Entertainment
Share this on:

Glass, Menarik tapi Bukan yang Terbaik

  • Glass, Menarik tapi Bukan yang Terbaik
  • Glass, Menarik tapi Bukan yang Terbaik

**** - UNBREAKABLE (2000) dan Split (2016) merupakan dua film arahan M. Night Shyamalan yang berhasil membangkitkan rasa penasaran penonton. Kini dua film itu ”dijahit” menjadi satu, jadi sebuah sekuel untuk keduanya. Sebuah akhir cerita dengan akhir mengejutkan.

Glass mengembalikan karakter David Dunn alias The Overseer (Bruce Willis) ke dalam sekuel. Dengan ponco hijaunya, David menjadi pahlawan misterius yang memburu pelaku kriminalitas atau pembuat onar di Philadelphia.

Salah satu targetnya adalah The Beast (James McAvoy). The Beast adalah salah satu di antara 24 kepribadian dalam tubuh Kevin Wendell Crumb yang bertanggung jawab atas kasus pembunuhan di kota itu. Keduanya berhadapan langsung seperti superhero dan villain. Hingga akhirnya pihak polisi menangkap mereka.

Mereka dimasukkan ke rumah sakit jiwa. Ditangani Dr Ellie Staple (Sarah Paulson). Di tempat itulah David bereuni dengan Elijah Price aka Mr Glass (Samuel L. Jackson), dalang kecelakaan kereta api yang hampir menewaskannya pada Unbreakable. Dengan kemampuan analisis dan berpikirnya yang luar biasa, Mr Glass menjadi mastermind yang ”mengatur” The Beast dan David.

Banyak plot twist mengejutkan yang disuguhkan dalam film itu. Bagi yang belum pernah menonton Unbreakable dan Split, Glass terasa cukup membingungkan karena ada bagian dari backstory yang ditampilkan. Sarannya, tonton lagi dua film tersebut untuk mengembalikan ingatan detail cerita. Terutama untuk Unbreakable yang tayang 19 tahun lalu.

Review film tersebut tidak terlalu memuaskan. Kritikus menyebutkan, ada beberapa hal yang kurang masuk akal. Salah satunya ketika Dr Ellie mengatakan bahwa dirinya diminta untuk menyembuhkan Kevin, Elijah, dan David dalam waktu tiga hari. ”Itu hanya salah satu di antara banyak alur yang tidak masuk akal yang diperkenalkan oleh pembuat film. Tidak ada gunanya, kecuali untuk meningkatkan ketegangan, ketika pahlawan, penjahat, dan dalang berkumpul menuju klimaks yang tak terhindarkan,” komentar Michael O’Sullivan, kolumnis The Washington Post.

Glass dinilai kurang menegangkan dan menjadi penutup yang gagal untuk Unbreakable dan Split. Meski begitu, tidak berarti film itu sangat buruk. Tidak. Masih ada beberapa elemen yang menjadikan Glass menghibur. Salah satunya, kemampuan akting para aktornya. Tidak terkecuali McAvoy yang mampu mengganti gaya bicara dan bahasa tubuh dengan cepat, menyesuaikan pergantian 24 kepribadian Kevin.

Sosok The Beast ditampilkan lebih sering dalam film itu daripada Split. Namun, McAvoy tetap bisa menampilkan sosok Hedwig, bocah berusia 9 tahun yang polos dan kocak, sampai karakter perempuan dewasa yang bijaksana, Patricia.

McAvoy menjadi ”penghidup” film itu. Bahkan, tak jarang menuai tawa penonton. ”Dia mendapat sebagian besar scene di Glass, yang pada akhirnya adalah hal baik karena semua orang dalam film itu terlihat sangat lemah,” tulis Joshua Rivera, kolumnis GQ.

Secara keseluruhan, Glass bukanlah film terbaik bagi sutradara dengan bakat sebesar Shyamalan. ”Pada akhirnya, Glass lebih dari setengah kosong, bukannya penuh,” tulis Chris Nashawaty, komunis Entertainment Weekly. (adn/c11/jan/jpg))

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Aura Kasih Ngamuk Kena Body Shaming

Aura Kasih Ngamuk Kena Body Shaming

Penyanyi Aura Kasih mengaku kesal atas body shaming yang menimpanya. Apalagi cuitan body shaming itu dari kaum intelektual yakni pemerhati film, Yan Widjaya.


Nikita Mirzani Menangis Lagi. Kenapa Ada Lagi Masalah Begini?

Nikita Mirzani Menangis Lagi. Kenapa Ada Lagi Masalah Begini?

NIKITA Mirzani akhirnya buka suara terkait tudingan telah menelantarkan anaknya yang bernama Azka, hasil pernikahan dengan Sajad Ukra.


Asty Ananta Merasa Dirugikan

Asty Ananta Merasa Dirugikan

Presenter dan pesinetron Asty Ananta mengaku dirugikan terkait kasus penipuan pencatutan namanya yang terjadi baru-baru ini.


Cerita Seru Dude Harlino Saat Ibadah Haji

Cerita Seru Dude Harlino Saat Ibadah Haji

Aktor Dude Herlino, salah satu aktor yang beruntung diundang oleh Pemerintah Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji.


Mengenal Mutia Ayu, Perempuan yang Dinikahi Glenn Fredly

Mengenal Mutia Ayu, Perempuan yang Dinikahi Glenn Fredly

Nama Mutia Ayu mendadak jadi perbincangan di dunia maya. Dia baru saja dinikahi oleh penyanyi kenamaan Glenn Fredly. Siapa sebenarnya Mutia Ayu?


Aktor Dwayne 'The Rock' Johnson Resmi Nikahi Lauren Hashian

Aktor Dwayne 'The Rock' Johnson Resmi Nikahi Lauren Hashian

Kabar gembira datang dari aktor Dwayne 'The Rock' Johnson yang dilaporkan resmi menikahi kekasihnya, Lauren Hashian.


Nobar Film Kisah Ustad Arifin Ilham Ditargetkan 100 Ribu Penonton

Nobar Film Kisah Ustad Arifin Ilham Ditargetkan 100 Ribu Penonton

Hampir tiga bulan ulama kondang Ustad Arifin Ilham meninggalkan dunia yang fana ini.


Anak Ayu Ting Ting Ogah Jadi Penyanyi

Anak Ayu Ting Ting Ogah Jadi Penyanyi

Ayu Ting Ting melihat bakat yang dimiliki sang anak, Bilqis Khumairah Razak, yakni pintar menari.


Agnez Mo Telah Tinggalkan Budaya Tmur

Agnez Mo Telah Tinggalkan Budaya Tmur

Agnez Mo yang sekarang telah berbeda. Tidak seperti dahulu yang natural, dan cara berpakaiannya masih sopan.


Nikita Mirzani: Setelah Pencarian yang Panjang, Akhirnya Aku Menemukanmu

Nikita Mirzani: Setelah Pencarian yang Panjang, Akhirnya Aku Menemukanmu

Nikita Mirzani tahun ini kembali berkurban sapi di Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari ini, Minggu (11/8).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!