Entertainment
Share this on:

Hoax Tayang setelah 5 Tahun

  • Hoax Tayang setelah 5 Tahun
  • Hoax Tayang setelah 5 Tahun

JAKARTA - Lama benar Hoax tersimpan di ruang produksi. Juga, jalan-jalan di berbagai festival film mancanegara. Lebih dari lima tahun setelah diproduksi, film yang dibintangi Vino G. Bastian, Tora Sudiro, Tara Basro, dan Jajang C. Noer itu akhirnya bisa dinikmati moviegoers Indonesia hari ini (1/2).

Senin (29/1) dua cast utamanya, Vino dan Tora, berkunjung ke redaksi Jawa Pos. Dengan bersemangat, mereka menceritakan keseruan film tersebut. Hoax mengisahkan keluarga dengan tiga anak. Yakni, Raga (Tora), Ragil (Vino), dan Adek (Tara).

Masing-masing menyimpan rahasia dan keganjilan. Raga bermasalah dengan pacar dan mantan kekasih, Ragil tentang interaksinya dengan bapak, dan Adek punya problem dengan ibu. ’’Menuju akhir film, layer-layer kebohongan itu mulai terungkap,’’ kata Vino.

Judul Hoax merujuk pada fenomena sosial belakangan ini. Banyak berita yang tidak bisa dikonfirmasi beredar dan ditelan mentah-mentah oleh masyarakat. Bahkan disebarluaskan. ’’Ada pesan untuk tidak mudah memercayai sesuatu sebelum cross check dari berbagai sisi,’’ kata Tora.

Yang tidak kalah unik, film besutan Ifa Isfansyah tersebut mengusung tiga genre sekaligus. Yakni, drama, thriller, dan ada bumbu komedinya. Proses penceritaan dan situasi dalam film membuat unsur drama menjadi thriller, lalu komedi tanpa mengubah alur dan benang merahnya.

’’Buat saya, ini salah satu karya terbaik Ifa,’’ ucap Vino.

Diproduksi pada pertengahan 2012, Hoax awalnya diberi judul Rumah dan Musim Hujan. Oleh Ifa, film tersebut memang ditujukan untuk mengikuti festival. Di bawah judul itu (atau One Day When the Rain Falls di luar negeri), dia sudah diputar di beberapa festival film.

Di antaranya, Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2012 dan Rotterdam International Film Festival 2013. Juga, Southeast Asian Film Festival 2013 di Singapura.

Ketika diputuskan tayang secara komersial, Rumah dan Musim Hujan menjalani proses re-editing dan judulnya diganti Hoax. Di festival, kata Vino, fase film sedikit lebih lambat. ’’Karena tayang komersial, editing dibikin lebih simpel. Ada penyesuaian-penyesuaian,’’ lanjut aktor 35 tahun itu.

Senin malam (29/1) dilangsungkan press screening di XXI Kemang Village, Jakarta. Untuk kali pertama, Vino dan Tora menyaksikan Hoax dalam versi nonfestival. Menurut Vino, inti ceritanya masih sama dengan Rumah dan Musim Hujan.

Hanya ada beberapa bagian yang dipotong karena sensor. Namun, mereka menuturkan bahwa makna ceritanya tidak berubah. Gaya penceritaan unik dengan ending yang terbuka membebaskan penonton untuk mengambil kesimpulan sendiri, siapa yang berbohong? (nor/c15/na/jpg)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Besok, Aquaman Mulai Tayang di Indonesia

Besok, Aquaman Mulai Tayang di Indonesia

Aquaman akhirnya dirilis! ’’Anak tunggal’’ Warner Bros. dan DC Comics untuk 2018 tersebut ditayangkan kali pertama di Tiongkok pada 7 Desember.


Dipanggil Kinos Mandul, Nycta Ngambek

Dipanggil Kinos Mandul, Nycta Ngambek

Setelah menikah, Nycta Gina biasa dipanggil Ibun oleh sang suami, Rizky Kinos.


Augie Kirim Surat dari Penjara

Augie Kirim Surat dari Penjara

Menghidupkan kembali karakter Ateng dan Iskak dalam situasi modern, film Lagi-Lagi Ateng siap tayang pada 10 Januari 2019.


Priyanka Chopra-Nick Jonas Resmi Jadi Suami Istri

Priyanka Chopra-Nick Jonas Resmi Jadi Suami Istri

Priyanka Chopra (36) dan Nick Jonas (26) resmi menikah. Pernikahan pasangan Prick itu berlangsung empat bulan, setelah mereka bertunangan Juli lalu.


Siapkan Tiga Film dalam Tiga Tahun

Siapkan Tiga Film dalam Tiga Tahun

Hampir dua dekade berkarir di industri film sebagai aktris, Dian Sastrowardoyo siap melebarkan sayap dengan berkarya di balik layar sebagai produser.


Ibunda Roger Danuarta Tutup Usia

Ibunda Roger Danuarta Tutup Usia

Pesinetron Roger Danuarta berduka. Sang ibu, Engnawati Atmadja, meninggal, Jumat lalu (23/11) lalu, di usia 63 tahun.


Happy 90th Anniversary, Mickey!

Happy 90th Anniversary, Mickey!

Happy 90th anniversary, Mickey Mouse! Tepat hari ini (18/11), 90 tahun lalu, maskot Walt Disney Company itu debut kemunculan lewat Steamboat Willie.


Payung Teduh Buat OST Ralph Breaks the Internet

Payung Teduh Buat OST Ralph Breaks the Internet

Kehilangan vokalis Mohammad Istiqamah Djamad alias Is awal tahun ini, Payung Teduh tak lantas berhenti berkarya.


Stan Lee Wariskan Dirt Man

Stan Lee Wariskan Dirt Man

Tidak semua superhero mengenakan jubah. Salah satunya adalah Stan Lee, pencipta karakter superhero Marvel yang wafat di usia 95 tahun.


Pacar Muzdalifah Lebih Muda 15 Tahun

Pacar Muzdalifah Lebih Muda 15 Tahun

Mantan istri pedangdut Nassar, Muzdalifah, menghadiri Silet Awards 2018 di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, dengan ditemani seorang pria muda dan tampan.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!