Entertainment
Share this on:

Musisi Tersentuh Cahaya dalam Sunyi

  • Musisi Tersentuh Cahaya dalam Sunyi
  • Musisi Tersentuh Cahaya dalam Sunyi

JAKARTA - Menjelang Idul Fitri 1439 H, Quran Indonesia (ID) Project memproduksi lagu dan dua klip video bertajuk Cahaya dalam Sunyi. Yang istimewa, untuk lagu tersebut 33 musisi dilibatkan bersama komunitas tuli. Lirik Cahaya dalam Sunyi dibuat Archie Wirija dan Rilla Lusiana serta Ifa Fachir sebagai penulis notasi dan penata musik.

Archie yang merupakan founder Quran ID Project menuturkan, di tahun keempat ini mereka mengusung tema #QuranIDprojectISYARAT. Berangkat dari pemikiran bagaimana agar teman-teman tuli bisa merasakan indahnya momen takbiran saat Idul Fitri.

Pembuatan lagu relatif singkat. Idenya baru muncul pertengahan Maret. Lalu, lagunya dibuat awal April. Liriknya mewakili suara hati teman tuli. ”Kami bekerja paralel. Archie dan Rilla nulis lirik. Saya bikin musiknya. Alhamdulillah, waktu disatuin, ternyata pas,” ujar Ifa setelah launching di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Rabu (6/6) lalu. Lagu jadi dalam tiga hari.

Tantangan berikutnya adalah menyatukan jadwal puluhan penyanyi untuk perekaman. Prosesnya sangat efisien. Penyanyi menjalani perekaman untuk part masing-masing. Lalu, mereka merekam video lirik dan testimoni.

Klip videonya dibuat dalam dua versi. Pertama, berkonsep teatrikal yang diekspresikan komunitas tuli, salah satunya The Little Hijabi Homeschooling yang dipimpin Bunda Galuh Sukmara, serta aktivis tuli Surya Sahetapy. Pada klip video kedua, seluruh penyanyi memperagakan bahasa isyarat dari lirik yang dinyanyikan.

Bagi para musisi dan penyanyi yang tergabung, proyek itu bermakna amat dalam. Salah satunya diungkapkan Dira Sugandi. Penyanyi yang dikenal dengan suara khasnya itu berurai air mata sepanjang sesi konferensi pers, terutama saat menceritakan pengalamannya dan menonton klip video dalam bahasa isyarat.

”Ini project yang paling menguras air mata,” tuturnya, lantas terhenti bicara karena terisak.

Kali pertama mendengar demo lagunya, Dira menangis. Saat perekaman, penuh air mata. Menonton teaser klip video, penuh keharuan. Sampai ketika akan berangkat ke konferensi pers, dia lagi-lagi menitikkan air mata. ”Hidup ini tentang mencari apa tujuan hidup kita. Saya sering berpikir saya ini nggak punya apa-apa, apa saya bisa bermanfaat buat orang lain?” ungkap Dira.

”Terima kasih Quran ID Project, sudah mengajak saya bergabung,” sambungnya.

Keharuan juga dirasakan Dewi Sandra. Perempuan kelahiran Brasil itu memantapkan hati tidak ingin kembali ke dunia tarik suara. Begitu mendengar demo lagu yang dikirimkan, Dewi tersentuh. Dewi ikut mempelajari bahasa isyarat sehingga mampu berkomunikasi dengan teman-teman tuli.

Cahaya dalam Sunyi bisa diakses secara luas melalui kanal YouTube QuranIndonesia dan platform musik digital. Seluruh hasil kolaborasi disalurkan untuk program edukasi #CahayadalamSunyi yang menyediakan akses belajar agama Islam dalam bahasa isyarat bagi teman-teman tuli. (nor/c11/nda/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dua Momen Besar Tulus

Dua Momen Besar Tulus

Agustus jadi bulan spesial bagi Tulus. Pertama, dia akan tampil dalam opening Asian Games 2018 pada Sabtu (18/8).


Bieber-Baldwin Menangis Bersama

Bieber-Baldwin Menangis Bersama

Justin Bieber dan Hailey Baldwin tampaknya sangat bahagia dalam sebulan terakhir.


Syuting Horor Menguras Fisik dan Mental

Syuting Horor Menguras Fisik dan Mental

Tahun ini bioskop Indonesia banyak dihampiri film-film dalam negeri bergenre horor.


Si Doel the Movie Penyempurna Versi Serial

Si Doel the Movie Penyempurna Versi Serial

Kisah Si Doel telah menemani penonton Indonesia di layar kaca selama puluhan tahun. Ketika dibuat dalam versi film, penggemar setianya tak sabar.


Mahalnya Incess Seat Konser Syahrini

Mahalnya Incess Seat Konser Syahrini

Bukan Syahrini kalau tanpa sensasi. Tidak hanya dalam hal gaya atau celoteh, pelantun Sesuatu itu baru saja membuat mata publik melotot kaget.


Terguyur Hujan Tetap Stunning

Terguyur Hujan Tetap Stunning

Kilau cahaya smartphone dan lightstick dari puluhan ribu Swifties menghidupkan MetLife Stadium, East Rutherford, New Jersey.


Judas Priest Mangung di Ancol

Judas Priest Mangung di Ancol

Panggung musik tanah air siap kedatangan musisi legendaris dunia lagi.


Conan Steven Kagumi Iko Uwais

Conan Steven Kagumi Iko Uwais

Kalau sudah menonton film Buffalo Boys, dalam scene awal ada aksi pertarungan Jamar (Ario Bayu) dengan Brute, sosok bertubuh ’’raksasa’’.


November, Mariah Carey Tampil di Borobudur

November, Mariah Carey Tampil di Borobudur

Dalam hitungan 111 hari dari sekarang, tepatnya pada 6 November mendatang, Mariah Carey, 48, singgah ke Indonesia.


Meteor Garden 2018 Rilis di Indonesia

Meteor Garden 2018 Rilis di Indonesia

Ketika ditayangkan pada 2001, cerita tentang Dao Ming Si dan Shan Cai dalam serial Meteor Garden sukses menyebar virus di mana-mana.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!