Entertainment
Share this on:

Cerita Pilu Asih Terbawa sampai Mati

  • Cerita Pilu Asih Terbawa sampai Mati
  • Cerita Pilu Asih Terbawa sampai Mati

**** - Buat para penggemar Danur, sosok Asih (Shareefa Daanish) di film pertama scene stealer banget. Serem-nya itu, lho. Melihat sosoknya (yang meski tanpa riasan seram), bulu kuduk auto merinding. Namun, di balik itu, ada kisah tragis tentang Asih yang patut diketahui. Misalnya, yang dipaparkan dalam spin-off berjudul namanya. Asih.

Jauh sebelum menjadi hantu yang meneror Risa (Prilly Latuconsina) di film pertama, Asih hanyalah seorang gadis desa. Dia bekerja sebagai pengasuh bayi, tetapi akhirnya hamil di luar nikah. Begitu kembali ke desa, Asih tak diakui keluarganya. Begitu pula penduduk desa yang mengucilkan dia. Kecewa, Asih bunuh diri setelah membunuh bayinya sendiri.

Dendam dan kesedihan membuat jiwa Asih tak tenang. Dia kemudian meneror Puspita (Citra Kirana) dan Andi (Darius Sinathrya), pasangan muda yang baru memiliki anak. Asih, yang menginginkan seorang anak, mencoba berbagai cara untuk merebut anak Puspita dan Andi. Pasangan itu harus berjuang menyelamatkan bayi mereka dan menenangkan Asih.

Berlatar 37 tahun sebelum peristiwa Danur, Asih mengusung konsep horor old-school atau horor klasik. Selain latar pedesaan yang sederhana, salah satu cirinya adalah target teror keluarga. Sejumlah adegan pun diambil di dalam rumah. ’’Tujuannya, gimana setelah nonton, kita merasa nggak nyaman atau takut di dalam rumah,” ujar sutradara Awi Suryadi.

Tujuan Awi bisa dibilang tercapai. Kemunculan Asih di rumah Puspita dan Andi memang bikin suasana mencekam. Alih-alih keluar secara mendadak, kemunculan Asih dibangun lewat atmosfer. Pencahayaan minim, suara lirih, dan lagu Indung Indung yang didendangkan Asih. Penonton dibuat merinding perlahan sampai akhirnya berteriak kaget saat Asih muncul sepenuhnya.

Cerita yang diangkat pun khas Indonesia. Penulis naskah Lele Laila dan Awi memasukkan mitos, budaya, serta kepercayaan lokal sebagai bumbu cerita. Misalnya, kepercayaan orang tua bahwa harus ada gunting di dekat tempat tidur bayi agar dia tak diganggu hantu. Atau mitos bahwa bayi yang baru lahir tak boleh berada di luar selepas petang.

Dari segi tokoh, Shareefa sekali lagi sukses memerankan hantu Asih. Dengan wajahnya yang khas, aktris 36 tahun tersebut memang cocok untuk peran-peran seram. Dia sukses mempertahankan keseraman Asih sejak muncul di film Danur. Awi juga memuji akting Shareefa ketika berperan sebagai Asih yang masih hidup. ’’Dia itu total banget,” kata Awi.

Dengan adanya Asih, para penggemar Danur bisa mengetahui sosoknya lebih dalam. Termasuk jalan cerita utuh yang menghubungkan Asih dengan Danur. Jika digarap dengan lebih baik, jagat Danur bisa menyerupai jagat Conjuring. Sebab, tiap film saling berkaitan. (len/c18/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Film Sesuai Aplikasi, Drama Komedi Pengemudi Ojol

Film Sesuai Aplikasi, Drama Komedi Pengemudi Ojol

Apa pun bisa menjadi bahan cerita film komedi. Termasuk kehidupan driver ojek online (ojol).


Film Sultan Agung di Putar di Washington DC

Film Sultan Agung di Putar di Washington DC

Film Sultan Agung di putar di Washington DC. Film yang menyajikan cerita sejarah Kerajaan Mataram di bawah kepemimpinan Sultan Abdullah Muhammad Maulana Mataram


Reboot Robin Hood Dibawa Lebih Modern

Reboot Robin Hood Dibawa Lebih Modern

Cerita rakyat asal Inggris, Robin Hood, tak asing lagi bagi moviegoers. Sudah banyak film yang menyajikan aksi Robin dalam bentuk layar lebar.


Marissa Nasution Cerita Ditipu Hanzela

Marissa Nasution Cerita Ditipu Hanzela

Kabar duka tentang meninggalnya salah satu bayi kembar Marissa Nasution pada Februari lalu ternyata dimanfaatkan oleh seseorang untuk menipu.


Rayakan 35 Tahun, Slank Konser di GBK

Rayakan 35 Tahun, Slank Konser di GBK

Slank benar-benar tidak ada matinya. Berdiri sejak 1983, band yang bermarkas di Potlot itu masih menggelinding sampai sekarang.


Lagi Kangen Berat

Lagi Kangen Berat

Mike Lewis, 36, sedang kangen berat. Sampai-sampai dia mengungkapkan rasa rindunya di media sosial.


Nyaris Dapat Peran Nagini

Nyaris Dapat Peran Nagini

Di balik rasa tidak sabar menanti perilisan Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, terselip cerita menarik dari beberapa aktris tanah air.


The Nun Ajak Penonton Lebih Jauh Mengenal Valak

The Nun Ajak Penonton Lebih Jauh Mengenal Valak

Rentetan cerita seram The Conjuring masih berlanjut hingga kini.


Cerita Baru si Wiro Sableng Lebih Fresh dan Artistik

Cerita Baru si Wiro Sableng Lebih Fresh dan Artistik

Si Wiro Sableng, pendekar kapak maut Naga Geni, beraksi di bioskop mulai 30 Agustus mendatang.


Buffalo Boys: Cerita Koboi Melawan Kompeni

Buffalo Boys: Cerita Koboi Melawan Kompeni

Buffalo Boys membawa penonton menjelajah waktu, masuk ke 1860-an ketika masa pendudukan Belanda di Indonesia.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!