Entertainment
Share this on:

Siapkan Tiga Film dalam Tiga Tahun

  • Siapkan Tiga Film dalam Tiga Tahun
  • Siapkan Tiga Film dalam Tiga Tahun

JAKARTA - Hampir dua dekade berkarir di industri film sebagai aktris, Dian Sastrowardoyo siap melebarkan sayap dengan berkarya di balik layar sebagai produser. Dian berkolaborasi dengan BASE Entertainment untuk melakukan co-production tiga proyek film layar lebar dalam kurun waktu tiga tahun.

Aktris yang masuk industri film lewat Bintang Jatuh (2000) disusul Pasir Berbisik (2001) dan Ada Apa dengan Cinta? (2002) itu sudah lama tertarik dengan dunia balik layar. Dalam media gathering di GoWork Menara Rajawali, Kuningan, Jakarta Selatan, kemarin (27/11), Dian menyatakan ingin bisa berkontribusi lebih pada industri film yang sudah membesarkannya. Bukan hanya sebagai pemeran.

’’Saya ingin ambil bagian untuk menjadi orang-orang yang ikut shaping (membentuk) industri ini,’’ ujarnya.

Seorang aktor di-hire untuk suatu peran dari skrip yang sudah ada serta bertugas memainkan perannya dengan optimal. Sementara itu, produser memiliki kapasitas lebih untuk membuat keputusan. ’’Kira-kira industri lagi perlu film tentang apa sih? Apakah tentang keluarga, anak-anak, cinta, atau apa? Proses kreatifnya lebih bebas,’’ jelas Dian.

Perempuan 36 tahun tersebut merasa inilah saat yang tepat untuk memulainya. Dia banyak berdiskusi dengan Shanty Harmayn setahun belakangan. Shanty adalah produser Dian di film Pasir Berbisik (2001) dan Banyu Biru (2005). Dian bahkan ’’melamar’’ untuk menjadi asisten Shanty supaya bisa banyak belajar tentang dunia di balik layar.

’’I said, no. Dengan kapasitas Dian selama ini, udah langsung nyebur aja jadi produser,’’ ujar Shanty.

Bagi Dian, tawaran dari partner & chief executive BASE Entertainment itu tidak bisa dilewatkannya. ’’Mbak Shanty adalah mentor saya. Selain kerja sama di film, saya sempat jadi volunter ticketing JIFFest yang diinisiatori Mbak Shanty sekitar 2000 atau 2001,’’ ungkap Dian.

Karena itulah, timing-nya sangat organik. Sebelumnya, peraih Aktris Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) dan Singapore International Film Festival 2002 tersebut terpikir mencoba menjadi sutradara. Di sisi lain, dia punya kompetensi di bidang bisnis. Alumnus Magister Manajemen Universitas Indonesia itu ingin memadukan latar finance, entrepreneurship, dan sisi kreatifnya dalam industri film.

Dian merasa lebih cocok jika diaplikasikan menjadi produser. Lebih spesifik lagi ke arah creative producer. ’’Saya tetap ingin menggunakan insting kreatif saya. Jadi, lebih banyak ke pengembangan, menentukan sutradara dan pemain, serta melihat sesuatu yang mungkin nggak dilihat orang lain,’’ papar Dian.

Ibu dua anak itu mempelajari bahwa perkembangan industri film melaju pesat. Akan lebih banyak permintaan konten yang berkualitas. Karena platform makin luas, bukan hanya sinema fisik (bioskop), tetapi juga online (on demand platform). Keran investasi juga terbuka lebar. Lebih banyak ide yang bisa direalisasikan.

Lalu, industri film Indonesia perlu film-film yang seperti apa? ’’Perlu lebih banyak menu,’’ ucap pemeran Aruna dalam film Aruna & Lidahnya tersebut. Yang sekarang banyak disajikan adalah genre horor, romantis melodrama, dan komedi.

’’Kita bisa belajar dari negara tetangga, Korea Selatan. Meski kebanyakan genrenya adalah cinta, ceritanya beragam,’’ ungkapnya.

Film produksi pertama yang diproduseri Shanty dan Dian nanti bergenre komedi. ’’Dalam komedi, ada subgenre lagi. Ini heist comedy. Adegan pencurian,’’ ungkap Shanty memberikan sedikit bocoran. Naskah film berjudul Guru-Guru Gokil itu ditulis Rahabi Mandra yang meraih Piala Citra 2017 untuk kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik lewat Night Bus.

Menjalani tugas baru sebagai produser, Dian tidak meninggalkan perannya di depan layar. ’’Kontribusi saya sebagai produser jangan sampai membatasi kontribusi saya sebagai aktor. Sebagai aktor, saya pun tetap perlu belajar. Belajar itu bisa dilakukan kalau kita melakukannya langsung,’’ terangnya. (nor/c14/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Ibunda Roger Danuarta Tutup Usia
Ibunda Roger Danuarta Tutup Usia

Berita Sejenis

 Film 'Bali : Beats of Paradise' Siap Tayang Agustus

Film 'Bali : Beats of Paradise' Siap Tayang Agustus

berjudul 'Bali : Beats of Paradise,'


Pindah Agama, Salmafina Minta Warganet Tak Salahkan Orangtua

Pindah Agama, Salmafina Minta Warganet Tak Salahkan Orangtua

Salmafina Sunan menjadi perbincangan publik dalam beberapa hari terakhir. Hal ini terkait dengan isi dirinya yang sudah pindah agama.


Sempat Kontroversi, Film Zara JKT48 Akhirnya Lolos Juga

Sempat Kontroversi, Film Zara JKT48 Akhirnya Lolos Juga

Setelah sempat menjadi kontroversi sebelum ditayangkan, akhirnya Kamis (11/7), film 'Dua Garis Biru' tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia.


Dalam BAP, Galih Ginanjar Mengaku Sengaja Hina Fairuz A Rafiq

Dalam BAP, Galih Ginanjar Mengaku Sengaja Hina Fairuz A Rafiq

Kasus ikan asin masih terus bergulir. Perkembangan kasus ini, terungkap Galih Ginanjar memang sengaja menghina Fairuz A. Rafiq.


Rumah Tangga Dewi Perssik Kembali Diisukan Retak

Rumah Tangga Dewi Perssik Kembali Diisukan Retak

Dua tahun menjalani mahligai rumah tangga, pedangdut Dewi Perssik dan Angga Wijaya, dikabarkan tengah bermasalah.


Film Bumi Manusia Trending di YouTube

Film Bumi Manusia Trending di YouTube

Film adaptasi dari novel legendaris Pramoedya Ananta Toer berjudul 'Bumi Manusia', trending di YouTube.


Baru Sehari, Trailer Film Live-action Mulan Langsung Trending

Baru Sehari, Trailer Film Live-action Mulan Langsung Trending

Film live-action 'Mulan' akhirnya dirilis Disney, Minggu (7/7).


Super Sopan, Member JKT48 Tak Canggung Cium Tangan

Super Sopan, Member JKT48 Tak Canggung Cium Tangan

Cantik, riang, ramah dan super sopan. Ya, begitu kesan yang didapat radartegal.com saat bertemu langsung dengan tiga member Tim J JKT48, Kamis (4/7).


Ashanty Kaget Digugat Rp9,4 M

Ashanty Kaget Digugat Rp9,4 M

Setelah sempat bungkam, akhirnya penyanyi Ashanty buka suara perihal digugat Rp9,4 miliar dalam kasus wanprestasi bisnis kosmetik oleh rekan bisnisnya.


Dena Rachman Ikut Rayakan Komunitas LGBT di Amerika

Dena Rachman Ikut Rayakan Komunitas LGBT di Amerika

Penyanyi dan pemain film Dena Rachman membuat heboh dunia maya.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!