Entertainment
Share this on:

Semua karena Spielberg

  • Semua karena Spielberg
  • Semua karena Spielberg

Spielberg

LOS ANGELES - Prediksi bahwa Ready Player One memuncaki box office akhir pekan Paskah dengan mudah menjadi kenyataan. Film besutan Steven Spielberg itu mengantongi USD 53,2 juta (sekitar Rp731,4 miliar) di Amerika Utara saja. Plus USD 128 juta (setara Rp1,8 triliun) dari pasar internasional. Dengan begitu, secara global ia meraup USD 181,2 juta atau sekitar Rp2,5 triliun.

Perolehan tersebut melampaui perkiraan kritikus. Awalnya, mereka menyebut film petualangan di dunia virtual reality itu maksimal meraih USD 42 juta (setara Rp576,8 miliar) di Amerika Utara. ’’Kami sangat senang. Steven Spielberg adalah sutradara yang luar biasa. Tidak ada lagi yang bisa melakukan hal tersebut selain Steven,’’ kata Jeff Goldstein, kepala distribusi domestik Warner Bros sebagaimana dilansir Variety.

Salah satu pasar yang menyumbang pendapatan terbesar bagi Ready Player One adalah Tiongkok. Film yang diangkat dari novel Ernest Cline itu meroket dengan USD 61,7 juta (Rp848,4 miliar) selama akhir pekan. Ia pun menjadi film Warner Bros dengan angka pendapatan akhir pekan terbesar di Tiongkok.

Di balik fakta tersebut, film itu menjadi simbol kebangkitan kembali Spielberg di box office. Kita mengenal sutradara 71 tahun tersebut dari karya-karya luar biasa. Bukan saja sangat bagus dari segi artistik, tapi juga laris manis. Film-film seperti Jaws, E.T. the Extra-Terrestrial, hingga Jurassic Park memecahkan rekor-rekor box office.

Film terakhir Spielberg yang sangat sukses secara komersial adalah Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull (2008). Dibintangi Harrison Ford, installment terakhir Indiana Jones tersebut meraup USD 100,1 juta (Rp1,4 triliun) pada pekan pembuka. Total, ia mengumpulkan lebih dari Rp10 triliun.

Film-film berikutnya tak bisa sesukses itu. Animasi The Adventure of Tintin (2011) sempat digadang-gadang bakal meledak. Kenyataannya, pada pekan perdana, film yang diproduseri Peter Jackson tersebut hanya mengumpulkan USD 9,7 juta! Hanya sekitar Rp133,4 miliar. Meskipun pada akhirnya lumayan juga. Tintin meraup USD 374 juta atau Rp5,1 triliun.

Karena itu, kesuksesan Ready Player One pada opening weekend ini sangat diapresiasi. Ia melawan segala hal yang biasanya menjadi faktor penentu kesuksesan. Pertama, ia bukan remake, sekuel, atau franchise yang punya basis fans kuat. Kecuali penggemar novel Cline tentunya (dan penggemar Spielberg sendiri).

Kedua, para cast utamanya bukan nama-nama yang familier di telinga moviegoers. Tye Sheridan sebelumnya membintangi film-film indie. Termasuk proyek eksperimen Christopher B. Landon, Scouts Guide to the Zombie Apocalypse (2015). Dia baru muncul ke permukaan ketika memerankan Scott Summers/Cyclops di X-Men: Apocalypse (2016). Demikian pula Olivia Cooke.

Karena itu, bisa dibilang bahwa kesuksesan film tersebut sepenuhnya bergantung pada peran Spielberg. Di CinemaScore, film itu mendapatkan skor A-, sedangkan kritikus memberikan skor 76 persen di Rotten Tomatoes. Artinya, ia merupakan film fantasi atau sci-fi arahan Spielberg yang menuai kritikan positif sejak Minority Report (2005).

Salah satu poin yang mendapatkan pujian adalah kelihaian Spielberg memasukkan unsur-unsur budaya pop 1980-an dalam film ber-setting masa depan tersebut. ’’Media sosial membuat anak muda hanya memikirkan penghargaan instan tentang disukai atau tidak disukai. Itu menyeramkan bagiku,’’ kata Spielberg kepada Fox News.

Sutradara Terbaik Oscar 1994 dan 1999 tersebut melanjutkan, ’’Aku sama sekali tidak khawatir siapa pun terjebak dalam nostalgia. Sebab, nostalgia adalah sesuatu yang tidak cukup kita dapatkan saat ini menurutku’’. (usatoday/hollywoodreporter/variety/adn/c22/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dilarang Manggung, Dinar Candy Rugi Uang

Dilarang Manggung, Dinar Candy Rugi Uang

Dinar Candy mengaku kecewa karena dilarang manggung di kota santri Jombang, Jawa Timur. Dampaknya karena jadi kehilangan pemasukan.


Nikita Mirzani Dipastikan Masuk Penjara

Nikita Mirzani Dipastikan Masuk Penjara

Nazarudin Lubis, pelapor Nikita Mirzani ke Polda Metro Jaya terkait kasus pencemaran nama baik karena dianggap melecehkan profesi pengacara


Marah, Vanessa Angel Tak Akui Ayahnya

Marah, Vanessa Angel Tak Akui Ayahnya

Terungkap, ternyata batalnya Doddy Sudrajat menjemput Vanessa Angel keluar penjara karena bintang FTV itu tidak mau lagi bertemu sang ayah.


Denada Kaget Mantan Suami Diciduk Polisi karena Narkoba

Denada Kaget Mantan Suami Diciduk Polisi karena Narkoba

Ujian kehidupan yang dihadapi Denada belum berakhir. Pasalnya sang mantan suami, Jerry Aurum diciduk polisi terkait penyalahgunaan narkoba.


Seksi, Dinar Candy Kerap Digoda Pria Nakal

Seksi, Dinar Candy Kerap Digoda Pria Nakal

Dikenal karena keseksian dan keliarannya, Dinar Candy kerap digoda pria. Tak hanya sekadar goda biasa saja tetapi juga diajakin ke arah negatif.


Absen Puasa Ramadan Tahun Ini

Absen Puasa Ramadan Tahun Ini

Ramadan tahun ini, Ardina Rasti izin tidak ikut berpuasa sebulan penuh, karena dia tengah memberikan ASI ekslusif buah hatinya.


Andre Taulany Datangi MUI, Jihan Fahira Minta Maaf

Andre Taulany Datangi MUI, Jihan Fahira Minta Maaf

Aktris Jihan Fahira cukup lama menghilang di jagat hiburan Tanah Air. Mendadak dia kembali disorot karena mengucapkan sumpah serapah kepada Andre Taulany.


Tutup Aurat Selama Ramadan

Tutup Aurat Selama Ramadan

Ramadan tahun ini ada yang berubah pada diri Dinar Candy. Selama sebulan penuh dia mengaku akan mengenakan hijab dan menolak semua tawaran di dunia DJ.


Mantan Kekasih Vanessa Angel Desak Polisi Hadirkan Rian Subroto

Mantan Kekasih Vanessa Angel Desak Polisi Hadirkan Rian Subroto

Sidang kasus prostitusi online Vanessa Angel belum lengkap tanpa menghadirkan semua pihak yang terlibat.


Kerap Nyanyi Lipsync, Syahrini Dicap Gak Profesional

Kerap Nyanyi Lipsync, Syahrini Dicap Gak Profesional

Penyanyi Syahrini comback menyanyi lagi setelah istirahat karena menikah.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!