Entertainment
Share this on:

Kanker Pankreas, Joe Jackson Tutup Usia

  • Kanker Pankreas, Joe Jackson Tutup Usia
  • Kanker Pankreas, Joe Jackson Tutup Usia

Joe Jackson. (reuters)

LAS VEGAS - Dunia musik berduka. Manager, ayah, sekaligus pencetus band keluarga Jackson 5, Joe Jackson, tutup usia pada Rabu (27/6) waktu setempat. Pria berusia 89 tahun itu meninggal setelah sepekan dirawat lantaran fase terminal kanker pankreas. Kabar duka tersebut diungkap kali pertama oleh John Branca dan John McClain, perwakilan Michael Jackson Estate, lewat pernyataan tertulis.

”Kami amat terpukul atas kepergian Jackson dan menyampaikan belasungkawa kepada Katherine Jackson serta keluarga. Kami telah menjalin hubungan hangat dengan Joe beberapa tahun terakhir dan akan sangat merindukannya,” ucapnya. Pihak keluarga menyatakan kehilangannya di Twitter. Misalnya, yang dilakukan anak kelima Joe, LaToya, dan cucunya, Taj.

Joe merupakan sosok kunci dalam kesuksesan Jackson 5. Dia pulalah yang mengorbitkan Michael dan Janet sebagai solois. Pria yang merupakan mantan petinju itu dikenal keras dalam mendidik anaknya. Sejak kecil, anaknya ditatar bak musisi profesional.

”Aku minta mereka memanggilku Joseph (nama depan Joe, Red), bukan father atau dad,” katanya sebagaimana dikutip Entertainment Weekly.

Kecintaannya pada musik pun ditularkan kepada anak-anaknya sejak kecil. Maklum, di era 1950-an, Joe merupakan gitaris sekaligus sub-vocalist The Falcons, band blues yang berbasis di Chicago. Tiga putranya, yakni Jackie, Tito, dan Jermaine, juga dilatih bernyanyi sambil memainkan instrumen musik. Mulai gitar, bas, keyboard, hingga drum.

”Aku dan istriku sering bertengkar karena aku membeli alat musik baru yang mahal. Ketika istrimu adalah ibu yang baik, tentu dia bakal marah,” kenangnya. Joe pun cukup keras saat mendidik anak-anaknya bermusik.

Dalam wawancara dengan Oprah Winfrey pada 1993, Michael Jackson kala itu menceritakan bahwa ayahnya tidak sungkan menghukumnya secara fisik jika dirinya melakukan kesalahan. Michael yang bergabung dengan Jackson 5 sejak usia 6 tahun bahkan sangat ketakutan pada ayahnya.

”Tatapannya saja bakal membuatmu ngeri. Kadang, saat dia menghampiriku, aku merasa mual dan nyaris muntah,” ungkapnya. Joe pun tidak sungkan mengakui ”kekerasannya” dalam melatih anak-anaknya. ”Aku pernah mencambuknya (Michael, Red), tapi tidak pernah memukulnya,” ucapnya saat diwawancara BBC pada 2003.

Meski begitu, Joe mempunyai otak bisnis yang cemerlang. Karir Jackson 5 melejit pada akhir 1960-an setelah meneken kontrak dengan label rekaman Motown. Mereka sukses merilis deretan single hit seperti I Want You Back, ABC, hingga I'll Be There. Pada 1970 hingga 1980-an, Michael dan Janet pun dapat sorotan sebagai solois.

Pada momen itulah, anak-anaknya perlahan ”meninggalkannya”. Bagitu sukses dengan album Thriller pada 1982, Michael memilih bergabung dengan manajemen baru. Dia wafat pada 25 Juni 2009. Demikian juga Janet yang menyatakan ”merdeka” pada 1986 dengan rilis single Control.

Meski demikian, buat pihak keluarga, Joe tetaplah sosok yang membanggakan. Taj, cucu dari anak ketiga Joe, Tito, menyatakan bahwa kakeknya adalah orang yang penyayang. ”Muak dengan komentar tentang kakekku Joe dari orang-orang yang bahkan enggak mengenalnya. Joe DICINTAI oleh seluruh keluarga dan kini hati kami remuk karena kepergiannya. Biarkan kami berduka,” tegasnya lewat Twitter. (CBS/EW/fam/c20/nda/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Jared Leto Perankan Morbius
Jared Leto Perankan Morbius

Berita Sejenis

Agung Hercules Akan Jalani Pengobatan Alternatif

Agung Hercules Akan Jalani Pengobatan Alternatif

Banyak yang tidak tahu, Agung Hercules kurang lebih selama setahun ini tengah berjuang melawan sakit kanker otak stadium empat.


Ayah Dewi Perssik Tutup Usia

Ayah Dewi Perssik Tutup Usia

Ayah Dewi Perssik, Mochammad Adil menghembuskan nafas terakhir di RS Siloam, Semanggi, Jakarta Selatan, Minggu (9/6), pukul 14.32 WIB.


Penulis Naskah Spider Man Meninggal Dunia

Penulis Naskah Spider Man Meninggal Dunia

Hollywood kembali kehilangan talenta bertangan dingin. Penulis naskah Alvin Sargent meninggal dunia di usia 92, Kamis (9/5), di rumahnya di Seattle.


Tutup Aurat Selama Ramadan

Tutup Aurat Selama Ramadan

Ramadan tahun ini ada yang berubah pada diri Dinar Candy. Selama sebulan penuh dia mengaku akan mengenakan hijab dan menolak semua tawaran di dunia DJ.


Cinta Penelope Divonis Kanker Stadium 3

Cinta Penelope Divonis Kanker Stadium 3

Pedangdut Cinta Penelope tengah mendapat ujian dan cobaan berupa sakit.


Mus Mulyadi Buaya Keroncong Tutup Usia

Mus Mulyadi Buaya Keroncong Tutup Usia

Musisi keroncong senior Mus Mulyadi atau dijuluki 'Buaya Keroncong' meninggal dunia hari ini, Kamis (11/4) kemarin.


Film Sedang Tayang di Bioskop

Film Sedang Tayang di Bioskop

Di usia remaja, Ahok harus meninggalkan Belitung dan hidup mandiri di Jakarta.


Ibunda Roger Danuarta Tutup Usia

Ibunda Roger Danuarta Tutup Usia

Pesinetron Roger Danuarta berduka. Sang ibu, Engnawati Atmadja, meninggal, Jumat lalu (23/11) lalu, di usia 63 tahun.


Joe Taslim Bukan Pemeran Namor

Joe Taslim Bukan Pemeran Namor

Para penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU) penasaran. Pasalnya, sebuah poster diunggah aktor Joe Taslim ke akun Instagram-nya pada Jumat (16/11).


Stan Lee Wariskan Dirt Man

Stan Lee Wariskan Dirt Man

Tidak semua superhero mengenakan jubah. Salah satunya adalah Stan Lee, pencipta karakter superhero Marvel yang wafat di usia 95 tahun.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!