Entertainment
Share this on:

Nadia Bawa Pulang Dua Gelar di MGI 2018

  • Nadia Bawa Pulang Dua Gelar di MGI 2018
  • Nadia Bawa Pulang Dua Gelar di MGI 2018

SOSOK INSPIRATIF: Dari kiri, Nicole Marie Colon, Nadia Purwoko, Miss Grand International 2018 Clara Sosa, Meenakshi Chaudary, dan Haruka Oda.

YANGON - Kontes Miss Grand International (MGI) 2018 mencapai puncaknya pada Kamis malam (25/10). Clara Sosa (24), asal Paraguay sukses meraih mahkota kemenangan dan gelar MGI 2018. Dalam acara yang diadakan di The One Entertainment Park, Yangon, Myanmar, tersebut, Clara mengungguli 75 kontestan lain.

Sementara itu, wakil Indonesia Nadia Purwoko pulang dengan dua gelar. Perempuan berdarah Bengkulu tersebut sukses meraih posisi 2nd runner-up dan Best in Social Media. ”Saya sangat bersyukur bisa membawa pulang dua gelar untuk Indonesia,” ujar Nadia melalui akun Instagram-nya kemarin (26/10).

Kesuksesan Nadia meraih dua gelar tak lepas dari performanya pada malam puncak. Salah satunya, saat dirinya berpidato di babak Top 10. Nadia konsisten mengangkat isu antiperang dan perlindungan untuk anak serta perempuan.

”Sebagai perempuan dan pengacara, saya siap membela sesama perempuan, anak-anak, dan korban kekerasan,” katanya mantap.

Jawaban tegas disampaikan Nadia pada babak Top 5. Jajaran Top 5 diberi pertanyaan tentang negara mana yang akan dikunjungi pertama sebagai MGI 2018. Perempuan 26 tahun itu memilih AS (Amerika Serikat).

Menurut dia, AS menjadi tempat strategis untuk menyebarkan pesan perdamaian. ”Di sana ada banyak orang dengan berbagai latar belakang dan media yang besar,” katanya.

Jawaban Nadia di dua babak itu menunjukkan bahwa alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia tersebut konsisten terhadap isu yang diangkatnya. ”Saya memang mau berfokus ke perlindungan anak dan ibu serta perdamaian dalam keberagaman,” urainya.

Hal tersebut sudah diungkapkan Nadia saat dirinya mengikuti pemilihan Miss Grand Indonesia 2018 pada 21 Juli. Menurut Nadia, sudah banyak dasar hukum yang menjamin terwujudnya perdamaian di Indonesia. Namun, implementasinya belum dilakukan dengan baik.

Berbekal ilmu dan pengalaman, Nadia ingin lebih banyak menyuarakan implementasi peraturan dan hukum demi perdamaian di Indonesia. Di samping memiliki pengetahuan hukum yang baik, Nadia punya pengalaman di bidang sosial.

Sebelum berprofesi sebagai pengacara, dia pernah terlibat sebagai aktivis sebuah yayasan bersama temannya. ”Saya aktif memberikan pendidikan dan pelatihan keterampilan untuk anak-anak dan perempuan tidak mampu di kawasan Depok,” tuturnya.

Setelah mengikuti MGI 2018 di Myanmar, Nadia masih harus menjalani perannya sebagai Miss Grand Indonesia 2018. Dia memiliki waktu hingga Juli 2019 untuk mewujudkan hal yang menjadi kepeduliannya. Sejumlah program dan kegiatan yang berfokus pada anak dan perempuan siap diikutinya.

Selain itu, Nadia punya rencana lain. National costume yang dikenakannya, Underwater Lombok-The Return karya Grace Setyo Liem, rencananya dilelang. Hasil lelang bakal didonasikan untuk mendanai pemulihan Lombok pascagempa.

Kostum yang terinspirasi dari keindahan alam bawah laut Lombok tersebut sukses masuk jajaran Top 12 National Costume MGI 2018. (len/c25/nda/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Maia Estianty Sedih Ditinggal Al dan El

Maia Estianty Sedih Ditinggal Al dan El

Maia Estianty sedih harus ditinggal lama oleh dua anaknya yakni Ahmad El Jallaludin Rumi dan Ahmad Al Ghazali.


Sule Kesulitan Kontrol Anak

Sule Kesulitan Kontrol Anak

Komedian Sule mengaku sejak anaknya, Rizky Febian, telah memiliki rumah sendiri, sudah dua bulan tidak bertemu dengan sang anak.


Jessica Iskandar Susan Dua Kali Lolos dari Santet

Jessica Iskandar Susan Dua Kali Lolos dari Santet

Kehidupan Jessica Iskandar tengah terusik. Menjelang pernikahan dengan kekasihnya, Richard Kyle merasa tak tenang.


Keren! Film Sultan Agung, Karya Hanung Bramantyo Raih Penghargaan di Rusia

Keren! Film Sultan Agung, Karya Hanung Bramantyo Raih Penghargaan di Rusia

Hanung Bramantyo tengah berbahagia. Film terbarunya yang berjudul, 'Bumi Manusia,' dua pekan diputar di seluruh bioskop di Indonesia meraih sejuta penonton.


Belum Ideal, Film Bumi Manusia Tembus 1 Juta Penonton

Belum Ideal, Film Bumi Manusia Tembus 1 Juta Penonton

Dua pekan diputar di seluruh bioskop di Indonesia, Film 'Bumi Manusia' (BM) telah tembus lebih dari satu juga penonton.


Dua Artis Stand Up Comedy Tertangkap Nyabu, Siapa Ya?

Dua Artis Stand Up Comedy Tertangkap Nyabu, Siapa Ya?

Dunia hiburan kembali dikejutkan dengan penangkapan artis karena terlibat narkoba.


Ari Lasso Gelar Konser 27 Tahun Kiprahnya di Musik

Ari Lasso Gelar Konser 27 Tahun Kiprahnya di Musik

Kabar gembira bagi penggemar Ari Lasso. Ya mantan vokalis Dewa 19 itu bakal menggelar konser tunggal bertajuk "Konser Perjalanan Panjang Ari Lasso."


Maudy Ayunda Bakal Bawa Guling ke Amerika

Maudy Ayunda Bakal Bawa Guling ke Amerika

Aktris Maudy Ayunda tengah disibukkan dengan persiapan kuliah S2 di Universitas Stanford, Amerika Serikat.


Aurel Hermansyah Sering Tabrakan Gara-gara Emosian Bawa Mobil

Aurel Hermansyah Sering Tabrakan Gara-gara Emosian Bawa Mobil

Aura Hermansyah mengaku kerap emosian saat mengemudikan kendaraan roda empat miliknya. Alhasil dia sering mengalami tabrakan.


Sempat Kontroversi, Film Zara JKT48 Akhirnya Lolos Juga

Sempat Kontroversi, Film Zara JKT48 Akhirnya Lolos Juga

Setelah sempat menjadi kontroversi sebelum ditayangkan, akhirnya Kamis (11/7), film 'Dua Garis Biru' tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!