Entertainment
Share this on:

Mother! Langsung Lesu di Box Office

  • Mother! Langsung Lesu di Box Office
  • Mother! Langsung Lesu di Box Office

Jennifer Lawrence dan Javier Bardem. (reuters/Alessandro Bianchi)

LOS ANGELES - Apa yang salah dari mother!? Semua bintangnya kelas Oscar, favorit fans pula! Jennifer Lawrence dan Javier Bardem plus Ed Harris dan Michelle Pfeiffer.

Film mother! disutradarai Darren Aronofsky yang bikin kita terkagum-kagum dengan thriller psikologis yang masuk nomine film terbaik Oscar, Black Swan (2010). Film mother! yang dibuat dengan gaya serupa (ditambah nuansa horor klasik Rosemary Baby) gagal memikat penonton. Film itu diganjar skor F di CinemaScore!

Skor F didapat dari hasil voting penonton di Amerika Utara dan Kanada setelah penayangan perdana pada Jumat (15/9). Penonton mengisi ballot yang terdiri atas enam pertanyaan. Seperti nilai di rapor, kalau A berarti sangat bagus, sedangkan F adalah bencana.

(Skor) A itu umumnya baik, B umumnya masih goyah, dan C itu buruk. D dan F, hmm, mereka seharusnya tidak membuat film, kata Ed Mintz, founder CinemaScore, pada 2016 dilansir dari Entertaiment Weekly.

Sebelum ditayangkan untuk umum, mother! telah diputar di Venice dan Toronto Film Festivals pada awal September lalu. Kritikus rata-rata menyukainya. Rotten Tomatoes memberi predikat fresh dan rating 68 persen. Metacritic memberikan rating lebih tinggi, yakni sampai 75.

Namun apa daya, bukan kritik yang menentukan box office. Skor buruk CinemaScore membuat mother! hanya menuai USD 3,1 juta (Rp41 miliar) di hari pertama. Selama weekend, ia diprediksi hanya mengantongi paling tinggi USD 8 juta atau Rp105,9 miliar.

Itu sepertinya akan menjadi portofolio karir Lawrence yang paling buruk. Film horor pertamanya, The House at the End of the Street (2012), mendapatkan USD 12,3 juta di akhir pekan pertama.

Ini kasus yang menarik. Ada kesenjangan antara kritikus yang cukup menerima film dan penonton yang secara kolektif memberi mother! nilai terendah, kata Paul Degarabedian, analis media senior ComScore. Dergarabedian ingat, ketika trailer pertama dirilis pada 7 Agustus lalu, fans kompak menanti-nanti film tersebut.

Tetapi, trailer itu tampaknya juga jadi sumber masalah. Ada kemungkinan penonton merasakan sensasi berbeda antara trailer dan film sesungguhnya. Karena itu, mereka langsung memberikan skor terendah. Di sisi lain, Vanity Fair menyebutkan bahwa mother! mendapat skor F karena dinilai membingungkan dan bahkan membuat penonton kurang nyaman.

Film tersebut mengisahkan pasangan yang diperankan Lawrence dan Bardem. Tidak ada latar belakang yang menjelaskan nama dan tempat tinggal mereka. Pokoknya, setting-nya di sebuah rumah di kota kecil. Bardem adalah penyair yang karyanya sedang macet, sedangkan Lawrence terobsesi memperbaiki rumah mereka yang pernah terbakar beberapa tahun sebelumnya.

Kehidupan tenang mereka berubah setelah kedatangan suami-istri yang diperankan Ed Harris dan Michelle Pfeiffer. Lalu, disusul juga anak-anak mereka dan orang-orang lain. Gangguan berubah menjadi teror. Teror pun berubah menjadi usaha pembunuhan. Premis yang sebenarnya menjanjikan itu adalah ide liar Aronofsky.

Aku fans berat Darren. Waktu dia menceritakan gagasan yang berenang-renang di kepalanya, aku langsung tertarik, ungkap Lawrence saat menghadiri premiere di Los Angeles pekan lalu. Setelah membaca naskahnya, langsung aku banting ke lantai. Menurutku, dia punya masalah psikologis. Sakit. Tapi, ini masterpiece, pujinya.

Well, setidaknya, jika ingin menikmati akting bintang The Hunger Games itu, mother! masih layak masuk daftar must watch movie pekan ini. (adn/c20/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Gading-Gisel Diupayakan Pisah Baik-Baik

Gading-Gisel Diupayakan Pisah Baik-Baik

Sejak kabar gugatan cerai yang dilayangkan Gisella Anastasia kepada Gading Marten mencuat pekan lalu, banyak yang menunggu kehadiran langsung mereka berdua.


Langsung Pamit, Bukan Izin

Langsung Pamit, Bukan Izin

Dua hingga tiga tahun belakangan, aktor dan produser Darius Sinathrya menekuni hobi bermotor.


Liburan, Drac ke Puncak Box Office

Liburan, Drac ke Puncak Box Office

Seru-seruan Drac dan kawan-kawan saat liburan musim panas membawa ’’oleh-oleh’’ manis, puncak box office domestik di Amerika Utara pekan ini.


Pacaran Tiga Pekan, Langsung Tunangan

Pacaran Tiga Pekan, Langsung Tunangan

Move on ala Ariana Grande ini sungguh tak tanggung-tanggung.


A Quiet Place Geser Ready Player One

A Quiet Place Geser Ready Player One

A Quiet Place melesat ke posisi pertama box office domestik Amerika Utara pekan ini.


Semua karena Spielberg

Semua karena Spielberg

Prediksi bahwa Ready Player One memuncaki box office akhir pekan Paskah dengan mudah menjadi kenyataan.


Black Panther Sudah Kumpulkan Rp9,6 Triliun

Black Panther Sudah Kumpulkan Rp9,6 Triliun

Tidak mudah bagi sebuah film bercokol lebih dari satu pekan di puncak box office. Tapi, seperti diduga, Black Panther dengan mudah melakukannya.


Black Panther Bisa Langsung Dapat Rp2,2 Triliun

Black Panther Bisa Langsung Dapat Rp2,2 Triliun

Ulasan positif dan rating apik membuat banyak kritikus optimistis Black Panther bisa mengumpulkan pendapatan fantastis di akhir pekan perdana penayangannya.


12 Strong Tantang Jumanji

12 Strong Tantang Jumanji

Sudah terlalu lama Jumanji: Welcome to the Jungle menguasai box office.


Sekuel Jumanji Lebihi Ekspektasi

Sekuel Jumanji Lebihi Ekspektasi

Libur Natal dan tahun baru menjadi kado indah bagi Star Wars: The Last Jedi. Pekan ini, film arahan Rian Johnson itu masih merajai box office.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!