Entertainment
Share this on:

Anak Dian Sastro Sempat Autis, Berjuang Tanpa Support Suami karena Tak Percaya

  • Anak Dian Sastro Sempat Autis, Berjuang Tanpa Support Suami karena Tak Percaya
  • Anak Dian Sastro Sempat Autis, Berjuang Tanpa Support Suami karena Tak Percaya

JAKARTA - Mungkin tak banyak yang tahu jika putra sulung dari aktris Dian Sastrowardoyo pernah didiagnosa berkebutuhan khusus. Perjuangan perempuan cantik ini menyembuhkan anaknya yang autis diungkapkan saat jumpa pers Special Kids Expo (SPEKIX) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (23/8).

Dalam acara yang membahas tentang generasi muda dengan kebutuhan khusus itu, Dian Sastrowardoyo membagikan pengalaman bagaimana menjadi orang tua dari anak pertamanya yang pernah menderita autis.

Dari ceritanya, dia mengungkapkan sempat berjuang sendirian karena suami sebelumnya tak mendukung terapi karena tak percaya anak idap kebutuhan khusus.

Perjuangannya menyembuhkan anak sulungnya, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo yang didiagnosis autisme sejak bayi akhirnya terbayar lunas dengan kesembuhan total putranya kini.

Artis peran Dian Sastrowardoyo mengatakan bahwa suaminya, Maulana Indraguna Sutowo, sempat menyangkal bahwa putra sulung mereka, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, didiagnosis mengidap autisme.

Meski tak mendapat dukungan dari suami, Dian tetap memberikan terapi untuk putranya tersebut.

"Saya tetap kekeh buat terapi-terapi itu karena terus terang suami saya enggak support," ujar Dian.

"Dia merasa anak kami enggak masalah dan saya kekeh saja sama insting ibu-ibu, ya kita kasih aja terapi itu. Tahun-tahun awal, ciri-ciri autisme di anak saya kental banget," tambahnya.

Karena keyakinan Dian untuk terus memberikan terapi bagi putranya, anak sulungnya itu kini akhirnya sudah bisa bersosialisasi dengan normal.

"Dengan semua pengorbanannya, tapi alhamdulillah sekarang semuanya pay off (terbayar)," kata Dian.

"Jadi semua ternyata ada hasilnya. Anak saya sekarang sudah tidak begitu dan alhamdulillah normal 100 persen layaknya berperilaku seperti anak normal lain," ujarnya lagi.

Untuk itu, Dian mengimbau pada semua ibu agar percaya pada instingnya dan memeriksakan anak mereka pada ahli bila memiliki tanda-tanda autisme.

"Dan itu saya lumayan sad story karena enggak semua anak ceritanya sesukses saya. Ada juga anak yang early intervension dan hasilnya enggak secepat saya. Saya tuh dari umur 8 bulan sekarang umur 6 tahun lepas terapi semua sama sekali," ujar Dian.

"Dan itukan berarti cuma lima tahun saya gencar melakukan intervensi. Tapi mungkin anak lain ya beda-beda gitu. Ada yang mungkin enggak secepat itu ada yang lebih cepat," imbuhnya.

Sebelumnya, Dian untuk kali pertama mengungkapkan bahwa putranya, Shailendra, ternyata merupakan anak berkebutuhan khusus.

Ia pun berbagi kisah mengetahui kondisi anak sulungnya itu.

"Dari seven signs (anak berkebutuhan khusus), itu ada ciri dalam anak saya."

Awalnya, Dian mulai curiga saat putranya masuk usia enam bulan namun tak menunjukkan ketertarikan pada sekitar.

Lalu, alih-alih menggunakan jarinya sendiri, putranya itu harus 'meminjam' tangan Dian jika ingin menunjukkan sesuatu.

"Anak saya itu enggak punya ketertarikan untuk main sama anak lain, mungkin dia memang antisosial karena bapaknya juga enggak terlalu banyak temannya. Misalnya gitu," kata Dian.

"Yang kedua, kadang kalau dia mau nunjukin sesuatu, saya ditarik tangannya terus dipegangin ke apa yang dia mau tunjukin. Hal-hal kecil lainnya, kan kalau ulang taun, kita kan tiup lilin, dia enggak bisa, sampai umur dua tahun," imbuhnya.

Selain itu, putra Dian juga jarang melakukan kontak mata dengannya.

"Saya pikir apa karena saya orangnya boring, apa dia lebih seru menjalani apa yang dia lakukan, terus terang sebagai orang kita juga merindukan kondisi batin bonding. Di film tuh orangtua bisa lihat-lihatan sama anak. Itu enggak bisa terjadi sama anak saya sampai umur 4 tahun," ujarnya.

Dian Sastrowardoyo saat itu mengaku rindu memiliki koneksi batin dengan anak pertamanya. Setelah dibawa ke dokter tumbuh kembang anak, anak pertamanya ternyata didiagnosa autis. (ist/ima)

Berita Berikutnya

Luna Maya Dijuluki Ratu Horor
Luna Maya Dijuluki Ratu Horor

Berita Sejenis

Soal Nafkah Anak, Nikita Mirzani Kembali Sindir Dipo Latief

Soal Nafkah Anak, Nikita Mirzani Kembali Sindir Dipo Latief

Aktris Nikita Mirzani yakin jika mantan suaminya, Dipo Latief tidak sanggup memberikan nafkah untuk dirinya dan sang anak.


Kanker Ria Irawan Kambuh karena Rokok Vape?

Kanker Ria Irawan Kambuh karena Rokok Vape?

Ternyata banyak yang tidak tahu, aktris Ria Irawan sempat dinyatakan dokter telah sembuh dari penyakit kanker yang mematikan selama 19 bulan.


Ayu Ting Ting Persulit Enji Ketemu Bilqis

Ayu Ting Ting Persulit Enji Ketemu Bilqis

Pedangdut Ayu Ting Ting sempat berkomentar tidak akan mempersulit anaknya, Bilqis Khumairah Razak, untuk bertemu dengan ayahnya


Ayu Ting Ting Diproteksi Anak

Ayu Ting Ting Diproteksi Anak

Pedangdut Ayu Ting Ting mengaku kerap mendapatkan proteksi oleh anak semata wayangnya, Bilqis Khumairah Razak.


Diblokir Gigi, Jessica Iskandar Sudah Ikhlas

Diblokir Gigi, Jessica Iskandar Sudah Ikhlas

Tiga tahun sudah berlalu, dan nomor handphone Jessica Iskandar masih diblokir oleh Nagita Slavina, karena kesalahpahaman.


Mulan Jameela Bantah Diisukan Cerai

Mulan Jameela Bantah Diisukan Cerai

Di tengah kebahagiaan yang dirasakan penyanyi Mulan Jameela karena berhasil melenggang ke Senayan,


Dian Sastrowardoyo Protes RKUHP

Dian Sastrowardoyo Protes RKUHP

Di tengah protes oleh mahasiswa, aktris Dian Sastrowardoyo juga ikut menyuarakan keberatannya mengenai Rancangan Kitab Undang Undang Hukum Pidana (RKUHP).


Catherine Wilson Tak Kuat Lama Menjanda

Catherine Wilson Tak Kuat Lama Menjanda

Enam tahun menjanda membuat aktris cantik Catherine Wilson menjadi kesepian.


Sule Kesulitan Kontrol Anak

Sule Kesulitan Kontrol Anak

Komedian Sule mengaku sejak anaknya, Rizky Febian, telah memiliki rumah sendiri, sudah dua bulan tidak bertemu dengan sang anak.


Nafa Urbach Tak Cocok dengan Berondong

Nafa Urbach Tak Cocok dengan Berondong

Hubungan asmara Nafa Urbach dengan seorang berondong yang terpaut tujuh tahun telah kandas.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!