Entertainment
Share this on:

Happy 90th Anniversary, Mickey!

  • Happy 90th Anniversary, Mickey!
  • Happy 90th Anniversary, Mickey!

JAKARTA - Happy 90th anniversary, Mickey Mouse! Tepat hari ini (18/11), 90 tahun lalu, maskot Walt Disney Company itu debut kemunculan lewat Steamboat Willie. Film pendek animasi pertama dengan synchronized sound yang dibuat Walt Disney dan Ub Iwerks.

Sejak saat itu karakter tikus yang punya empat jari di tangan kanan dan kiri tersebut menjadi kecintaan banyak orang di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia. Karena itu, untuk merayakan sembilan dekade kehadirannya, Mickey Mouse terbang dari Amerika Serikat ke Jakarta. Dia ’’mengajak’’ juga kekasihnya, Minnie Mouse.

Untuk kali pertama, Mickey dan Minnie mengenakan pakaian tradisional Indonesia. Mereka pakai baju adat Betawi. Mickey mengenakan baju sadariah atau baju koko, celana kain batik, dan selendang bercorak sama. Minnie memakai kebaya encim yang dipadu bawahan batik. Pita di kepala dan sepatunya pun pakai batik.

Motif batik yang dikenakan keduanya berbeda. Si Mickey pakai batik parang rusak dari Jogjakarta. Minnie tampil ceria dengan motif batik mega mendung Cirebon. Desain kostum tradisional itu merupakan hasil kerja sama Tim Disney Characters Programs and Development di Glendale, California, Amerika Serikat, dan Tim Disney Indonesia.

Director of Enterprise Franchise Management Walt Disney Company Dana Jones menjelaskan, perayaan 90 tahun Mickey memang memiliki konsep global celebration. Jadi, perayaannya diadakan di berbagai belahan dunia. ’’Ia merupakan karakter yang punya tempat di hati warga dunia dan menjadi fenomena atau ikon hiburan global,’’ ucap Jones via telekonferensi dengan Jawa Pos Kamis (8/11).

Indonesia, lanjut Jones, merupakan basis penggemar Disney terbesar di Asia Tenggara. Namun, harus ada penyesuaian agar perayaan itu bisa lebih dekat dengan masyarakat. ’’Kami ingin budaya lokal tetap terangkat lewat keberadaan Mickey dan Minnie dalam perayaan ini,’’ kata Jones. Karena itu, mereka menyiapkan kostum khusus.

Selama di Indonesia Mickey dan Minnie ’’mengunjungi’’ tempat ikonik di Jakarta. Bahkan, mereka melakukan sesi foto di Monumen Nasional (Monas). Disney memercayakan pemotretan khusus tersebut pada Rio Motret, fotografer kondang tanah air.

Foto di Monas berkonsep liburan. ’’Mereka berdua lagi jalan-jalan dan bersenang-senang di Monas,’’ jelas fotografer langganan selebriti Indonesia itu. Agar unsur tradisional lebih terasa, pasangan tikus imut tersebut memperagakan gerakan tari Betawi. Rio awalnya mau mengajak seorang penjual kerak telor di Monas sebagai salah satu unsur foto. ’’Tapi kayaknya nggak memungkinkan haha,’’ ujar Rio ketika ditemui di studionya pekan lalu.

Selama 90 tahun Mickey Mouse memang mengalami perubahan. Namun, Jones menegaskan, dirinya akan tetap mempertahankan value-nya. ’’Mickey menyimbolkan optimisme, kebahagiaan, dan hal-hal positif,’’ jelasnya. Dengan perayaan bernuansa lokal, Jones berharap nilai yang diwakili Mickey bisa diterima dengan lebih cepat pada hari jadinya.

Di Indonesia sendiri anniversary Mickey dirayakan dengan berbagai event. Salah satunya pergelaran Jakarta Fashion Week 2019 bulan lalu. Mereka berkolaborasi dengan desainer-desainer Indonesia. Rancangan para desainer yang terinspirasi Mickey Mouse itu diperagakan dalam pergelaran busana bertema Disney's Mickey Mouse: The True Original. Puncak perayaan berlangsung hari ini (18/11) pada event car free day di Jakarta. (len/c15/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Joe Taslim Bukan Pemeran Namor
Joe Taslim Bukan Pemeran Namor

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Augie Gemetar Happy Dikunjungi Pemain Lagi-lagi Ateng

Augie Gemetar Happy Dikunjungi Pemain Lagi-lagi Ateng

Suasana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salemba, Jakart Pusat, kemarin siang (8/1) penuh kekeluargaan dan rasa haru.


Pesta Kecil Ultah Pernikahan Lee Jeong-hoon

Pesta Kecil Ultah Pernikahan Lee Jeong-hoon

Makin banyak cara orang merayakan wedding anniversary. Misalnya, yang dilakukan pasangan selebriti Lee Jeong-hoon dan Monique ’’Moa’’ Octaviani.


Alia Happy Ada Baby

Alia Happy Ada Baby

Sarwendah dan Ruben Onsu tengah diliputi kebahagiaan menyambut kehadiran buah hati kedua.


Cathy Sharon Menikmati Kesendirian

Cathy Sharon Menikmati Kesendirian

CATHY Sharon terlihat ceria saat menghadiri show Disney’s Mickey Mouse: The True Original di Jakarta Fashion Week (JFW), Senayan City, Senin malam (22/10).


Dikarunia Anak Kedua

Dikarunia Anak Kedua

Aktris Happy Salma tengah berbahagia menyambut kehadiran buah hatinya.


Dibayar Rp939,9 Miliar untuk Bond 25

Dibayar Rp939,9 Miliar untuk Bond 25

Produser franchise James Bond begitu happy ketika Daniel Craig setuju kembali memerankan agen MI6 tersebut di installment ke-25.


Paramore Kembali setelah 6,5 Tahun

Paramore Kembali setelah 6,5 Tahun

Penggemar band rock asal Amerika Serikat, Paramore, silakan happy (dan berburu tiket).


Ada Blake saat Dinner Ultah Kendall Jenner

Ada Blake saat Dinner Ultah Kendall Jenner

Happy belated birthday, Kendall Jenner! Model yang pernah nampang di cover majalah Vogue itu berulang tahun ke-22 pada Jumat (3/11).


Begini Penampilan Terbaru Mita The Virgin

Begini Penampilan Terbaru Mita The Virgin

Personel grup musik The Virgin, Cameria Happy Pramitya atau Mitha The Virgin makin percaya diri bersolo karir tanpa Dara.


Sedikit Tidur, tapi Agnez Mo Happy

Sedikit Tidur, tapi Agnez Mo Happy

Energi Agnez Mo seakan tidak pernah habis untuk mengeluarkan proyek baru.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!