Entertainment
Share this on:

Seharian Merayakan Hari Dilan di Bandung

  • Seharian Merayakan Hari Dilan di Bandung
  • Seharian Merayakan Hari Dilan di Bandung

Para pemain Dilan 1991 saat gala premiere film Dilan 1991 di Bandung, Minggu (24/2) (Yuliani/JawaPos.com)

BANDUNG - Kalau waktu itu enggak pindah ke Bandung, mungkin Milea enggak akan ketemu Dilan. Di Kota Kembang itulah, mereka berdua dipertemukan. Nah, demi merayakan rilisnya film Dilan 1991, kemarin (24/2) Bandung merayakan Hari Dilan. Seharian warga kota tersebut diajak seru-seruan oleh para pemain filmnya.

Film Dilan 1991 bakal tayang di bioskop pada Kamis (28/2). Namun, warga Bandung kemarin heboh duluan. Teriakan mereka beradu dengan bunyi klakson sepeda motor. Poster film Dilan 1991 tersebar di tepi jalan dan reklame. Mereka menyambut kedatangan Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) yang ’’pulang kampung’’.

Penetapan Hari Dilan dilakukan pada 10 Februari lalu oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. Rangkaiannya dimulai pukul 07.30 WIB. Para cast mengunjungi Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo. Hadir pula Menteri Pariwisata Arief Yahya.

’’Adanya hari istimewa ini sebagai wujud dukungan saya terhadap Dilan 1991 dan industri kreatif,’’ ujar Kang Emil.

Kesuksesan Dilan 1990 yang menjadi film terlaris 2018 mendongkrak popularitas Kota Bandung. Sebelumnya diumumkan, Bandung akan membangun Dilan Corner alias Sudut Film Dilan di kawasan Saparua. Sebagai penanda, ada backdrop bergambar Dilan dan Milea yang sedang berboncengan di bawah guyuran hujan.

Kehadiran Iqbaal dan Vanesha ke lokasi itu sontak menarik perhatian warga yang sedang berolahraga di sekitar GOR Saparua. Mereka langsung mengerumuni dua bintang utama film yang disutradarai Fajar Bustomi tersebut.

Iqbaal merasa senang dengan antusiasme pada Hari Dilan. Film yang dibintanginya ternyata punya dampak sebesar itu sampai dibuatkan sudut khusus di Bandung. ’’Semoga nanti banyak yang terinspirasi jadi penulis seperti Ayah Pidi (Pidi Baiq, penulis novel Dilan, Red),’’ katanya.

Kemeriahan terus berlangsung. Mengadaptasi adegan si pemimpin geng motor, Dilan, ada konvoi yang diikuti 1.000 pengendara motor, 200 sepeda kayuh, 8 mobil jip, dan 8 mobil bandros (mobil tur Kota Bandung tanpa jendela). Rutenya dari depan Gedung Sate hingga Cihampelas Walk (Ciwalk). Iqbaal, Vanesha, dan para cast lainnya naik mobil bandros. Warga yang berjejer di sepanjang jalan yang dilalui pun dadah-dadah sambil memanggil-manggil nama mereka.

Pada Hari Dilan itu, para pemain mengunjungi lima titik jumpa fans untuk menyapa penggemar. Seluruh bioskop di Kota Bandung juga memutar Dilan 1991. Seluruh studio full. Berdasar pantauan Jawa Pos, antrean panjang terjadi di sejumlah bioskop. Di XXI Ciwalk, serta lokasi skrining, nobar, dan jumpa fans, tiket di 10 studio dan 5 waktu pemutaran sold-out.

Dilan 1991 bakal menyoroti apa yang terjadi ketika Dilan dan Milea resmi berpacaran. Bukan cuma hal-hal manis, film akan penuh adegan sedih dan gemas karena jengkel. Rupanya, mereka sama dengan pasangan lain. Hubungannya tidak selalu berjalan mulus. Ada pertengkaran dan salah paham.

Melihat filmnya disambut antusias, bahkan sebelum resmi dirilis, sutradara Fajar Bustomi merasa terhormat. Kerja kerasnya menggarap Dilan 1991 bersama Pidi Baiq terbayar. Meski film pertama sukses melampaui angka 6 juta penonton, Fajar tak lantas menganggap enteng sekuel kali ini.

Karena konflik lebih kompleks, dia harus lebih cermat dalam mengarahkan pemain. Dia menyatakan terus berkoordinasi dengan Pidi agar film berjalan sesuai dengan kemauan sang penulis. ’’Kamera juga di-upgrade agar kualitas gambar lebih bagus. Semoga penonton bisa bahagia dengan filmnya,’’ tutur Fajar setelah acara nobar khusus media dan penggemar. (len/c14/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Cut Keke Kini Mulai Lemah

Cut Keke Kini Mulai Lemah

Hari, bulan, dan tahun terus berjalan. Usia pun kian bertambah.


Dewi Perssik Terkenang Sang Ayah

Dewi Perssik Terkenang Sang Ayah

Seratus hari sudah sang ayah Dewi Perssik, Mochammad Aidil, meninggal dunia.


Zaskia Gotik Ogah Disebut Sosialita

Zaskia Gotik Ogah Disebut Sosialita

Karir Zaskia Gotik di dunia hiburan tengah berada di atas. Setiap hari dia disibukkan dengan kegiatan on air maupun off air.


Terlalu Seksi, Duo Semangka Dicekal KPAI

Terlalu Seksi, Duo Semangka Dicekal KPAI

Duo Semangka menyita perhatian hari ini. Menyusul pencekalan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) atas beberapa konten video.


Tampil Unik, Agnez Mo Tuai Pujian di HUT RI ke-74

Tampil Unik, Agnez Mo Tuai Pujian di HUT RI ke-74

Banyak cara untuk merayakan HUT RI ke-74 tahun di negeri orang.


Nikita Mirzani: Setelah Pencarian yang Panjang, Akhirnya Aku Menemukanmu

Nikita Mirzani: Setelah Pencarian yang Panjang, Akhirnya Aku Menemukanmu

Nikita Mirzani tahun ini kembali berkurban sapi di Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari ini, Minggu (11/8).


Listrik Mati Berjam-jam, Tasya Kamila Panik Kepikiran ASI Perahnya

Listrik Mati Berjam-jam, Tasya Kamila Panik Kepikiran ASI Perahnya

Tasya Kamila sempat dibuat panik saat tahu ada pemadaman listrik di Jabodetabek dan Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (4/8).


Millendaru Pernah Berhubungan dengan ZL, Zack Lee?

Millendaru Pernah Berhubungan dengan ZL, Zack Lee?

Nama Milendaru hari ini ramah dibicarakan dalam situs pencarian.


Nunung Pakai Narkoba Rutin di Pagi Hari

Nunung Pakai Narkoba Rutin di Pagi Hari

Pihak kepolisian mengungkap fakta baru tentang kebiasaan komedian Nunung menggunakan narkoba.


Pindah Agama, Salmafina Minta Warganet Tak Salahkan Orangtua

Pindah Agama, Salmafina Minta Warganet Tak Salahkan Orangtua

Salmafina Sunan menjadi perbincangan publik dalam beberapa hari terakhir. Hal ini terkait dengan isi dirinya yang sudah pindah agama.



Berita Hari Ini

Populer

Digital Interaktif. GRATIS

Edisi 1 Januari 1970

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!