Entertainment
Share this on:

Belum Wamil, Dibatasi ke Luar Negeri

  • Belum Wamil, Dibatasi ke Luar Negeri
  • Belum Wamil, Dibatasi ke Luar Negeri

Yoon Doo-joon

SEOUL - Kabar buruk buat fans K-pop maupun drakor. Mulai Agustus nanti, kesempatan untuk menonton aksi idola mereka berkonser maupun mengadakan fan meeting di luar Korea Selatan makin kecil.

Sebab, pemerintah Negeri Ginseng telah melansir aturan baru. Setiap warga negara yang berusia kurang dari 30 tahun dan belum menjalani wajib militer (wamil) dibatasi bepergian ke luar negeri.

Sudah bukan rahasia. Para K-pop idol itu sering menunda wamil demi kelancaran karir. Banyak yang memilih melaksanakan kewajiban negara tersebut ketika sudah mendekati batas usia, yakni 30 tahun.

’’Peraturan itu kami buat untuk mengurangi penundaan yang notabene melanggar regulasi yang berlaku,’’ tegas juru bicara Military Manpower Administration (MMA) kemarin (8/6) sebagaimana dikutip Yonhap News.

Pihaknya menyatakan, peraturan tersebut diujicobakan mulai 29 Mei lalu. Sesuai dengan peraturan, mereka yang berusia 25–27 tahun harus mendaftar wamil. Di peraturan lama, mereka masih boleh melakukan perjalanan luar negeri.

Izin pelesir itu berlaku untuk kurun waktu setahun. Pihak MMA mengungkapkan bahwa izin tersebut banyak disalahgunakan para kandidat wamil.

’’Mereka mendaftar setahun. Namun, izin itu hanya digunakan 10 hari. Akibatnya, wamil mereka tertunda,’’ papar salah seorang petugas MMA. Nah, di peraturan teranyar, batasan tersebut diperketat. ’’Pemberian izin hanya kami batasi pada lima orang per bulan. Waktu maksimal bepergian dikurangi hingga enam bulan,’’ tegasnya. Waktu penundaan juga dikurangi dari tiga tahun menjadi dua tahun.

Bagi kandidat wamil yang berusia lebih dari 28 tahun, aturannya lebih ketat lagi. Mereka sudah benar-benar dilarang melakukan perjalanan ke luar Korea Selatan. Peraturan itu sudah ’’makan korban’’. Salah satunya, personel Highlight Yoon Doo-joon. Pria kelahiran 4 Juli 1989 tersebut tidak bisa mengikuti tur boyband-nya ke Asia Tenggara.

’’Terkait dengan perubahan dalam peraturan wajib militer, personel Highlight Yoon Doo-joon tidak dapat mengikuti aktivitas di mancanegara. Dia tidak akan berpartisipasi pada event Hanoi K-food pada 9 Juni dan fan meeting di Bangkok pada 24 Juni,’’ jelas pihak Around Us Entertainment, manajemen yang menaungi Doo-jon, sebagaimana dikutip Soompi.

Peraturan baru soal wamil itu bisa menimbulkan gejolak dalam dunia hiburan Korea Selatan. Belum banyak orang yang mengeluarkan pernyataan resmi. Namun, beberapa label menyesalkan jika peraturan tersebut benar-benar diberlakukan pada Agustus mendatang. Sebab, perubahan itu bisa berdampak buruk terhadap artis muda.

’’Pemotongan izin perjalanan luar negeri bakal menghambat perkembangan karir artis kami di mancanegara,’’ protes salah satu pihak label sebagaimana dikutip KBS News Radio. (Soompi/KBS News/Yonhap News/fam/c14/na/jpg)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!