Entertainment
Share this on:

Misi Perdamaian di Musik Etnik dan EDM

  • Misi Perdamaian di Musik Etnik dan EDM
  • Misi Perdamaian di Musik Etnik dan EDM

JAKARTA - Penyanyi Winda Saskia tak pernah berhenti mengekplore kemampuannya bermusik. Setelah sebelumnya mencuri perhatian lewat single bergenre dangdut berjudul Disitu kau merasa sedih. Kali ini, Winda sapaan akrabnya mengkolaborasikan alat musik Sasando dengan electronic dance music (EDM).

Bersama label Oka Music Entertainment (OME). Winda-sapaan akrabnya,- menyebutnya sebagai WinSas project. ?WinSas ini bisa berarti Winda Saskia atau Winda Sasando,? ujarnya saat jumpa pers di Pizza Caf? Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/9).

Minimnya penggunaan alat musik Sasando ditengah industri musik menjadi alasan penyanyi berusia 30 tahun menjatuhkan pilihannya pada alat musik asal daerah NTT. ?Kalau tidak dilestarikan, sasando bisa punah, dan hanya segelentir orang yang bisa memainkan alat musik itu,? katanya.

Sebagai salah satu bukti keseriusannya, Winda berduet dengan pemain Sasando, yakni Gaspar Araja dan DJ Sheila Marcia. Mereka melantunkan sejumlah lagu yang terdengar menarik ditelingga. ?Menggabungkan musik EDM dengan musik daerah itu seru. Apalagi Sasando dari NTT yang enak banget bunyinya. Kami sekaligus pengin mengangkat budaya tanah air,? jelasnya.

Lewat project ini, Winda pun mencoba untuk membawa misi perdamaian. Misi ini seiring dengan bergabungnya Winda di label Oka Music Entertainment (OME). ?OME ini menjadi wadah bagi talenta Timur Leste untuk terjun ke industri musik Indonesia,? ujar Winda yang dipercaya sebagai duta kesenain timor leste itu.

Sementara itu Sheila mengatakan, dia mau terlibat dalam kolaborasi ini karena menghadirkan konsep yang unik. Sebab WinSas Project menghadirkan karya yang menggabungkan musik electronic dance music (EDM) dengan musik etnik daerah yakni sasando.

?Saya nilai tarawan ini membuat bangga. Apalagi EDM dikolaborasikan dengan musik daerah,? kata ibu dua anak itu.

Pemain film Tentang Cinta itu mengatakan bahwa mereka tidak menemui hambatan berarti saat mengkolaborasikan ide dalam menampilkan lagu yang punya sentuhan EDM dan Sasando.

Setiap instrumen dihadirkan dengan porsi yang pas, termasuk adanya suara nyanyian dari Winda Saskia. Salah satunya terjadi saat ketiganya mengaransemen ulang lagu Betawi berjudul Hujan Gerimis milik Benyamin Sueb. ?Hasil lagunya karena ada musik EDM dam Sasandonya pasti ngga kalah sama musik dunia. Ternyata lebih asyik mainnya,? jelas Sheila Marcia.

Sebagaiman diketahui Oka Music Entertainment adalah label yang berasal dari Timor Leste. Didirikan oleh Oka Rudal, label ini ingin terus menjalin hubungan baik dengan musisi Indonesia. Sejumlah musisi dari Timor Leste sudah bergabung dengan label itu. (ash/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Bahagia, Syahrini Nyesel Telat Nikah

Bahagia, Syahrini Nyesel Telat Nikah

Penyanyi Syahrini bercerita banyak keindahan dan kebahagiaan setelah menikah.


Belum Seminggu Cerai, Nikita Mirzani Ngaku Pacari Bule Muda

Belum Seminggu Cerai, Nikita Mirzani Ngaku Pacari Bule Muda

Seminggu kurang pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai Nikita Mirzani dan Dipo Latief


Kehilangan Bayi Kembar, Bagaimana Kabar Irish Bella?

Kehilangan Bayi Kembar, Bagaimana Kabar Irish Bella?

Pasangan artis Irish Bella dan Ammar Zoni berduka lantaran harus kehilangan bayi kembar mereka, Minggu (6/10).


Soal Nafkah Anak, Nikita Mirzani Kembali Sindir Dipo Latief

Soal Nafkah Anak, Nikita Mirzani Kembali Sindir Dipo Latief

Aktris Nikita Mirzani yakin jika mantan suaminya, Dipo Latief tidak sanggup memberikan nafkah untuk dirinya dan sang anak.


Iis Dahlia Lega Uang Ratusan Juta Diganti

Iis Dahlia Lega Uang Ratusan Juta Diganti

Pedangdut Iis Dahlia hatinya merasa lega, dan sudah bisa tersenyum lebar.


Pamit dari Dunia TV, Atta Halilintar Fokus ke Musik

Pamit dari Dunia TV, Atta Halilintar Fokus ke Musik

Atta Halilintar mengumumkan undur diri dari dunia pertelevisian Indonesia untuk sementara waktu.


Pasal Ganja, Artis Lenong Masuk Bui

Pasal Ganja, Artis Lenong Masuk Bui

Belum kelar kasus pelawak Nunung yang menjadi pesakitan lantaran memiliki dan mengonsumsi sabu, kini Rivat Umar (26) terseret dengan kasus sama, narkoba.


Zaskia Sungkar Parno Demo Anarkis

Zaskia Sungkar Parno Demo Anarkis

Demontrasi yang terjadi selama sepekan lebih itu terkait penolakan RUU KUHP dan revisi UU KPK punya cerita tersendiri bagi Zaskia Sungkar.


Cinta Laura Benci Demo Anarkis

Cinta Laura Benci Demo Anarkis

Penyanyi, aktris, dan model Cinta Laura angkat suara terkait demontrasi penolakan UU KPK dan RUU KUHAP yang tidak kunjung berhenti.


Diblokir Gigi, Jessica Iskandar Sudah Ikhlas

Diblokir Gigi, Jessica Iskandar Sudah Ikhlas

Tiga tahun sudah berlalu, dan nomor handphone Jessica Iskandar masih diblokir oleh Nagita Slavina, karena kesalahpahaman.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!