Entertainment
Share this on:

Nico Siahaan Akui Terima Rp 250 Juta dari Sunjaya

  • Nico Siahaan Akui Terima Rp 250 Juta dari Sunjaya
  • Nico Siahaan Akui Terima Rp 250 Juta dari Sunjaya

BANDUNG - Lanjutan sidang kasus suap Bupati non aktif Sunjaya Purwadisastra menghadirkan keterangan saksi dari politisi PDIP Nico Siahaan. Dalam persidangan itu, Nico mengaku diberi uang Rp250 juta oleh Sunjaya.

Namun, uang itu belum sempat digunakan. Bahkan sudah dikembalikan ke kas negara melalui KPK.

Dia mengungkapkan, ketika itu Nico merupakan Ketua Panitia peringatan hari Sumpah Pemuda dengan tema Satu Indonesia Kita yang diselenggarakan oleh PDIP pada 28 Oktober 2018 lalu. Namun, Nico pun mengaku tidak mengetahui jika uang sumbangan itu bersumber dari uang suap.

JPU KPK kemudian menanyakan hubungan saksi (Niko) dengan terdakwa Sunjaya hingga proses pemberian sumbangan senilai Rp250 juta.

"Saya dan beliau sesama kader di PDIP. Kalau prosesnya saya sendiri tidak paham, saya ketemu beliau di rapat panitia. Ada informasi (Panitia) sumbangan dari kader Rp 250 juta," kata Nico ketika ditanya dalam sidang persidangan dugaan korupsi dengan terdakwa Bupati Cirebon non aktif, Sunjaya Purwadisastra, di Pengadilan Tipikor PN Bandung, Jalan RE Martadinata, Rabu (13/3).

Niko mengungkapkan, Sunjaya mengirimkan ke rekening panitia. Dan dia menerima laporan jika Sunjaya telah mengirimkan Rp250 juta, dan bisa dipakai. "Apakah uang tersebut sudah dipakai (kegiatan)," tanya JPU KPK.

Lebih lanjut Nico.menjelaskan, uang itu, disimpan. Malamnya dapat laporan Pak Sunjaya ditangkap. "Uang itu, tidak kami pakai," ujarnya.

Aggita DPR RI Komisi X ini mengaku jika uang tersebut sudah dikembalikannya saat diperiksa sebagai saksi di penyidik KPK pada November 2018.

Saksi lainnya yang juga kader PDIP Elvi Diana mengaku, dirinya ditugaskan di kepanitiaan peringatan sumpah pemuda untuk menerima sumbangan dari kader (PDIP). Jika sudah ada yang transfer, langsung melaporkan ke ketua panitia (Niko).

"Awalnya saya besaran tidak tahu, waktu itu saya lagi rapat Pilkada (Cirebon) dihampiri Pak Bupati dia bilang akan nyumbang dan dikirim ke rekening saya," kata Elvi yang juga mengemban tugas sebagai Bapilu PDIP di Cirebon.

Kemudian tidak lama kemudian dirinya menerima pesan via Whatsapp dari ajudannya Bupati, jika dana sudah masuk sekitar Rp 250 juta.

Sementara Kepala BPKSDM Pemkab Cirebon Supardi Supriatna mengatakui jika untuk mutasi atau rotasi pejabat di Pemkab Cirebon pasti selalu melalui usulan Bupati Cirebon. "Rata-rata dari usulan bupati," katanya.

Selain itu, lanjutnya, semua yang dilakukannya dalam merotasi, mutasi dan mengangkat jabatan sesuai dengan disposisi yang ada. Baik itu disposisi dari kepala dinas, maupun dari bupati melalui ajudannya.

"Soal uang yang harus diberikan oleh pejabat yang naik pangkat,?" tanya JPU.

"Mereka yang sudah diangkat memberikan uang ke beliau (Bupati) melalui ajudannya sesudah dilantik," kata dia. (yan/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Gisel Pacari Mantan Agnez Mo
Gisel Pacari Mantan Agnez Mo

Berita Sejenis

Anak Dian Sastro Sempat Autis, Berjuang Tanpa Support Suami karena Tak Percaya

Anak Dian Sastro Sempat Autis, Berjuang Tanpa Support Suami karena Tak Percaya

Mungkin tak banyak yang tahu jika putra sulung dari aktris Dian Sastrowardoyo pernah didiagnosa berkebutuhan khusus.


Anggun C Sasmi Tuai Hujatan Netizen

Anggun C Sasmi Tuai Hujatan Netizen

Lantaran membandingkan Ustad Abdul Somad dengan Meilana, penyanyi dunia Anggun C Sasmi menuai hujatan dari warganet.


Aura Kasih Ngamuk Kena Body Shaming

Aura Kasih Ngamuk Kena Body Shaming

Penyanyi Aura Kasih mengaku kesal atas body shaming yang menimpanya. Apalagi cuitan body shaming itu dari kaum intelektual yakni pemerhati film, Yan Widjaya.


Nikita Mirzani Dapat Dukungan Kak Seto

Nikita Mirzani Dapat Dukungan Kak Seto

Di tengah kasus tudingan telah menelantarkan sang buah hatinya, Azka, Nikita Mirzani mendapat dukungan dari netizen, juga psikologi anak, Kak Seto.


Aktor Dwayne 'The Rock' Johnson Resmi Nikahi Lauren Hashian

Aktor Dwayne 'The Rock' Johnson Resmi Nikahi Lauren Hashian

Kabar gembira datang dari aktor Dwayne 'The Rock' Johnson yang dilaporkan resmi menikahi kekasihnya, Lauren Hashian.


Nabila Syakieb Rehat dari Dunia Artis

Nabila Syakieb Rehat dari Dunia Artis

Sejak melahirkan anak pertamanya Nabila Syakieb menghilang dari dunia hiburan.


Ayu Ting Ting Kurban Sapi Ratusan Juta Rupiah

Ayu Ting Ting Kurban Sapi Ratusan Juta Rupiah

Pedangdut Ayu Ting Ting setiap tahun tidak pernah absen ikut menyembelih hewan kurban sapi. Tahun ini jumlah sapi kurbannya meningkat menjadi empat ekor.


Sarwendah Datangkan Sapu Lidi dari Suzanna

Sarwendah Datangkan Sapu Lidi dari Suzanna

Sarwendah, istri Ruben Onsu, mengungkapkan sebetulnya sudah tidak kuat lagi atas teror mistis yang menghantuinya belakangan ini.


Uki Resmi Cabut dari Band Noah

Uki Resmi Cabut dari Band Noah

Uki resmi mengundurkan diri dari Band Noah. Pemilik nama lengkap Mohamad Kautsar itu resmi hengkang dari Band Noah pada 8 Agustus 2019.


Uki Hengkang dari NOAH, Kenapa Ya?

Uki Hengkang dari NOAH, Kenapa Ya?

Gitaris Uki resmi hengkang dari NOAH sejak 8 Agustus 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!