Entertainment
Share this on:

Ditantang Lagu Berbagai Genre

  • Ditantang Lagu Berbagai Genre
  • Ditantang Lagu Berbagai Genre

JAKARTA - Grand final Indonesian Idol 2018 dua pekan lagi (23/4) menjadi milik dua kontestan termuda dan tertua musim ini. Yakni Maria Simorangkir (16) dan Ahmad Abdul (27). Tiket tersebut mereka raih setelah penampilan maksimal dalam babak tiga besar pada Senin malam (9/4).

Maria membawakan lagu Whitney Houston yang supersulit, I Have Nothing, sedangkan Abdul menyanyikan Better Man milik Robbie Williams. Sudah banyak yang memprediksi bahwa keduanya paling layak ke grand final. Terlebih setelah penampilan kontestan lain, Joanita Veroni, dikritik juri.

Dia dinilai tidak konsisten ketika membawakan Jailhouse Rock karya Elvis Presley. Maia Estianty bahkan menyebut Joan mendapat suntikan setiap pekan untuk menjaga stamina. ’’Kalaupun Joan menang Indonesian Idol, kuat nggak menjalaninya nanti. Penonton harus bijak juga, ya,’’ kata Maia saat itu.

Meski sudah banyak dijagokan, Maria dan Abdul tetap kompak menyatakan bahwa hal itu tidak terduga. Mereka sama-sama mengatakan tidak punya target untuk masuk ke dua besar.

’’Perjuangan menyisihkan ratusan ribu pesaing sejak audisi hingga babak spektakuler sudah sangat luar biasa,’’ tutur Maria dalam konferensi pers di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, kemarin (10/4).

Maria dikenal dengan teknik vokalnya yang bagus dan powerful. Lagu genre apa pun akan terdengar megah dan wow saat dibawakannya. ’’Tapi, itu semua nggak akan cukup kalau tanpa dukungan dan penampilan yang bagus. Jadi, saya masih harus terus berjuang,’’ kata Maria yang pernah mengikuti ajang Indonesian Idol Junior pada 2014.

Sementara itu, Abdul, pria berdarah Kupang-Aceh, punya suara yang khas. Headvoice tinggi, namun tetap enjoyable. Mengawali karir sebagai penyanyi dan musisi kafe, kini dia berubah menjadi idola dengan musikalitas yang bagus. Dia sempat dipuji Adam Levine dan The Script yang menjadi bintang tamu di Idol Senin malam lalu.

Pada grand final nanti, Maria dan Abdul bakal ditantang membawakan beberapa lagu sekaligus. Pertama, lagu cinta ciptaan Yovie Widianto. Selanjutnya, mereka akan membawakan lagu bergenre EDM bersama seorang DJ yang belum diungkapkan. Setelah itu, mereka harus menyanyikan satu lagu berbahasa Inggris. Terakhir, mereka akan membawakan single baru berjudul Yang Terbaik.

Saat ini Maria dan Abdul masih berkoordinasi dengan tim Indonesian Idol untuk pemilihan lagu. Sebisa-bisanya keduanya berusaha mengenal lagu lebih dalam agar bisa menyanyikannya dengan baik. ’’Bagi kami, menyatu dengan lagu adalah kunci utama agar soul bisa keluar lewat suara dan penampilan,’’ kata Abdul.

Dalam franchise Idol, ada mitos yang tidak enak. Sang juara biasanya bakal kalah sukses jika dibandingkan dengan runner-up atau finalis. Di Indonesia, ada Judika (season 2), Citra Scholastika (season 6), dan Virzha (season 3) yang lebih populer daripada pemenang musim tersebut. Maria dan Abdul sudah mendengar mitos tersebut dan santai saja.

’’Pokoknya tugas kami adalah berikan yang terbaik di saat Indonesian Idol maupun sesudahnya,’’ kata Maria.

Dia menambahkan, hal biasa finalis yang tereliminasi bisa sukses dan populer. ’’Sebab, begitu seseorang masuk Indonesian Idol sebagai kontestan babak spektakuler, dia sudah punya fans yang banyak dan menjadi idola,’’ tuturnya bijak. (len/c19/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Penjualan Lagu Naik 480 Persen

Penjualan Lagu Naik 480 Persen

Grammys 2019 sukses besar. Para musisi, terutama yang tampil sebagai pengisi acara, mendapat ”bonus” ekstra. Penjualan lagu maupun album mereka naik total.


Grammys 2019: Momennya Musisi Perempuan

Grammys 2019: Momennya Musisi Perempuan

”Who run the world?” Lirik lagu Beyonce, Run the World (Girls), itu diucapkan host 61st Annual Grammy Awards Alicia Keys.


Imbauan Menyanyikan Indonesia Raya di Bioskop Akan Dicabut

Imbauan Menyanyikan Indonesia Raya di Bioskop Akan Dicabut

Imbauan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pemutaran film di bioskop menuai pro-kontra dari berbagai kalangan. Banyak yang tidak setuju.


Geisha dan Shima Kenang Karya Nike Ardilla

Geisha dan Shima Kenang Karya Nike Ardilla

Nama Nike Ardilla terus melekat di benak pencinta musik meski sosoknya telah tiada 23 tahun lalu. Lagu-lagunya pun tak lekang oleh waktu.


Asal Kau Bahagia, Film Adaptasi Lagu Milik Band Armada

Asal Kau Bahagia, Film Adaptasi Lagu Milik Band Armada

Asal Kau Bahagia (AKB) menjadi momen comeback Aliando Syarief, aktor yang namanya populer berkat sinetron Ganteng Ganteng Serigala (GGS).


Kevin Hart Gantikan Jimmy Kimmel

Kevin Hart Gantikan Jimmy Kimmel

Kevin Hart sukses mengocok perut penonton lewat aksi kocaknya dalam berbagai film dan acara TV. Misalnya, Jumanji: Welcome to the Jungle (2017).


Jubing Kristianto Berkarya Lagi

Jubing Kristianto Berkarya Lagi

Gitaris fingerstyle Indonesia yang banyak menjelajahi berbagai repertoar, Jubing Kristianto merilis album terbarunya berjudul Kasmaran.


Jerinx SID Hanya Ingin Beri Pelajaran

Jerinx SID Hanya Ingin Beri Pelajaran

Sepekan terakhir, drumer Superman Is Dead (SID) I Gede Ari Astina alias Jerinx menyentil pedangdut Via Vallen lantaran meng-cover lagu Sunset di Tanah Anarki.


Polemik Cover Lagu Sunset di Tanah Anarki

Polemik Cover Lagu Sunset di Tanah Anarki

Polemik terkait dengan cover lagu dan hak cipta kembali mencuat di ranah industri musik tanah air.


Karna Su sayang Viral, Dian Masih Ingin Sekolah

Karna Su sayang Viral, Dian Masih Ingin Sekolah

Nama Dian Sorowea tengah menjadi sorotan. Siswi kelas XII SMAK Bhaktyarsa Maumere itu terkenal setelah membawakan lagu Karna Su Sayang bersama Andra Near.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!