. Mengindikasikan adanya sekuel yang belum diketahui kapan dirilis. Mari kita berharap sekuelnya nanti melebihi ekspektasi. ”Alita: Battle Angel adalah tontonan visual murni; ia tidak mencoba menjadi lebih dari itu,” tulis Karen Han, kolumnis Polygon. (adn/c11/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Film Sedang Tayang di Bioskop
Film Sedang Tayang di Bioskop

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tak Kenal Calegnya, Bimbim Slank Bingung saat Nyoblos

Tak Kenal Calegnya, Bimbim Slank Bingung saat Nyoblos

Pesta demokrasi yang digelar saban lima tahun sekali tidak disia-siakan pentolan Slank, Bimbim.


Kaki Bengkak Kejatuhan Lemari, Syahrini Tetap Nyoblos

Kaki Bengkak Kejatuhan Lemari, Syahrini Tetap Nyoblos

Sakit kaki yang diderita Syahrini tidak menyurutkan dirinya untuk meramaikan pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia.


Ussy-Andhika Tepis Gosip Rumah Tangganya Retak

Ussy-Andhika Tepis Gosip Rumah Tangganya Retak

Pasangan selebritis Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama angkat suara terkait kabar burung yang menyebutkan rumah tangganya tengah bermasalah.


Nonton Film Sexy Killers, Via Vallen Mewek

Nonton Film Sexy Killers, Via Vallen Mewek

Pedangdut Via Vallen mengaku sedih menonton film dokumentar Sexy Killers.


Sejumlah Artis Indonesia Nyoblos di Luar Negeri

Sejumlah Artis Indonesia Nyoblos di Luar Negeri

Sejumlah artis Tanah Air yang berada di negeri seberang, tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.


Raline Shah Terseret Kasus Seungri

Raline Shah Terseret Kasus Seungri

Raline Shah, artis dan model cantik terseret kasus skandal seks yang menimpa mantan anggota K-pop Bigbang, Seungri.


Cinta Laura Ikut Teken Petisi Justice for Audrey

Cinta Laura Ikut Teken Petisi Justice for Audrey

Kasus penganiayaan yang menimpa Audrey, siswi asal Pontianak menyita perhatian publik, termasuk aktris Cinta Laura.


Jenguk Audrey, Ifan Seventeen Janji Pelaku Bakal Dihukum

Jenguk Audrey, Ifan Seventeen Janji Pelaku Bakal Dihukum

Dukungan terhadap kasus pengeroyokan dan pelecehan seksual yang menimpa Audrey terus mengalir deras.


Banting Stir Jadi Politisi, Kirana Larasati Sering Dibully

Banting Stir Jadi Politisi, Kirana Larasati Sering Dibully

Keputusan Kirana Larasati fokus di dunia politik, ternyata tidak seindah yang dibayangkannnya.


Hamil Anak Ketiga, Kandungan Asri Welas Bermasalah

Hamil Anak Ketiga, Kandungan Asri Welas Bermasalah

Presenter yang juga bintang film Asri Welas saat ini tengah mengandung anak ketiga.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!