Entertainment
Share this on:

Gatot Brajamusti -Seret Nama Ustad Guntur Bumi

  • Gatot Brajamusti -Seret Nama Ustad Guntur Bumi
  • Gatot Brajamusti -Seret Nama Ustad Guntur Bumi

JAKARTA - Kasus hukum aktor, penyanyi dan juga mantan ketua PARFI, Gatot Brajamusti belum usai. Setelah melewati proses persidangan kasus narkotika di Mataram, Nusa Tengara Barat (NTB). Kali ini, pria yang akrab disapa Aa Gatot itu kembali duduk dikursi pesakitan.

Pemain film Sayap Kecil Garuda itu menjalani proses persidangan dugaan kepemilikan satwa dilindungi dan senjata api illegal di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (10/10). Menggunakan baju batik lengan panjang. Gatot terlihat begitu tenang melewati persidangan beragendakan pembacaan dakwaan dari jaksa penuntut umum (JPU).

Dalam dakwaannya, JPU menyatakan, Gatot terbukti memiliki dua jenis satwa yang dilindungi di rumahnya kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. "Dua ekor satwa berupa satu ekor elang masih hidup dan harimau yang telah diawetkan," kata Jaksa Hadiman saat membacakan dakwaan.

Jaksa Hadiman mengungkap, terdakwa mendapatkan elang jenis brontok yang masih kecil pada 2010. Akhirnya, terdakwa memutuskan untuk memelihara elang tersebut.

”Terdakwa mengatakan bahwa elang itu masuk sendiri ke dalam rumahnya. Berdasarkan pengakuan terdakwa, elang itu dipelihara enam tahun tanpa izin dari pihak berwenang," ujar Jaksa ?Hadiman.

Sedangkan Harimau, Gatot mengaku mendapat barang tersebut dari Ustad Guntur Bumi yang memberikannya sebagai hadiah ulang tahun. ”Terdakwa mengaku harimau Sumatera yang sudah mati atau telah diawetkan diberikan oleh Ustad Guntur Bumi pada September 2011 sebagai hadiah ulang tahun," kata Jaksa Hadiman? saat membacakan dakwaan.

Meski begitu, ?Jaksa Hadiman menyatakan, Ustad Guntur Bumi tidak mengakui memberikan harimau Sumatera yang telah diawetkan itu. Sebab, dia belum mengenal Gatot pada 2011. “Ustad Guntur Bumi tidak mengakuinya lantaran ?2011 masih menetap di Semarang," ujar Jaksa Hadiman.

Jaksa Hadiman mengatakan, Ustad Guntur Bumi baru mengenal Gatot pada 2013. Saat itu, dia diundang mantan Ketua Umum PARFI itu untuk datang ke rumahnya dalam acara silaturahmi bersama-sama undangan yang lain.

Menurut Jaksa Hadiman, Ustad Guntur Bumi akan dihadirkan sebagai saksi di persidangan. "Semua yang ada dalam berkas perkara kami mintakan jadi saksi," ucapnya.

Sementara itu kuasa hukum Gatot brajamusti, Rifai merasa keberatan dengan dakwaan tersebut. Bahkan, pihaknya akan menyampaikan keberatan dalam persidangan berikutnya, yang dijadwalkan berlangsung pada 17 Oktober mendatang.

Salah satu penasihat hukum Gatot, Achmad Rifai mengatakan, kliennya keberatan dengan dakwaan karena merasa tidak memiliki satwa yang dilindungi dan senjata api. "Karena Gatot mengatakan 'Saya tidak mengerti'. (Saya tanya) 'Kenapa tidak mengerti?'. (Dia menjawab) 'Karena saya tidak mempunyai satwa liar ?dan tidak mempunyai senjata api tersebut," kata Rifai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Rifai berharap, jangan sampai Gatot hanya menjadi korban imbas dugaan kepemilikan senjata api dan satwa yang dilindungi. Hal itu bisa terjadi jika pihak Gatot bisa membuktikan dakwaan jaksa penuntut umum tidak benar di persidangan. "Jangan sampai hukum itu dipakai untuk mencederai keadilan," ujar Rifai.

Menurut Rifai, senjata api yang ditemukan di rumah Gatot hanya titipan. Karena itu, Gatot tidak tahu bahwa senjata tersebut ilegal. Sebagaimana diketahui Polisi menelusuri soal kepemilikan senjata api ilegal setelah melakukan penangkapan terhadap Gatot terkait kepemilikan narkotika. Gatot ditangkap oleh anggota Polres Mataram bersama anggota Polda Nusa Tenggara Barat. (ash/gil/jpnn)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

The Last Jedi Punya Empat Stromtrooper Berbintang

The Last Jedi Punya Empat Stromtrooper Berbintang

Jangan pernah sepelekan Stormtrooper. Bisa jadi, yang di dalamnya bukan nama sembarangan.


Solo, Judul Spin-Off Han Solo

Solo, Judul Spin-Off Han Solo

Hari yang ditunggu para penggemar Star Wars tiba. Setelah hampir setahun berjalan, proyek spin-off Han Solo muda tersebut akhirnya punya nama.


Gatot Brajamusti Keukeuh Berkelit

Gatot Brajamusti Keukeuh Berkelit

Mantan Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Gatot Brajamusti kembali menjalani sidang dalam tiga kasus sekaligus.


Natasha Dematra Raih Penghargaan Film Musik di Venezuela

Natasha Dematra Raih Penghargaan Film Musik di Venezuela

Aktris dan sutradara muda Natasha Dematra mengharumkan nama Indonesia.


Endorse First Travel Seret Sejumlah Artis

Endorse First Travel Seret Sejumlah Artis

Endorse bagi kalangan selebriti merupakan hal yang lumrah. Bahkan, endorses dijadikan pekerjaan sampingan yang menguntungkan.


Jaringan Bisnis Ustad Yusuf Mansyur Digoyang

Jaringan Bisnis Ustad Yusuf Mansyur Digoyang

Belakangan ini produser, ustad yang juga seorang penulis, Yusuf Mansur ramai menjadi bahan perbincangan.


Livi Zheng Duniakan Gamelan lewat Film

Livi Zheng Duniakan Gamelan lewat Film

Meski telah memiliki nama di negara Amerika Livi Zheng tak pernah melupakan tanah kelahirannya, Indonesia.


Reza Rahardian Aktor Terbaik se-Asia Pacifik

Reza Rahardian Aktor Terbaik se-Asia Pacifik

Film biografi presiden Republik Indonesia ke-,3 BJ Habibie berjudul Rudy Habibie Habibie & Ainum 2 mengharumkan nama Indonesia di asia pacific.


Mudik Sumatra, Ustad Solmed Sopiri Mobil Sendiri

Mudik Sumatra, Ustad Solmed Sopiri Mobil Sendiri

Ustaz Solmed ternyata punya kebiasaan unik saat mudik lebaran.


Nikita Mirzani Dipolisikan Mantan Suami

Nikita Mirzani Dipolisikan Mantan Suami

Artis Nikita Mirzani tak pernah jauh dari masalah. Setelah saling lapor atas dugaan pencemaran nama baik dengan Julia Perez.



Kolom

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!