Entertainment
Share this on:

Bumblebee Selamatkan Franchise Transformers

  • Bumblebee Selamatkan Franchise Transformers
  • Bumblebee Selamatkan Franchise Transformers

**** - Franchise film Transformers hingga tahun lalu mendapat predikat kurang oke. Namun, tahun ini Bumblebee berhasil menyelamatkannya. Film tersebut menawarkan kisah robot dengan formula berbeda dari pendahulunya.

Alur cerita yang ditawarkan Bumblebee tidak jauh berbeda dengan film scifi lainnya. Kehidupan seorang anak yang punya latar belakang tidak bahagia berubah akibat kehadiran makhluk asing dari luar angkasa. Cerita Bumblebee dituturkan lewat sosok Charlie Wilson, remaja perempuan yang mengalami trauma akibat kematian ayahnya. Sally, sang ibu, menikah kembali. Wilson tinggal bersama adiknya, Otis.

Kehidupan Wilson berubah setelah menerima kado ulang tahun dari pamannya. Wilson mendapat warisan Volkswagen Beetle 1967 warna kuning. Yang tidak diketahuinya, mobil tersebut merupakan samaran Autobots muda berkode B-127. Robot itu terdampar di bumi setelah bertempur melawan Blitzwing, salah satu Decepticon. Ketika distarter, mobil kuning tersebut mengirimkan sinyal ke para robot luar bumi.

B-127 langsung diserang dengan brutal oleh Sector 7, agen rahasia milik pemerintah yang bertugas memonitor aktivitas makhluk asing di bumi. Robot-mobil itu mengalami amnesia. Wilson menamai mobil tersebut Bumblebee sesuai dengan warna hitam-kuning lebah penyengat alias bumblebee. Serangan dari Sector 7 itu menjadi pembuka petualangan Wilson dan Bumblebee.

Jika kisah seri Transformers lekat dengan pertarungan antar-robot, Bumblebee berbeda. Buat penggemar serial animasi klasik Transformers, Bumblebee merupakan proyek film yang menyenangkan. Setting era 80-an amat terasa.

Namun, penonton yang tidak paham tentang animasi maupun film yang terinspirasi robot produksi Hasbro itu juga tidak bakal mumet. Sebab, sutradara Travis Knight dan penulis naskah Christina Hodson meramu cerita dengan padat. Kisah Wilson dan robot B-127 disampaikan runtut. Konflik dan penyelesaiannya jelas.

’’Rasa’’ baru Bumblebee itu memikat para kritikus. Di Rotten Tomatoes, rating-nya mencapai 93 persen. Lebih tinggi daripada Aquaman. Apalagi jika dibandingkan dengan Transformers: The Last Knight yang cuma diganjar 15 persen. ’’Akhirnya, ada juga film Transformers yang bisa ditonton,’’ ulas Scott Tobias, kontributor NPR.

Sementara itu, Mara Reinstein dari Us Weekly menilai bahwa Bumblebee mudah mengena di hati penonton karena menampilkan unsur emosi yang cukup kuat.

Kristen Page-Kirby juga memuji langkah berani Knight, sutradara box office debutan. ’’Dia mengurangi segala aspek yang membuat film pendahulunya loyo sambil menambahkan humor dan emosi,’’ paparnya.

Meski begitu, Bumblebee dinilai tidak luput dari ’’kesalahan’’ klasik pendahulunya. ’’Durasi 113 menit terasa terlalu panjang untuk sajian ’suam-suam kuku’ ini,’’ kata Simon Abrams, kritikus RogerEbert.com.

Jika dibandingkan dengan kisah scifi serupa, alur Bumblebee relatif mudah ditebak. Banyak yang menilai film itu mirip dengan E.T. Namun, Bumblebee jelas menjadi penyegar di antara jagat film Transformers yang didominasi garapan sutradara Michael Bay. (fam/c14/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Linda Hamilton Kembali di Terminator 6

Linda Hamilton Kembali di Terminator 6

Dua puluh tujuh tahun silam, franchise Terminator berada di puncak kejayaan.


Dibayar Rp939,9 Miliar untuk Bond 25

Dibayar Rp939,9 Miliar untuk Bond 25

Produser franchise James Bond begitu happy ketika Daniel Craig setuju kembali memerankan agen MI6 tersebut di installment ke-25.


Tomb Raider Bakal Jadi Franchise Baru

Tomb Raider Bakal Jadi Franchise Baru

Proyek reboot Tomb Raider mulai tayang di Indonesia kemarin (7/3).


Aneh, Fifty Shades Masih Laku

Aneh, Fifty Shades Masih Laku

Audiences finally freed from Fifty Shades' franchise (penonton akhirnya terbebas dari franchise Fifty Shades).


Ini 12 Film yang Layak Dinanti di 2018

Ini 12 Film yang Layak Dinanti di 2018

Film-film franchise dan remake masih mewarnai perfilman Hollywood tahun depan, tak jauh berbeda dengan tahun ini.


Gaya Musik Iwan Fals, Kini Selamatkan Generasi Musik Anak

Gaya Musik Iwan Fals, Kini Selamatkan Generasi Musik Anak

Ide bermusik Iwan Fals masih tajam. Diusianya yang mulai senja, penyanyi dan pencipta lagu ini terus berkarya.


Kok, Vin Diesel dan The Rock Tidak Akur

Kok, Vin Diesel dan The Rock Tidak Akur

Pekan ini Fast 8, seri kedelapan film franchise sukses, The Fast and The Furious, telah menyelesaikan proses pengambilan gambar.


Dikabarkan Main di Mortal Kombat, Iko Uwais Anggap Apresiasi

Dikabarkan Main di Mortal Kombat, Iko Uwais Anggap Apresiasi

Mortal Kombat adalah salah satu game franchise populer di dunia. Game rilisan tahun 1992 itu punya beragam versi spin-off.


Transformers Kenalkan Karakter Sqweeks

Transformers Kenalkan Karakter Sqweeks

Untuk memberikan nuansa baru di film terbarunya, Transformers: The Last Knight, sutradara Michael Bay sudah menyiapkan karakter baru.


Bintang Transformers Ditangkap Polisi

Bintang Transformers Ditangkap Polisi

Ditangkap polisi karena mabuk berat di tempat umum.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!