Entertainment
Share this on:

Dilan 1991 Majukan Jadwal Tayang

  • Dilan 1991 Majukan Jadwal Tayang
  • Dilan 1991 Majukan Jadwal Tayang

Foto: Max Pictures For Jawa Pos

**** - Video Dilan dan Milea awal Januari lalu yang mengungkap tanggal penayangan film Dilan 1991 disambut antusias oleh penggemar. Capaian lebih dari 6,3 juta penonton Dilan 1990 (dan membuatnya jadi film Indonesia dengan penonton terbanyak kedua sepanjang masa) membuat tanggal rilis sekuelnya dimajukan dari skedul awal.

Bukan cuma penggemar yang enggak sabar menanti setiap update Dilan 1991, para pemerannya juga. Apalagi begitu tanggal rilis dipastikan bulan depan, tepatnya 28 Februari. ”Hah, bulan depan tayang? Cepet bangeeettt!” kata Milea, eh Vanesha Prescilla, tak bisa menyembunyikan rasa excited-nya.

Vanesha baru tahu saat photo shoot untuk materi promo. ”Deg-degan sendiri, seneng, nggak sabar nunggu trailer-nya sebelum film tayang,” ujarnya. Bintang muda 19 tahun itu mengingat masa syuting Dilan 1991 dan Milea yang disebutnya sangat membahagiakan. Proses syuting memang dilakukan untuk dua sekuel sekaligus.

Pembaca bukunya sudah pasti mengikuti bahwa banyak kisah di buku Dilan 1991 yang diceritakan kembali di buku Milea, tetapi dari sudut pandang berbeda, yaitu sudut pandang Dilan. Bagi Vanesha, syuting untuk dua film sekaligus terasa lebih mudah. ”Karena satu jalan, satu cerita,” jelas dia kepada Jawa Pos.

Tantangannya adalah harus siap untuk banyak shot. Untuk satu scene saja, perlu diambil banyak shot. Maka, pemeran harus siap melakoni waktu yang panjang untuk scene tersebut. ”Jadi, feel-nya jangan dilepas nih. Misalnya, lagi in character sedih. Selama scene itu belum selesai, jangan dilepas feel sedihnya,” beber Vanesha.

Untuk sekuel itu, Vanesha merasa lebih enjoy. Sebelumnya, saat syuting Dilan 1990, dia merasa tegang. ”Belum ada pengalaman apa-apa, belum percaya diri,” kenangnya.

Dilan 1990 merupakan film pertamanya. Berbeda halnya dengan sekarang. Dia jauh lebih santai dan percaya diri. ”Banyak nanya juga ke Ayah Pidi (Pidi Baiq, penulis novel seri Dilan) dan Mas Fajar (Fajar Bustomi, sutradara), aman atau nggak yang aku kerjain,” tuturnya.

Di set, semua tim dan kru sudah seperti keluarga. Chemistry dengan seluruh pemeran terjalin secara organik. Kedekatan dengan Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan pun tidak sulit untuk kembali dimunculkan. ”Tinggal me-recall lagi ’rasa’ itu,” ucapnya.

Jika di Dilan 1990 mengisahkan proses mereka dekat hinggga jadian –yang penuh dengan scene-scene gemas itu–, dalam Dilan 1991 lebih banyak konflik yang menguras air mata. ”Syutingnya dijalani dengan sepenuh hati. Sekarang udah nggak sabar untuk promoin film ini,” ungkap Vanesha. Sementara itu, Iqbaal ketika coba dihubungi masih berada di AS.

Kalau pada 28 Februari dirasa masih lama, nantikan trailer-nya yang siap dirilis dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan sutradara Fajar Bustomi. ”Menjawab antusiasme penonton, kami akan luncurkan trailer Dilan 1991 pada 17 Januari,” ujarnya saat dihubungi via telepon. Skedul perilisan film awalnya bukan Februari, tapi dimajukan setelah melalui hasil kesepakatan produser dan pihak bioskop.

Fajar menceritakan, proses syuting untuk dua film (Dilan 1991 dan Milea) hampir dua bulan. ”Totalnya 41 hari,” kata sutradara 36 tahun tersebut. Bagi Fajar, itu juga kali pertama dirinya menggarap dua film dalam waktu bersamaan. ”Nggak mudah, tapi dengan tim yang solid, pemeran-pemerannya juga sama, makin ke sini makin bahagia,” tuturnya.

Fajar mengatur flow syuting berdasar lokasi. Misal, set rumah Milea. ”Dikelarin dulu beberapa hari scene untuk Dilan 1991. Sudah selesai, baru lanjut untuk Milea,” terangnya. Kecuali set yang sama hanya butuh satu hari. Maka, syuting untuk Dilan 1991 dan Milea diambil berurutan.

Soal chemistry Dilan dan Milea, Fajar tidak merasa kesulitan untuk mengarahkan. ”Tinggal diingatkan sedikit, Dilan senyumnya kayak gini. Milea kalau menatap Dilan seperti ini,” paparnya. Salah satu cara paling jitu, Fajar sering memutarkan lagi film pertamanya.

”Pas reading, nonton Dilan 1990 bareng-bareng. Ada senangnya, ada yang sampai nangis, luculah,” kata Fajar, lantas tertawa.

Saat proses syuting, banyak fans yang datang di lokasi. Meski akun resmi Max Pictures belum merilis foto teaser adegan, tidak sedikit yang sudah bertebaran di akun media sosial. ”Kami tahu mereka sangat mencintai film Dilan,” ucapnya.

Fajar menambahkan, dirinya dan tim sudah menyiapkan beberapa ”amunisi” andalan. ”Foto-foto jagoan dan video sudah kita siapkan, tunggu ya,” kata Fajar yang semakin bikin tidak sabar. (nor/c6/jan/jpg)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Adegan di Film Terlalu Tampan Terjadi Betulan

Adegan di Film Terlalu Tampan Terjadi Betulan

Produksi terbaru Visinema Pictures Terlalu Tampan yang diadaptasi dari webtoon (komik online) populer tayang mulai 31 Januari.


Keluarga Cemara Lampaui 1 Juta Penonton

Keluarga Cemara Lampaui 1 Juta Penonton

Tayang di awal 2019, film Keluarga Cemara disambut positif oleh penonton Indonesia.


Asri Welas Filmnya Sesuai Kisah Pribadi

Asri Welas Filmnya Sesuai Kisah Pribadi

Bagi Asri Welas, film Keluarga Cemara yang akan tayang pada 3 Januari punya makna penting.


Besok, Aquaman Mulai Tayang di Indonesia

Besok, Aquaman Mulai Tayang di Indonesia

Aquaman akhirnya dirilis! ’’Anak tunggal’’ Warner Bros. dan DC Comics untuk 2018 tersebut ditayangkan kali pertama di Tiongkok pada 7 Desember.


Augie Kirim Surat dari Penjara

Augie Kirim Surat dari Penjara

Menghidupkan kembali karakter Ateng dan Iskak dalam situasi modern, film Lagi-Lagi Ateng siap tayang pada 10 Januari 2019.


Dilan 1991 Mulai Syuting 3 November

Dilan 1991 Mulai Syuting 3 November

Sukses besar Dilan 1990 dengan raihan 6,3 juta penonton pada awal 2018 membuat penggemar tak sabar menantikan kehadiran sekuelnya.


Kompak Ogah Dijodohin

Kompak Ogah Dijodohin

Siapa yang gemas dengan kisah cinta Nathan dan Salma? Sekuel filmnya, Dear Nathan Hello Salma, tayang 25 Oktober mendatang.


Dilan 1991 Mulai Syuting November

Dilan 1991 Mulai Syuting November

Pemeran Milea dalam film Dilan 1990, Vanesha Prescilla belum lama ini memotong rambut panjangnya.


Sebelum Iblis Menjemput Akan Tayang di Luar Negeri

Sebelum Iblis Menjemput Akan Tayang di Luar Negeri

Upaya Chelsea Islan dan Pevita Pearce untuk keluar dari zona nyaman berbuah manis. Akting mereka di film horor Sebelum Iblis Menjemput (SIM) diapresiasi.


Wajah Valak Kagetkan Viewer YouTube

Wajah Valak Kagetkan Viewer YouTube

Meski jadwal tayang masih 7 September mendatang, film The Nun sudah bikin orang ketakutan.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!