Entertainment
Share this on:

Bersyukur Bisa Temani hingga Akhir

  • Bersyukur Bisa Temani hingga Akhir
  • Bersyukur Bisa Temani hingga Akhir

TANGIS KESEDIHAN - Indro Warkop memegang erat tangan kedua putrinya, Hada Kusumonegoro (kiri) dan Handika Indrahanthy Putri (kanan), di pemakaman istrinya. (imam husein/jawa pos)

JAKARTA - Kesetiaan keluarga komedian Indro Warkop patut dijadikan teladan. Mereka saling menguatkan ketika sang istri dan ibu, Nita Octobijanthy alias Anthy, divonis menderita kanker paru-paru sejak Agustus 2017. Kesetiaan itu tetap terlihat kemarin siang (10/10) saat jenazah Anthy dimakamkan di TPU Tanah Kusir. Anthy wafat dalam usia 59 tahun pada Selasa malam (9/10) di RS Metropolitan Medical Centre.

Kasih sayang tetap ditunjukkan Indro hingga akhir hayat sang istri. Matanya sembap akibat menangis sejak Selasa malam. Bibirnya tampak bergetar melantunkan doa ketika jenazah Anthy dimasukkan ke liang lahat. Anthy meninggal sehari sesudah ulang tahunnya yang ke-59.

Meski sedih dan kehilangan, Indro dan keluarganya tetap bersyukur dan ikhlas. Mereka telah memberikan yang terbaik untuk Anthy. Bintang film Gila Lu Ndro! tersebut juga bersyukur bisa merayakan ulang tahun istrinya yang terakhir. Itulah kali terakhir dia berbincang dengan sang istri. Usai mengucapkan selamat ulang tahun, Anthy hanya menjawab singkat. ’’Udah selesai, aku mau pulang,’’ ujar Indro menirukan istrinya.

Indro mengungkapkan, sudah tidak ada lagi beban yang tertinggal. Dia dan Anthy sudah saling memaafkan kesalahan beberapa hari lalu. Anthy pun sudah sempat memberikan pesan terakhir. ’’Dia minta jaga anak-anak kami meski mereka sudah besar,’’ kata Indro di sela tangisnya.

Momen-momen terakhir bersama Anthy juga digunakan Indro untuk membalas jasanya. Semasa masih sehat dan lincah, dia selalu melayaninya. Apa pun yang Indro butuhkan selalu disiapkan. Saat Anthy sakit, giliran Indro yang dengan telaten merawatnya. Ada di sisinya saat dirawat di rumah sakit.

Selama menderita kanker, Anthy masih sangat suportif terhadap karir suaminya. Jika Indro harus melakukan promo film atau job di luar kota, dia tak melarang. Dia tahu bahwa sang suami punya tanggung jawab mencari nafkah. ’’Sebagai gantinya, kami sering video call,’’ ungkap bapak tiga anak tersebut.

Hal yang sama diungkapkan Hada Kusumonegoro, anak kedua Indro-Anthy. Hada merasa sangat beruntung bisa mendampingi sang ibu di masa-masa akhir hidupnya. ’’Mami itu segalanya. Mami selalu ada buatku,’’ katanya sambil mengusap air mata. Hada juga bersyukur bisa menggunakan segala tenaga untuk merawat sang ibu hingga saat terakhirnya.

Kini yang bisa dilakukan Indro adalah menuruti perintah mendiang istri untuk menjaga anak-anak. Sebuah keinginan juga dimiliki Indro. Kelak, jika saatnya tiba, dia ingin disemayamkan di dekat Anthy di TPU Tanah Kusir. ’’Satu-satunya keinginan yang belum terwujud adalah kami bisa bersebelahan di dalam kubur,’’ ujar Indro. (len/c22/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Lagi Kangen Berat
Lagi Kangen Berat

Berita Berikutnya

Naik Kelas Perankan Ateng
Naik Kelas Perankan Ateng

Berita Sejenis

Tanpa Host, Oscars Seharusnya Lebih Cepat

Tanpa Host, Oscars Seharusnya Lebih Cepat

Tim Academy of Motion Pictures and Art Sciences (AMPAS) mengatur strategi jelang pelaksanaan Oscars 2019 akhir pekan ini (24/2).


The Upside, Remake Film Prancis The Intouchables

The Upside, Remake Film Prancis The Intouchables

Kevin Hart bisa dibilang selalu berhasil menuangkan tawa dalam setiap film yang dimainkannya. Tak terkecuali The Upside.


Ubay, Vokalis Baru Nidji

Ubay, Vokalis Baru Nidji

Setelah melalui pencarian sejak akhir tahun lalu, akhirnya Nidji menemukan vokalis baru untuk meneruskan perjalanan setelah Giring memutuskan rehat bermusik.


Yeslin Wang Tahun ini Bisa Dapat Angpao

Yeslin Wang Tahun ini Bisa Dapat Angpao

Sejak kecil, Yeslin Wang, 36, selalu menyambut Imlek dengan bahagia.


Terlalu Tampan, Repotnya kalau Kelewat Ganteng

Terlalu Tampan, Repotnya kalau Kelewat Ganteng

Punya wajah tampan bisa menjadi berkah. Tapi, tak jarang juga menimbulkan kehebohan dan ketidaknyamanan.


Merias Miss Universe, Bubah Alfian Ajak Joget Dangdut

Merias Miss Universe, Bubah Alfian Ajak Joget Dangdut

Barangkali hanya Bubah Alfian yang bisa mengajak miss universe berjoget dangdut. Bagaimana ceritanya?


Kelucuan Film Komedi Keluarga Orang Kaya Baru

Kelucuan Film Komedi Keluarga Orang Kaya Baru

Film tentang keluarga tak melulu mengharukan, tetapi bisa juga menjadi komedi.


Istri Hamil? Baim Wong: Doakan Saja ya...

Istri Hamil? Baim Wong: Doakan Saja ya...

Setelah pergi bulan madu ke AS dan Italia akhir tahun lalu serta liburan di Jepang awal bulan ini, pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven dikabarkan akan memili


Denny Cagur-Shanty Pasangan Receh

Denny Cagur-Shanty Pasangan Receh

Denny Cagur dan sang istri, Shanty Widihastuti, punya cara untuk bisa tetap mesra. Mereka melawak bersama lewat konten Instagram Pasangan Receh.


How to Train Your Dragon 3: Akhir Petualangan Hiccup dan Toothless

How to Train Your Dragon 3: Akhir Petualangan Hiccup dan Toothless

Tidak banyak film animasi sekuel yang sukses dari film pertama sampai terakhirnya.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!