Entertainment
Share this on:

Bersyukur Bisa Temani hingga Akhir

  • Bersyukur Bisa Temani hingga Akhir
  • Bersyukur Bisa Temani hingga Akhir

TANGIS KESEDIHAN - Indro Warkop memegang erat tangan kedua putrinya, Hada Kusumonegoro (kiri) dan Handika Indrahanthy Putri (kanan), di pemakaman istrinya. (imam husein/jawa pos)

JAKARTA - Kesetiaan keluarga komedian Indro Warkop patut dijadikan teladan. Mereka saling menguatkan ketika sang istri dan ibu, Nita Octobijanthy alias Anthy, divonis menderita kanker paru-paru sejak Agustus 2017. Kesetiaan itu tetap terlihat kemarin siang (10/10) saat jenazah Anthy dimakamkan di TPU Tanah Kusir. Anthy wafat dalam usia 59 tahun pada Selasa malam (9/10) di RS Metropolitan Medical Centre.

Kasih sayang tetap ditunjukkan Indro hingga akhir hayat sang istri. Matanya sembap akibat menangis sejak Selasa malam. Bibirnya tampak bergetar melantunkan doa ketika jenazah Anthy dimasukkan ke liang lahat. Anthy meninggal sehari sesudah ulang tahunnya yang ke-59.

Meski sedih dan kehilangan, Indro dan keluarganya tetap bersyukur dan ikhlas. Mereka telah memberikan yang terbaik untuk Anthy. Bintang film Gila Lu Ndro! tersebut juga bersyukur bisa merayakan ulang tahun istrinya yang terakhir. Itulah kali terakhir dia berbincang dengan sang istri. Usai mengucapkan selamat ulang tahun, Anthy hanya menjawab singkat. ’’Udah selesai, aku mau pulang,’’ ujar Indro menirukan istrinya.

Indro mengungkapkan, sudah tidak ada lagi beban yang tertinggal. Dia dan Anthy sudah saling memaafkan kesalahan beberapa hari lalu. Anthy pun sudah sempat memberikan pesan terakhir. ’’Dia minta jaga anak-anak kami meski mereka sudah besar,’’ kata Indro di sela tangisnya.

Momen-momen terakhir bersama Anthy juga digunakan Indro untuk membalas jasanya. Semasa masih sehat dan lincah, dia selalu melayaninya. Apa pun yang Indro butuhkan selalu disiapkan. Saat Anthy sakit, giliran Indro yang dengan telaten merawatnya. Ada di sisinya saat dirawat di rumah sakit.

Selama menderita kanker, Anthy masih sangat suportif terhadap karir suaminya. Jika Indro harus melakukan promo film atau job di luar kota, dia tak melarang. Dia tahu bahwa sang suami punya tanggung jawab mencari nafkah. ’’Sebagai gantinya, kami sering video call,’’ ungkap bapak tiga anak tersebut.

Hal yang sama diungkapkan Hada Kusumonegoro, anak kedua Indro-Anthy. Hada merasa sangat beruntung bisa mendampingi sang ibu di masa-masa akhir hidupnya. ’’Mami itu segalanya. Mami selalu ada buatku,’’ katanya sambil mengusap air mata. Hada juga bersyukur bisa menggunakan segala tenaga untuk merawat sang ibu hingga saat terakhirnya.

Kini yang bisa dilakukan Indro adalah menuruti perintah mendiang istri untuk menjaga anak-anak. Sebuah keinginan juga dimiliki Indro. Kelak, jika saatnya tiba, dia ingin disemayamkan di dekat Anthy di TPU Tanah Kusir. ’’Satu-satunya keinginan yang belum terwujud adalah kami bisa bersebelahan di dalam kubur,’’ ujar Indro. (len/c22/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Lagi Kangen Berat
Lagi Kangen Berat

Berita Berikutnya

Naik Kelas Perankan Ateng
Naik Kelas Perankan Ateng

Berita Sejenis

Langsung Pamit, Bukan Izin

Langsung Pamit, Bukan Izin

Dua hingga tiga tahun belakangan, aktor dan produser Darius Sinathrya menekuni hobi bermotor.


Ternyata Ferry Salim Bisa Ngelawak Juga

Ternyata Ferry Salim Bisa Ngelawak Juga

Penampilannya necis. Wajahnya tampan dan awet muda meski usianya menginjak kepala lima. Tatanan rambutnya juga selalu rapi dengan pomade.


Pacar Agnez Mo Jadi Videografer

Pacar Agnez Mo Jadi Videografer

Agnez Mo menjadi bintang tamu acara produk sampo akhir pekan lalu di Empirica, SCBD, Jakarta Selatan.


Pasangan Awet, Pacar Tak Cemburu

Pasangan Awet, Pacar Tak Cemburu

Jefri Nichol dan Amanda Rawles seolah tidak bisa dipisahkan. Keduanya selalu menjadi pasangan sejak 2017 di film.


Belok Kanan Barcelona, Cinta Segi Empat yang Kompleks

Belok Kanan Barcelona, Cinta Segi Empat yang Kompleks

Dari temen jadi demen. Siapa saja bisa mengalami ini. Atau mungkin sedang mengalaminya?


Perankan Susy Susanti, Laura Basuki Pelajari Bulu Tangkis

Perankan Susy Susanti, Laura Basuki Pelajari Bulu Tangkis

Akhir pekan lalu, bermunculan foto-foto aktris Laura Basuki dalam balutan jaket dan seragam badminton.


The Nun Ajak Penonton Lebih Jauh Mengenal Valak

The Nun Ajak Penonton Lebih Jauh Mengenal Valak

Rentetan cerita seram The Conjuring masih berlanjut hingga kini.


Ramu Musik hingga ke Praha

Ramu Musik hingga ke Praha

Untuk membuat aransemen musik megah dengan skala sebesar itu, pengerjaannya secara efektif dimulai pada Januari 2018.


Maia Kecewa Pemberitaan Al

Maia Kecewa Pemberitaan Al

Akhir pekan lalu, beredar kabar bahwa Al Ghazali mengalami overdosis dan dibawa ke rumah sakit. Pihak manajemen Al sudah menepis kabar tersebut.


Ogah Buru-buru Nikah

Ogah Buru-buru Nikah

Akhir Juli lalu, aktris Raline Shah (33) mengungkapkan perasaan dan pengalaman terkait status single-nya di Instagram story.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!