Entertainment
Share this on:

Kado Film Pendek Terbaik di Venesia

  • Kado Film Pendek Terbaik di Venesia
  • Kado Film Pendek Terbaik di Venesia

VENESIA - Indonesia tidak kekurangan bakat di bidang perfilman. Sabtu malam (8/9), film pendek karya sutradara Aditya Ahmad, Kado, berjaya di Venice International Film Festival (VIFF) 2018. Film dengan judul bahasa Inggris A Gift itu meraih penghargaan sebagai film pendek terbaik di kompetisi Orizzonti. Kado berhasil menyisihkan 13 film pendek dari berbagai negara.

Dalam film berdurasi 15 menit tersebut, Adit mengangkat kisah persahabatan Isfi (Isfira Febiana) dan Nita (Anita Aksari). Isfi ingin memberikan kejutan spesial di hari ulang tahun Nita. Dia ingin melakukannya di dalam kamar Nita. Namun, untuk itu, Isfi harus mengenakan hijab. Penampilannya yang tomboi membuat keluarga Nita sulit mengizinkannya masuk ke rumah.

Menurut Adit, Kado mengangkat tema identitas diri. ’’Bagaimana manusia memaknai eksistensi mereka dalam hidup,” ujar Adit saat dihubungi pada Minggu siang (9/9). Dia juga ingin menunjukkan bahwa manusia bisa menjadi kado atau hadiah bagi sesamanya.

Inspirasi itu datang dari pengalaman pribadi Adit dan Isfi. Keduanya sedang berada dalam fase krisis identitas menjelang sang sutradara mencari ide film.

Keikutsertaan Adit dalam VIFF tak terlepas dari campur tangan Mira Lesmana, produser film. Menurut Mira, sutradara 29 tahun itu punya bakat menjanjikan. Apalagi, Adit berpengalaman menjadi asisten sutradara Riri Riza dalam film Athirah dan Ada Apa dengan Cinta? 2 pada 2016. ’’Saya minta dia bikin karya lagi,” ujar Mira.

Adit pun mulai membuat film. Idenya muncul tahun lalu dan dieksekusi awal tahun ini. Seluruh proses syuting dilakukan di Makassar dengan talent lokal. Setelah didaftarkan Mira pada Juli, sebulan kemudian Kado lolos seleksi.

Saat pemutaran film, Adit dan Mira sama sekali tidak diberi tahu hasil akhir kompetisi. Namun, Adit sempat mendapat brifing dari panitia. Dia diminta bersiap jika namanya dipanggil. ’’Saya pikir, semua peserta kompetisi juga mendapat brifing,” ujarnya.

Rupanya, hanya nama Adit yang dipanggil. Kado berhasil memenangi kompetisi film pendek. ’’Kaget, nggak percaya, sekaligus senang. Masak sih bisa menang di antara karya-karya bagus lainnya,” kata Adit antusias. Bahkan, aktris Naomi Watts yang hadir malam itu mengucapkan selamat secara langsung.

Sebelumnya, pada 2014, Adit sempat membuat film pendek. Judulnya Sepatu Baru, yang dibuat untuk syarat kelulusan dari Institut Kesenian Makassar. Ternyata, film itu berhasil mendapat respons positif. Yakni, Special Mention kategori Generation Kplus dalam ajang Berlinale, festival film internasional di Berlin.

Berkat kemenangannya, Adit semakin termotivasi untuk berkarya. Jika ada kesempatan, bukan tidak mungkin dia akan membuat Kado ke versi film panjang. ’’Saya juga punya rencana untuk membuat sebuah film panjang lain,” ujar pria yang berprofesi sebagai freelance director di Miles Films itu. (len/c7/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Suami Jago Asuh Anak
Suami Jago Asuh Anak

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Cerita Pilu Asih Terbawa sampai Mati

Cerita Pilu Asih Terbawa sampai Mati

Buat para penggemar Danur, sosok Asih (Shareefa Daanish) di film pertama scene stealer banget. Serem-nya itu, lho.


Naik Kelas Perankan Ateng

Naik Kelas Perankan Ateng

Augie Fantinus mendapat tantangan berat. Dia dipercaya memerankan karakter pelawak legendaris Ateng dalam film Lagi-Lagi Ateng.


Mata Cintanya Ikut Terbuka

Mata Cintanya Ikut Terbuka

Angel Karamoy, 31, main film horor. Judulnya Rava. Sutradaranya Jose Poernomo, kekasihnya.


Sophia Latjuba Jadi Bunda Alam

Sophia Latjuba Jadi Bunda Alam

Aktris Sophia Latjuba tak henti mengembangkan bakatnya. Selain aktif bermain film, ibu Eva Celia itu berkiprah di panggung teater.


Luna Maya Jadi Suzzanna

Luna Maya Jadi Suzzanna

Ratu film horor Indonesia Suzzanna dihadirkan lagi. Aktris yang berkarir mulai 1950 itu memang sudah tutup usia.


Pasangan Awet, Pacar Tak Cemburu

Pasangan Awet, Pacar Tak Cemburu

Jefri Nichol dan Amanda Rawles seolah tidak bisa dipisahkan. Keduanya selalu menjadi pasangan sejak 2017 di film.


Dilan 1991 Mulai Syuting November

Dilan 1991 Mulai Syuting November

Pemeran Milea dalam film Dilan 1990, Vanesha Prescilla belum lama ini memotong rambut panjangnya.


The Sacred Riana Main Film

The Sacred Riana Main Film

Kesuksesan The Sacred Riana menjuarai Asia’s Got Talent dan menjadi peserta America’s Got Talent membuat banyak orang penasaran.


Princess Cruises Hadirkan Nonton di Tengah Laut Beratap Langit

Princess Cruises Hadirkan Nonton di Tengah Laut Beratap Langit

Penikmat film makin dimanjakan dengan kehadiran Sky Princess. Sebuah kapal mewah milik PrincessCruises bakal singah ke Indonesia.


Pemain Bumi Manusia Melebihi Ekspektasi

Pemain Bumi Manusia Melebihi Ekspektasi

Tiga setengah bulan setelah pengumuman cast film Bumi Manusia, akhirnya foto adegan dirilis.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!