Entertainment
Share this on:

Grammys 2019: Momennya Musisi Perempuan

  • Grammys 2019: Momennya Musisi Perempuan
  • Grammys 2019: Momennya Musisi Perempuan

Alicia Keys.

LOS ANGELES - ”Who run the world?” Lirik lagu Beyonce, Run the World (Girls), itu diucapkan host 61st Annual Grammy Awards Alicia Keys di depan ribuan audiens Los Angeles Staples Center pada Minggu (10/2) waktu setempat. Dan mereka pun menjawab serentak, ”Girls!”

Tema besar pesta industri musik dunia ke-61 tersebut, tampaknya, memang girl power. Ini adalah tahun yang sangat baik buat musisi perempuan. Sebanyak 31 penerima trofi gramophone tahun ini adalah perempuan (penyanyi, penulis lagu, produser, hingga engineer). Jumlah itu naik nyaris dua kali lipat daripada tahun lalu. Pada 2018, dari total 86 awards, hanya 17 kategori yang dimenangi musisi perempuan.

Grammys tahun lalu masih ”pelit” memberikan kesempatan buat musisi perempuan. Di kategori empat besar –Best New Artist, Album of the Year, Record of the Year, dan Song of the Year– hanya ada enam nama perempuan. Dan, cuma Alessia Cara yang mampu bersinar. Dia memboyong piala Best New Artist. Tahun ini ada 15 perempuan yang masuk kategori big four.

Para perempuan hebat yang menang malam itu pun langsung merayakan ”kemenangan”. Kacey Musgraves, penyanyi country dan penulis lagu, memborong empat piala di Grammys 2019. Dia menyatakan bangga. Buat dia, tidak masalah jika karya musisi perempuan tidak selalu populer atau disukai.

”Yang terpenting, pendapat dan pemikiran kami bisa dilihat maupun didengar lebih banyak orang,” katanya saat diwawancara di backstage. Album Musgraves, Golden Hour, dinobatkan sebagai Album of the Year dan Best Country Album.

Penyanyi R&B H.E.R berpendapat, banyaknya perempuan di nominasi serta jajaran pemenang adalah hal yang menginspirasi. Persaingan mereka pun jauh dari drama saling sikut atau sindir. ”Sebagai sesama perempuan, kami saling mendukung. Kami mewakili perempuan dari beragam latar belakang dan penampilan,” papar pemenang Best R&B Performance lewat lagu Best Part tersebut.

Dua Lipa yang mendapatkan Grammy pertamanya lewat kategori Best New Artist dalam pidato kemenangannya juga menyinggung soal itu. Dia merasa bangga bisa dinominasikan bareng penyanyi perempuan lainnya di kategori tersebut. ”Aku rasa, tahun ini kita benar-benar telah melangkah maju,” ucapnya.

Rapper Cardi B pun membikin heboh keriuhan pesta malam itu. Dia tercatat sebagai solois perempuan pertama yang mampu menyabet piala Best Rap Album lewat Invasion of Privacy. Plus, itu juga merupakan kemenangan Grammy pertamanya.

Pidato penerimaannya emosional. Dia mengenang, album Invasion of Privacy baru masuk tahap awal saat dirinya hamil. Mau tak mau, dia harus tetap bekerja keras agar albumnya selesai sebelum kehamilannya makin besar. ”Kami melalui malam yang panjang,” ucapnya, lalu terisak. Di panggung, dia ditemani suaminya, Offset.

Dari penampilan di panggung, mereka juga menampilkan tribute untuk penerima piala Person of the Year for MusiCares Dolly Parton serta mendiang Aretha Franklin. Musisi Diana Ross bahkan dapat kesempatan langka, merayakan ulang tahun ke-75 di panggung Grammys 2019. (USA Today/The Hollywood Reporter/Billboard/fam/c25/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Keren, Lagu Senorita Via Vallen Tembus 12 Juta Penonton di Youtube

Keren, Lagu Senorita Via Vallen Tembus 12 Juta Penonton di Youtube

Lagu berjudul 'Senorita Koplo Cover Version' yang dinyanyikan Via Vallen pada 10 Juli 2019 hingga saat ini telah ditonton lebih dari 12 juta.


Cinta Laura Pesan Lindungi Anak-anak

Cinta Laura Pesan Lindungi Anak-anak

Aktris Cinta Laura mengumumkan telah diangkat sebagai Duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.


Merinding, Wendy Cagur Alami Kejadian Mistis

Merinding, Wendy Cagur Alami Kejadian Mistis

Tayangan DENNY CAGUR TV edisi 15 Juli 2019 mengungkapkan hal yang membuat bulu kudu merinding.


Kasus Ikan Asin Dibawa ke Komnas Perempuan

Kasus Ikan Asin Dibawa ke Komnas Perempuan

Setelah melaporkan sang mantan suami, Galih Ginanjar, ke Polda Metro Jaya, Fairuz A. Rafiq kemudian mengadukan kasus ikan asin ke Komnas Perempuan.


27 Juli 2019, Siti Badriah Menikah

27 Juli 2019, Siti Badriah Menikah

Pedangdut Siti Badriah alias Sibad akan menikah pada 27 Juli 2019.


Glenn Fredly Ajak Musisi Benahi Tata Kelola Musik Indonesia

Glenn Fredly Ajak Musisi Benahi Tata Kelola Musik Indonesia

Pasca draft Undang-Undang (RUU) Permusikan dicabut dalam Program Legislasi Nasional (Proglenas) Prioritas 2019.


RUU Permusikan Resmi Dibatalkan

RUU Permusikan Resmi Dibatalkan

Setelah menuai penolakan dari ratusan musikus Tanah Air, akhirnya draf RUU Permusikan resmi ditarik dari Program Legislasi Nasional (Proglenas) Prioritas 2019.


Aura Kasih Lahirkan Anak Perempuan

Aura Kasih Lahirkan Anak Perempuan

Aura Kasih dan Eryck Amaral resmi menjadi orang tua. Aura telah melahirkan seorang bayi perempuan.


Mulan Jameela Minta Bilik Asmara

Mulan Jameela Minta Bilik Asmara

Enam bulan musisi Ahmad Dhani mendekam di balik jeruji besi akibat kasus ujaran kebencian.


Ifan Seventeen Gak Digerebek, Hanya Nongkrong

Ifan Seventeen Gak Digerebek, Hanya Nongkrong

Beredarnya Video Ifan Seventeen digerebek di sebuah apartemen bersama perempuan cantik menjadi perbincangan di media sosial.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!