Entertainment
Share this on:

Polemik Cover Lagu Sunset di Tanah Anarki

  • Polemik Cover Lagu Sunset di Tanah Anarki
  • Polemik Cover Lagu Sunset di Tanah Anarki

JADI MASALAH: Via Vallen ditegur Jerinx karena mengcover lagu milik Superman Is Dead pada 2013.

JAKARTA - Polemik terkait dengan cover lagu dan hak cipta kembali mencuat di ranah industri musik tanah air. Jerinx Superman is Dead (SID) mengungkapkan kekesalannya soal itu. Polemik tersebut berawal ketika Jerinx melontarkan pertanyaan kepada followers-nya di Twitter,

’’Apa track favoritmu dari album baru SID Tiga Perompak Senja?’’ Salah seorang penggemar menuliskan, ’’Aku suka Puisi Cinta Para Perompak. Kayaknya bakal di-cover Via Vallen’’.

Jerinx lantas menanggapi, ’’Tanpa Sunset di Tanah Anarki (SDTA), Vallen ga akan ada di posisinya saat ini. #fact’’. Drumer SID itu juga mengungkapkan, Via tidak pernah minta izin membawakan lagu SID.

’’Pesan lagu ini sangat besar. Vallen paham gak apa yang dinyanyikannya?’’ tulisnya.

Jerinx menegaskan, apa yang diutarakannya bukan tentang nominal. Tetapi jauh lebih esensial daripada itu. Menurut dia, Via merendahkan makna lagu tersebut.

Video Via menyanyikan lagu SDTA banyak ditemukan di YouTube. Menurut penuturan Via di akun Instagram-nya, dia menyanyikan lagu tersebut sekitar 2013 saat belum terkenal seperti sekarang. Dalam situs berbagi video itu, ditemukan banyak sekali cover lagu SDTA. Baik versi dangdut koplo maupun akustik.

Polemik lagu itu kemudian meruncing. Sebagian mendukung sikap Jerinx dan menyayangkan tindakan Via yang tidak meminta izin lebih dulu. Sebagian lagi beranggapan bahwa Jerinx memanfaatkan momen dalam perilisan album baru bandnya. Mengapa baru sekarang?

Dalam posting-an di akun Instagram-nya, Jerinx membeberkan alasannya menyentil Via. Simpel, tulisnya. Menurut dia, album SID yang baru saja rilis ini dipenuhi lagu yang sangat mungkin dijadikan versi dangdut atau koplonya.

’’Jika kami diamkan, bisa jadi VV atau penyanyi semacam dia akan melakukannya lagi, memperkaya diri memakai karya orang lain sekaligus membunuh ruh dari karya tersebut,’’ paparnya.

Via memberikan tanggapannya. Dia meminta maaf. ’’Saya mohon maaf kepada pihak Mas Jerinx selaku pemilik SID, jika selama ini tidak berkenan lagunya saya pakai untuk bernyanyi di atas panggung off air dengan irama musik dangdut yang menurut Mas merusak ruh lagu tersebut,’’ tulis Via. Namun, dia mempertanyakan kenapa hanya dia yang disasar.

Kemudian, terkait dengan tulisan Jerinx di akun Instagram-nya yang menyebut cover lagu itu dikomersialkan dalam bentuk DVD, Via menyatakan tidak tahu-menahu. Apakah itu bajakan atau resmi dari label?

Jika memang ada lagu Sunset di Tanah Anarki yang dia nyanyikan ketika off air dikomersialkan melalui kaset orisinal oleh label mana pun, Via meminta ditunjukkan bukti. ’’Saya siap menuntut label tersebut,’’ tulisnya.

Dia tidak pernah merasa diminta menyanyikan lagu tersebut untuk dikomersialkan atau dijual. Via juga tidak bisa menerima penyebutan dirinya oleh Jerinx yang terdengar kasar.

Jerinx kembali menuliskan pernyataan tentang alasannya hanya menyasar satu penyanyi, yakni Via Vallen. Sebab, untuk tipe penyanyi genre tersebut, sosok Via yang paling terkenal. ’’Imbasnya bakalan besar untuk menyadarkan penyanyi lain yang (baik sengaja maupun tidak) cari makan dengan cara merusak ruh lagu orang lain,’’ tulisnya lagi.

Dia menegaskan hanya menginginkan kesadaran. ’’Jika tak paham dengan lirik/esensi lagu SID, tolong jangan dirusak. Jika paham, lakukanlah dengan kesadaran dan iktikad baik untuk sesama, sejarah, masa depan, serta bumi pertiwi,’’ tulisnya.

Jawa Pos berusaha menghubungi Jerinx sejak kemarin siang (12/11) untuk mendapat tanggapan langsung. Namun, hingga berita ini ditulis, yang bersangkutan tidak merespons. Pesan elektronik yang dikirimkan kepada Via juga belum dibalas. (nor/c14/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Ingin Proses Hukum Cepat Selesai
Ingin Proses Hukum Cepat Selesai

Berita Berikutnya

Panik Gardu Listrik Terbakar
Panik Gardu Listrik Terbakar

Berita Sejenis

Denada Ciptakan Lagu untuk Shakira

Denada Ciptakan Lagu untuk Shakira

Sudah setahun Denada menemani sang putri kecilnya, Shakira Aurum, menjalani pengobatan di RS Singapura.


Diritik soal Rambut Nabi Muhammad SAW, Opick Siap Silaturahmi ke MUI

Diritik soal Rambut Nabi Muhammad SAW, Opick Siap Silaturahmi ke MUI

Pelantun lagu Tombo Ati Opick menanggapi krtikan Majelis Ulama Indonesia (MUI), terkait sehelai rambut Nabi Muhammad SAW yang dibawanya ke Indonesia.


Opick Bawa Helai Rambut Nabi Muhammad dari Turki

Opick Bawa Helai Rambut Nabi Muhammad dari Turki

Kegiatan penyanyi religi Opick ke Turki kali ini begitu istimewa. Ya pelantun lagu 'Tombo Ati' itu mendapatkan helai rambut Nabi Muhammad SAW.


Andre Taulany Datangi MUI, Jihan Fahira Minta Maaf

Andre Taulany Datangi MUI, Jihan Fahira Minta Maaf

Aktris Jihan Fahira cukup lama menghilang di jagat hiburan Tanah Air. Mendadak dia kembali disorot karena mengucapkan sumpah serapah kepada Andre Taulany.


Sejumlah Artis Indonesia Nyoblos di Luar Negeri

Sejumlah Artis Indonesia Nyoblos di Luar Negeri

Sejumlah artis Tanah Air yang berada di negeri seberang, tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.


Via Vallen Curhat Serba Salah di Mata Netizen

Via Vallen Curhat Serba Salah di Mata Netizen

Pedangdut Via Vallen mencurahkan perasaannya di media sosial. Pelantun lagu 'Sayang' itu mengaku serba salah apa yang dilakukannya di mata netizen.


Maudy Ayunda Gantikan BCL di Sekuel film Habibie & Ainun

Maudy Ayunda Gantikan BCL di Sekuel film Habibie & Ainun

Film Habibie Ainun 2 sukses menyedot jutaan penonton Tanah Air. Jika sebelumnya, sosok Ainun diperankan Bunga Citra Lestari (BCL), untuk sekuel Habibie Ainun in


Salah Lirik, Rossa Minta Maaf

Salah Lirik, Rossa Minta Maaf

Rossa meminta maaf pada publik atas kesalahannya menyanyikan lagu Indonesia Raya saat pembukaan Debat Capres keempat di Shangrila Hotel, Jakarta, Sabtu (30/3) m


Lagu Restu' Syahrini Sindir Luna Maya?

Lagu Restu' Syahrini Sindir Luna Maya?

Lagu berjudul 'Restu' yang dinyanyikan Syahrini menuai komentar miring dari netizen.


Bikin Bruno Mars Kecewa, Aturan KPID Jawa Barat Harus Dipublikasikan

Bikin Bruno Mars Kecewa, Aturan KPID Jawa Barat Harus Dipublikasikan

Pembatasan penyiaran lagu berbahasa Inggris oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat mendapatkan reaksi beragam.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!