Entertainment
Share this on:

Ramu Musik hingga ke Praha

  • Ramu Musik hingga ke Praha
  • Ramu Musik hingga ke Praha

**** - Untuk membuat aransemen musik megah dengan skala sebesar itu, pengerjaannya secara efektif dimulai pada Januari 2018. ”Meeting awal sewaktu saya resmi tergabung itu sekitar Oktober–November tahun lalu,” ujar Ronald Steven yang dipercaya mengerjakan musik bersama Addie M.S.

Bagi basis, pencipta lagu, dan komposer 33 tahun itu, Asian Games 2018 merupakan kehormatan besar. Bekerja sama dengan para maestro dalam bidangnya. ”Ini The A Team-nya Indonesia. Saya yang paling bangga bisa tergabung di dalamnya,” ucap pria berkacamata itu.

Banyak tantangan yang harus dihadapi. Di antaranya, jumlah dan detail item musik yang harus dikerjakan serta banyaknya elemen yang dilibatkan. ”Saya diberi tugas oleh Mas Wishnutama untuk mengemas elemen tradisional, elemen musik klasik, dan elemen musik modern,” paparnya.

Untuk itu, Ronald berhubungan langsung dengan divisi tari, di bawah koreografer Denny Malik dan Eko Supriyanto. Juga dengan divisi audio, tentunya. ”Mengorganisasi nama-nama track per segmen dengan jumlah yang sangat banyak, memperhatikan setiap detail sound,” urai Ronald.

Sekilas mengenai produksi musik, Ronald menjelaskan, recording session yang dilakukan di Praha merupakan bagian Addie M.S. Misalnya, music scoring untuk segmen protokoler dan segmen wind. Ada beberapa segmen yang komposisinya dikerjakan Ronald, orkestrasinya diisi Addie M.S. dan The City of Prague Philharmonic Orchestra.

Beberapa segmen tersebut adalah welcoming dance (Ratoh Jaroe), water, earth (medley lagu-lagu daerah), dan fire. Sedangkan untuk beberapa segmen lain yang juga membutuhkan elemen orkestrasi, Ronald menggandeng Alvin Witarsa dan timnya.

”Jadi, recording di Praha bukan proses final,” terangnya. Sementara itu, proses rekaman untuk para penyanyi yang mengisi acara dilakukan sejak Juli.

Ronald memang lebih banyak menggarap musik untuk segmen tarian. Addie M.S. dipercaya menggarap sisi orkestra simfoni. Dia sudah biasa mengerjakan rekaman di Praha sejak 2011. Dari sisi artis pengisi acara, mereka juga harus menjalankan yang menjadi bagiannya demi kesuksesan acara. Termasuk ketika para penyanyi diminta untuk lipsynch.

Bagi sebagian orang, hal itu dipandang negatif. Sebab, para penyanyi seolah ’’menipu’’. Tetapi, sebetulnya hal itu diperbolehkan dalam kondisi tertentu. Audrey Tapiheru, personel trio GAC, pun menanyakan alasan ketika diberi tahu bahwa mereka akan lipsynch. Kenapa?

’’Ternyata dari kondisi lokasi dan alasan teknis, menyanyi live bakal sulit,” jelas Audrey.

Semua talent pun menggunakan wireless earpiece untuk mendengarkan arahan. Jika ada yang bernyanyi secara live, gangguan teknis bisa terjadi. Stadion utama GBK yang sangat besar juga membuat suara live terdengar bergaung.

Demikian pula halnya dengan Rossa. Malam itu, Rossa juga lipsynch membawakan Manuk Dadali dan Jali-Jali. Sama dengan GAC, Rossa menjalani sesi pre recording di Brotherland Studio Jakarta.

Rossa menyatakan sangat memahami kondisi tersebut. Bagi dia, itu tidak masalah. ’’Justru kalau nggak lipsynch, takut banget. Gimana kalau mikrofon mati atau ada suara angin yang masuk mikrofon,” terangnya. Menurut Rossa, untuk kelancaran dan kualitas acara, lipsynch memang solusi terbaik.

’’Ini acara penting, bukan audisi. Kalau sampai ada masalah, kan nama Indonesia yang kena,” jelas pelantun Kumenunggu itu.

Penyanyi sekaliber Beyonce pun pernah lipsynch. Tepatnya pada 2013, saat harus membawakan lagu kebangsaan Amerika Serikat, The Star Spangled Banner, pada inaugurasi Barack Obama. Istri Jay-Z tersebut telah berlatih untuk penampilan itu.

Namun, dia tak punya cukup waktu untuk berlatih bersama tim orkestra. Proses cek suara pun, menurut dia, tak layak. Beyonce memilih lipsynch karena acara itu sangatlah penting. ’’Aku memutuskan untuk bernyanyi dengan lagu yang sudah direkam. Hal itu sudah sangat umum di industri musik,’’ kata Beyonce yang dilansir dari Telegraph. (len/adn/c7/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Kimberly Ryder Lepas Masa Lajang
Kimberly Ryder Lepas Masa Lajang

Berita Berikutnya

Energiknya Penampilan Hayley
Energiknya Penampilan Hayley

Berita Sejenis

Ariel Noah Benci CD Bajakan

Ariel Noah Benci CD Bajakan

Tren mendengarkan musik melalui aplikasi di ponsel tidak menyurutkan CD bajakan redup. Bahkan semakin menjadi-jadi.


Glenn Fredly Ajak Musisi Benahi Tata Kelola Musik Indonesia

Glenn Fredly Ajak Musisi Benahi Tata Kelola Musik Indonesia

Pasca draft Undang-Undang (RUU) Permusikan dicabut dalam Program Legislasi Nasional (Proglenas) Prioritas 2019.


Soimah Sedih Berjauhan dengan Anak-anak

Soimah Sedih Berjauhan dengan Anak-anak

Soimah telah dikenal di dunia entertaiment. Setiap hari wajahnya menghiasi televisi di acara musik dangdut.


Ditanya soal Mantan, Luna Maya Lari

Ditanya soal Mantan, Luna Maya Lari

Kabar rencana pernikahan Syahrini dengan Reino Barack sedang santer. Namun, hingga sekarang belum ada pihak yang mengonfirmasi kebenarannya.


Geisha dan Shima Kenang Karya Nike Ardilla

Geisha dan Shima Kenang Karya Nike Ardilla

Nama Nike Ardilla terus melekat di benak pencinta musik meski sosoknya telah tiada 23 tahun lalu. Lagu-lagunya pun tak lekang oleh waktu.


Bumblebee Selamatkan Franchise Transformers

Bumblebee Selamatkan Franchise Transformers

Franchise film Transformers hingga tahun lalu mendapat predikat kurang oke. Namun, tahun ini Bumblebee berhasil menyelamatkannya.


Marion Mulai ke Panggung Internasional

Marion Mulai ke Panggung Internasional

Capaian Marion Jola (18) sebagai pendatang baru musik Indonesia bertambah.


Polemik Cover Lagu Sunset di Tanah Anarki

Polemik Cover Lagu Sunset di Tanah Anarki

Polemik terkait dengan cover lagu dan hak cipta kembali mencuat di ranah industri musik tanah air.


Sibuk Bikin Fans Senang

Sibuk Bikin Fans Senang

SejakK merintis karir hingga sekarang, NDX AKA tetap punya kebiasaan pascakonser.


Jelang Konser Perdana, Sabyan Tiga Hari Kebut Latihan

Jelang Konser Perdana, Sabyan Tiga Hari Kebut Latihan

Sabyan Gambus, grup musik religi, menjadi fenomena dalam industri musik tanah air.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!