Entertainment
Share this on:

Seharian Merayakan Hari Dilan di Bandung

  • Seharian Merayakan Hari Dilan di Bandung
  • Seharian Merayakan Hari Dilan di Bandung

Para pemain Dilan 1991 saat gala premiere film Dilan 1991 di Bandung, Minggu (24/2) (Yuliani/JawaPos.com)

BANDUNG - Kalau waktu itu enggak pindah ke Bandung, mungkin Milea enggak akan ketemu Dilan. Di Kota Kembang itulah, mereka berdua dipertemukan. Nah, demi merayakan rilisnya film Dilan 1991, kemarin (24/2) Bandung merayakan Hari Dilan. Seharian warga kota tersebut diajak seru-seruan oleh para pemain filmnya.

Film Dilan 1991 bakal tayang di bioskop pada Kamis (28/2). Namun, warga Bandung kemarin heboh duluan. Teriakan mereka beradu dengan bunyi klakson sepeda motor. Poster film Dilan 1991 tersebar di tepi jalan dan reklame. Mereka menyambut kedatangan Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) yang ’’pulang kampung’’.

Penetapan Hari Dilan dilakukan pada 10 Februari lalu oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. Rangkaiannya dimulai pukul 07.30 WIB. Para cast mengunjungi Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo. Hadir pula Menteri Pariwisata Arief Yahya.

’’Adanya hari istimewa ini sebagai wujud dukungan saya terhadap Dilan 1991 dan industri kreatif,’’ ujar Kang Emil.

Kesuksesan Dilan 1990 yang menjadi film terlaris 2018 mendongkrak popularitas Kota Bandung. Sebelumnya diumumkan, Bandung akan membangun Dilan Corner alias Sudut Film Dilan di kawasan Saparua. Sebagai penanda, ada backdrop bergambar Dilan dan Milea yang sedang berboncengan di bawah guyuran hujan.

Kehadiran Iqbaal dan Vanesha ke lokasi itu sontak menarik perhatian warga yang sedang berolahraga di sekitar GOR Saparua. Mereka langsung mengerumuni dua bintang utama film yang disutradarai Fajar Bustomi tersebut.

Iqbaal merasa senang dengan antusiasme pada Hari Dilan. Film yang dibintanginya ternyata punya dampak sebesar itu sampai dibuatkan sudut khusus di Bandung. ’’Semoga nanti banyak yang terinspirasi jadi penulis seperti Ayah Pidi (Pidi Baiq, penulis novel Dilan, Red),’’ katanya.

Kemeriahan terus berlangsung. Mengadaptasi adegan si pemimpin geng motor, Dilan, ada konvoi yang diikuti 1.000 pengendara motor, 200 sepeda kayuh, 8 mobil jip, dan 8 mobil bandros (mobil tur Kota Bandung tanpa jendela). Rutenya dari depan Gedung Sate hingga Cihampelas Walk (Ciwalk). Iqbaal, Vanesha, dan para cast lainnya naik mobil bandros. Warga yang berjejer di sepanjang jalan yang dilalui pun dadah-dadah sambil memanggil-manggil nama mereka.

Pada Hari Dilan itu, para pemain mengunjungi lima titik jumpa fans untuk menyapa penggemar. Seluruh bioskop di Kota Bandung juga memutar Dilan 1991. Seluruh studio full. Berdasar pantauan Jawa Pos, antrean panjang terjadi di sejumlah bioskop. Di XXI Ciwalk, serta lokasi skrining, nobar, dan jumpa fans, tiket di 10 studio dan 5 waktu pemutaran sold-out.

Dilan 1991 bakal menyoroti apa yang terjadi ketika Dilan dan Milea resmi berpacaran. Bukan cuma hal-hal manis, film akan penuh adegan sedih dan gemas karena jengkel. Rupanya, mereka sama dengan pasangan lain. Hubungannya tidak selalu berjalan mulus. Ada pertengkaran dan salah paham.

Melihat filmnya disambut antusias, bahkan sebelum resmi dirilis, sutradara Fajar Bustomi merasa terhormat. Kerja kerasnya menggarap Dilan 1991 bersama Pidi Baiq terbayar. Meski film pertama sukses melampaui angka 6 juta penonton, Fajar tak lantas menganggap enteng sekuel kali ini.

Karena konflik lebih kompleks, dia harus lebih cermat dalam mengarahkan pemain. Dia menyatakan terus berkoordinasi dengan Pidi agar film berjalan sesuai dengan kemauan sang penulis. ’’Kamera juga di-upgrade agar kualitas gambar lebih bagus. Semoga penonton bisa bahagia dengan filmnya,’’ tutur Fajar setelah acara nobar khusus media dan penggemar. (len/c14/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ifan Seventeen Dituduh Berzina

Ifan Seventeen Dituduh Berzina

Setelah terciduk bersama seorang wanita di sebuah apartemen di kawasan Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.


Jenazah Ustaz Arifin Ilham Diterbangkan Hari Ini

Jenazah Ustaz Arifin Ilham Diterbangkan Hari Ini

Pemimpin Majelis Az-Zikra Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia di Rumah Sakit Penang, Malaysia, Rabu (22/5), pukul 23.30 waktu setempat.


Ustaz Arifin Ilham Tiga Hari Sekali Dikemo

Ustaz Arifin Ilham Tiga Hari Sekali Dikemo

Ustad Arifin Ilham kembali dikabarkan meninggal dunia. Kabar itu itu diketahui lewat pesan yang diperoleh Ustad Yusuf Mansur, baru-baru ini.


Raisa Bahagia Jadi Seorang Ibu

Raisa Bahagia Jadi Seorang Ibu

Tiga bulan sudah berlalu. Setiap waktu, hari, minggu, bulan, penyanyi Raisa mengaku menikmati sebagai seorang ibu dari Zaline Raine Willie.


Jarang Pulang, Tata Janeeta Gugat Cerai Suami

Jarang Pulang, Tata Janeeta Gugat Cerai Suami

Mantan vokalis Mahadewi dan Dewi Dewi Tata Janeeta menumpahkan kekesalannya kepada sang suami, Mehdi Zati di akun Instagram pribadinya pada dua hari lalu.


Rian D’masif Pilih Iktikaf di Masjid

Rian D’masif Pilih Iktikaf di Masjid

Vokalis D'masiv Rian Ekky Pradipta mengaku akan meluangkan waktunya untuk melakukan iktikaf di 10 hari terakhir Ramadan.


Mus Mulyadi Buaya Keroncong Tutup Usia

Mus Mulyadi Buaya Keroncong Tutup Usia

Musisi keroncong senior Mus Mulyadi atau dijuluki 'Buaya Keroncong' meninggal dunia hari ini, Kamis (11/4) kemarin.


Soimah Sedih Berjauhan dengan Anak-anak

Soimah Sedih Berjauhan dengan Anak-anak

Soimah telah dikenal di dunia entertaiment. Setiap hari wajahnya menghiasi televisi di acara musik dangdut.


Syahrini Salat Istikharah 40 Hari sebelum Terima Lamaran Reino Barack

Syahrini Salat Istikharah 40 Hari sebelum Terima Lamaran Reino Barack

Akhirnya Syahrini telah resmi menjadi suami pengusaha muda, Reino Barack buka suara.


The Groove Ajak Penonton Java Jazz Bernostalgia

The Groove Ajak Penonton Java Jazz Bernostalgia

Penampilan The Groove di hari perdana gelaran Java Jazz Festival 2019 JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (1/3), sangat memukau.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!