Entertainment
Share this on:

HBO Asia Hadirkan Legenda Wewe Gombel

  • HBO Asia Hadirkan Legenda Wewe Gombel
  • HBO Asia Hadirkan Legenda Wewe Gombel

Joko anwar.

JAKARTA - HBO Asia baru saja merilis trailer antologi horor terbaru mereka, Folklore. Antologi yang tayang pada Oktober mendatang itu terdiri atas enam episode yang masing-masing berupa film pendek horor. Film horor yang diangkat berasal dari cerita rakyat atau legenda lokal masyarakat Asia.

Enam episode Folklore berasal dari Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Singapura. Masing-masing episode diarahkan sineas dari masing-masing negara. Dari Indonesia, sutradara Joko Anwar turun tangan mengarahkan episode berjudul A Mother’s Love. Membaca judulnya, pasti langsung terlintas bayangan bahwa sosok ibu (Ayu Laksmi) di Pengabdi Setan, film horor arahan Joko yang sukses besar, akan datang lagi di serial Folklore.

Joko mengungkapkan bahwa sosok ibu di film tersebut sangat berbeda. ”Yang pasti, inspirasi saya adalah cerita tentang wewe gombel, makhluk halus yang suka menculik anak-anak,” urai Joko. Ide besarnya, lanjut dia, adalah fenomena atau kasus dari menghilangnya anak secara misterius.

Selain sebagai sutradara, Joko menjadi penulis skenario episode A Mother’s Love. Syuting dilakukan di Jakarta Pusat dan Selatan serta sudah selesai awal tahun ini. Sebagai bintang utama, ada aktris Marissa Anita dan aktor cilik pendatang baru Muzaki. A Mother’s Love berkisah tentang sebuah keluarga yang memiliki anak dan teror sosok misterius. Joko masih menyimpan detail cerita rapat-rapat meski trailer resmi beredar Selasa lalu (1/5).

Joko memberikan gambaran bahwa A Mother’s Love adalah horor dengan sentuhan drama. Ceritanya sangat emosional dan ada unsur sedihnya. Bahkan, saat screening bersama kru HBO, Joko menyebut beberapa kru menangis karena jalan cerita yang sedih.

Sebenarnya, Joko ingin membuat episode yang diilhami sosok makhluk halus lain. Menurut sutradara asal Medan itu, hantu terseram di Indonesia adalah kuntilanak dan tuyul. Sayang, dua sosok tersebut sudah keburu diambil sutradara Eric Khoo (Singapura) dan Ho Yuhang (Malaysia) untuk episode arahan mereka di Folklore. Akhirnya, Joko memilih membuat episode tentang wewe. Makhluk halus terseram setelah kuntilanak dan tuyul.

Bukan tanpa alasan Joko memilih kisah tentang hantu yang suka menculik anak. Joko mengungkapkan bahwa dirinya memiliki kegelisahan tersendiri soal sosok anak. ”Banyak keluarga yang memiliki anak hanya karena untuk memenuhi standar dari masyarakat,” ujar Joko. Alhasil, para orang tua tidak memiliki persiapan ketika si anak lahir sehingga cukup banyak anak telantar.

Setelah Pengabdi Setan sukses di pasaran, Joko ingin tetap konsisten dalam memilih ide cerita untuk film horornya. Alumnus Institut Teknologi Bandung itu ingin menyajikan kembali tema cerita seputar keluarga, secara khusus tentang orang tua, perempuan hamil, atau anak.

Berbagai film Joko sebelumnya juga selalu menampilkan peran ibu atau orang tua dan anak. Mulai Janji Joni (2005), Kala (2007), Pintu Terlarang (2009), Modus Anomali (2012), dan yang terakhir Pengabdi Setan. ”Saya tetap ingin menunjukkan ciri khas saya dengan cara yang variatif,” katanya.

Joko menambahkan, film-filmnya sering mengangkat perempuan sebagai tokoh sentral. Dalam A Mother’s Love, sosok Marissa berperan penting dalam keberlangsungan cerita. ”Saya orangnya feminis dan ingin agar tokoh perempuan lebih aktif,” ujar sutradara 41 tahun itu.

Keterlibatan Joko dalam serial horor HBO Asia bukanlah yang pertama. Sutradara A Copy of My Mind itu sempat menjadi sutradara dan penulis untuk musim pertama serial horor Halfworlds. Kecintaan Joko pada film horor dan legenda Asia menjadi motivasinya untuk terlibat dalam proyek tersebut.

Setelah sukses membangkitkan kembali film horor di negeri sendiri, Joko menjadikan proyek Folklore untuk kembali memperkuat genre horor. ”Di Indonesia sudah, sekarang waktunya mengibarkan horor Indonesia ke tingkat Asia, lalu dunia,” ucapnya. (len/c17/nda/jpg)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

The Kid Who Would Be King: Anak SD Jadi Calon Raja

The Kid Who Would Be King: Anak SD Jadi Calon Raja

Tentu banyak orang yang tahu tentang legenda Excalibur. Pedang tersebut tertancap kuat di batu.


Love Fest Vol. 3 Hadirkan Sembilan Konser

Love Fest Vol. 3 Hadirkan Sembilan Konser

Siapa yang kangen penampilan Gigi atau Maliq & D’Essentials dalam formasi awal?


Legenda Antagonis Torro Margens Berpulang

Legenda Antagonis Torro Margens Berpulang

Kabar duka kembali datang dari dunia perfilman Indonesia.


Menang Miss Universe, Wujudkan Prediksi Pageant Lover

Menang Miss Universe, Wujudkan Prediksi Pageant Lover

Filipina meneguhkan status sebagai negara terkuat di Asia dalam bidang kontes kecantikan.


Nicolas Cage: Asia Masa Depan Industri Film

Nicolas Cage: Asia Masa Depan Industri Film

Nicolas Cage (54). Mendengar namanya, ingatan orang tentangnya bisa berbeda-beda.


Jelang Final, Wilda Raih Miss Supramodel Asia

Jelang Final, Wilda Raih Miss Supramodel Asia

Wakil Indonesia dalam ajang Miss Supranational 2018, Wilda Octaviana Situngkir, mendapat modal positif menjelang malam puncak pada 7 Desember.


The Sacred Riana Main Film

The Sacred Riana Main Film

Kesuksesan The Sacred Riana menjuarai Asia’s Got Talent dan menjadi peserta America’s Got Talent membuat banyak orang penasaran.


Princess Cruises Hadirkan Nonton di Tengah Laut Beratap Langit

Princess Cruises Hadirkan Nonton di Tengah Laut Beratap Langit

Penikmat film makin dimanjakan dengan kehadiran Sky Princess. Sebuah kapal mewah milik PrincessCruises bakal singah ke Indonesia.


Bikin Sensasi di Majalah Hits Perancis

Bikin Sensasi di Majalah Hits Perancis

Juara World Music Award®, juri Asia’s Got Talentdan Goodwill Ambassador United Nations, Anggun tampil di sampul edisi bulan ini dari majalah Perancis.


Westworld Season 2 Mulai Tayang Hari Ini

Westworld Season 2 Mulai Tayang Hari Ini

Pagi ini (24/4) musim kedua Westworld dimulai. Serial HBO tersebut kembali menyapa fansnya setelah lebih dari setahun absen.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!