Entertainment
Share this on:

Bagindas Geram Nama Bandnya Diplagiat

  • Bagindas Geram Nama Bandnya Diplagiat
  • Bagindas Geram Nama Bandnya Diplagiat

JAKARTA - Merasa dirugikan, Band Bagindas akan melayangkan somasi kepada salah satu band yang melakukan plagiat dengan nama bandnya. Somasi akan dilakukan jika mereka tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Kalau diselesaikan secara kekeluargaan yang sana masih ngotot ya, kita layangkan somasi," kata Mieke selaku gitaris Bagindas, ditemui di Jakarta, Rabu (3/4).

Di luaran, Band Bagindas sering mendengar kalau Bagindas manggung di tempat ini dan itu. Padahal, Bagindas tidak ada jadwal manggung.

"Kadang ada Event Organizer (EO) yang pasang poster kita menyatakan kita main di mana, padahal kita lagi di basecamp," ucap Andra selaku vokalis.

Seharusnya, kata Mieke, sesama musisi tidak boleh seperti itu ada aturan yang mesti ditaati yakni etika menghargai karya orang lain. Karena menghasilkan karya tidaklah mudah, dan itu tidak bisa dinilai dengan uang.

"Buat semua musisi, ayo hargai karya orang lain. Kalau berkepentingan bisnis di musik, yang cerdas lah. Kalau mau cari uang, lakukan dengan cara yang benar," harap Mieke.

"Karena di luar sana juga berkembang isu yang masih rancu. Jadi, saya mau tekankan Bagindas cuma satu, ya kita ini. Seluruh EO di Indonesia, ingat Bagindas cuma kita, Mieke sebagai pencipta semua lagu, Ivan drummer, Andra vokal, dan Wendi yang pegang bass," tambah Mieke.

Mieke mengingatkan, jika ingin menggunakan karya orang lain harus izin dahulu dengan empunya. Bukan secara diam-diam, karena semua itu ada aturan di UU.

"Intinya, kalau bawa karya orang untuk kepentingan komersial, harusnya izin sama penciptanya juga. Ada undang-undangnya juga kan yang mengurusi itu. Saya kan bikin lagu nggak gampang," tegas Mieke.

Band tersebut diketahui sering menggunakan nama dengan kata 'Gindas'. Mereka mengambil keuntungan dengan cara membawakan lagu Bagindas untuk kepentingan komersial.

Bagindas adalah semua grup musik Indonesia yang beranggotakan Andra pada vokal dan Mieke pada gitar. Di album pertama, Bagindas menyiapkan 12 lagu dengan lagu Apa Yang Terjadi yang diambil sebagai single pertama sebagai judul albumnya.

Grup musik ini mengusung dan menggabungkan beberapa aliran yaitu dangdut, keroncong, blues, dan country. Lama tak terdengar kabarnya, grup band DBagindas ternyata merombak formasi baru pada personelnya.

Bahkan, tak hanya personelnya saja, grup musik tersebut juga telah melakukan pergantian nama yakni, Bagindas. Bagindas kini terdiri dari empat orang personel yakni Mieke (gitar/backing vokal), Andra (vokal), Ivan (drummer), dan Wendi (bass). (zul/din/fin)

Berita Sebelumnya

Cinta Luara Kecewakan Fans
Cinta Luara Kecewakan Fans

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dinar Candy Sebut Disantet Selebriti Wanita

Dinar Candy Sebut Disantet Selebriti Wanita

Dinar Candy mengaku telah mengetahui nama sang penyantet dirinya. Pelaku dari kalangan selebritis, seorang wanita.


Geisha dan Shima Kenang Karya Nike Ardilla

Geisha dan Shima Kenang Karya Nike Ardilla

Nama Nike Ardilla terus melekat di benak pencinta musik meski sosoknya telah tiada 23 tahun lalu. Lagu-lagunya pun tak lekang oleh waktu.


Ingin Proses Hukum Cepat Selesai

Ingin Proses Hukum Cepat Selesai

Artis Lyra Virna kemarin (12/11) menjalani sidang di PN Bekasi untuk kasus pencemaran nama baik.


Karna Su sayang Viral, Dian Masih Ingin Sekolah

Karna Su sayang Viral, Dian Masih Ingin Sekolah

Nama Dian Sorowea tengah menjadi sorotan. Siswi kelas XII SMAK Bhaktyarsa Maumere itu terkenal setelah membawakan lagu Karna Su Sayang bersama Andra Near.


Jual Akun IG kepada Awkarin Baru

Jual Akun IG kepada Awkarin Baru

NAMA Karin Novilda atau lebih dikenal dengan Awkarin dibesarkan lewat Instagram.


Jadi Tersangka, Augie Fantinus Belum Ditahan

Jadi Tersangka, Augie Fantinus Belum Ditahan

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya menetapkan Augie Fantinus sebagai tersangka dugaan pencemaran nama baik.


Sudah Siapkan Satu Nama

Sudah Siapkan Satu Nama

Putri Marino dan Chicco Jerikho tengah bersiap menyambut kehadiran sang buah hati.


Adeline Pacarai Aktor Filipina Teejay Marquez

Adeline Pacarai Aktor Filipina Teejay Marquez

Nama aktor Filipina Teejay Marquez semakin diperbincangkan usai terlibat dalam sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta.


Isyana dan Vanesha Pilih Yang Pakai-able

Isyana dan Vanesha Pilih Yang Pakai-able

Menyebut nama Isyana Sarasvati dan Vanesha Prescilla, yang tergambar adalah dua sosok perempuan muda bertalenta. Musik dan akting.


Tak Minder Lawan Laki-laki

Tak Minder Lawan Laki-laki

Nama Hannah Al Rashid sudah masuk jajaran aktris kenamaan Indonesia. Dia sudah membintangi film lintas genre.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!