Entertainment
Share this on:

Sosok BJ Habibie di Mata Selebriti Tanah Air

  • Sosok BJ Habibie di Mata Selebriti Tanah Air
  • Sosok BJ Habibie di Mata Selebriti Tanah Air

JAKARTA - Kepergian Presiden RI ketiga BJ Habibie meninggalkan duka yang mendalam. Tidak hanya bagi keluarga saja tapi dunia juga ikut bersedih. Termasuk kalangan selebriti di Tanah Air.

Sejumlah artis Tanah Air tidak bisa meluapkan kesedihannya ditinggalkan oleh pahlawan bangsa. Banyak inspirasi yang diambil dari BJ Habibie. Tidak hanya soal kejeniusannya di berbagai bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga kesetiaan pada pasangannya.

Aktor Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Maudya Ayunda, sutradara terkenal Hanung Bramantyo, dan lainnya, ikut bersedih atas meninggalkanya bapak demokrasi itu. Diketahui, mereka pemeran dalam film 'Habibie Ainun 3,' garapan Hanung.

Maudy Ayunda mengunggah fotonya ketika bersama BJ Habibie di ruang kerja almarhum. Tampak BJ Habibie mengenakan kemeja hitam polos dan peci berwarna senada. Sedangkan Maudy yang berada di sisinya mengenakan atasan lengan panjang dusty pink dan celana panjang abu-abu.

"Eyang... Im at a lost for words. Engkau adalah figur kakek yang pernah kumiliki dan aku bersyukur untuk setiap momen kita jalani bersama," tulis Maudy dalam keterangan fotonya, Kamis (12/9).

Pelantun lagu "Kamu Dan Kenangan" itu sedih BJ Habibie belum sempat menonton film "Ainun" sudah lebih dahulu dipanggil Sang Khalik.

"Sedih banget Eyang belum sempat nonton film Ainun. Pengen banget nunjukin usaha aku menjadi Ibu Ainun seperti yang selalu Eyang ceritakan," sambung Maudy sambil membubuhkan emoji wajah meneteskan air mata.

Aktris multitalenta itu mengucapkan selamat jalan kepada BJ Habibie, dan tidak akan pernah terlupakan semua karya-karya yang dipersembahkan almarhum untuk bangsa.

"Selamat jalan Eyang. Aku tahu perjalananmu, kisahmu, dan karya-karyamu akan sangat diapresiasi olehku dan seluruh rakyat Indonesia," ujar Maudy, tulisannya tentang BJ Habibie disukai 440 ribu netizen.

Bunga Citra Lestari alias BCL, juga merasa sangat kehilangan sosok BJ Habibie yang dianggap salah satu pria terbaik yang pernah ditemui dalam hidupnya. Dia mengunggah sebuah video pendek yang menampilkan BJ Habibie tengah membicarakan penampilan panggungnya.

Dalam video unggahannya, BCL memberikan keterangan bahwa menyesal tidak sempat berpamitan dengan mantan presiden ketiga Indonesia itu.

"It breaks my heart that I didn't have the chance to say goodbye to you... But you are in a better place right now... I love you Eyang," ujar BCL.

Pada 2012, BCL didapuk berperan sebagai Ainun istri Habibie dalam film garapan Faozan Rizal, "Habibie Ainun." Saat itu, BCL berpasangan dengan Reza Rahadian yang dipercaya memerankan Habibie.

Kesedihan yang mendalam juga dirasakan oleh Reza Rahadian ketika berada di rumah duka almarhum di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9) malam. Dia dua kali memerankan sosok BJ Habibie di film "Habibie Ainun."

"Saya cuma bisa bilang turut berduka cita untuk keluarga yang ditinggalkan. Selamat jalan buat Eyang semoga cepat bertemu dengan Eyang Ainun di tempat terbaik," ucap pria pemenang Piala Citra tersebut.

Reza mulai dengan dengan BJ Habibie saat ditunjuk sebagai pemeran utama "Habibie Ainun" pada 2012. Dari situ, dia mengenal lebih dekat sosok almarhum.

Sutradara Hanung Bramantyo juga merasa kehilangan tokoh jenius yang dimiliki Indonesia itu. Istri dari Zaskia A. Mecca itu banyak belajar tentang arti kesetiaan yang sesungguhnya.

Hanung menceritakan kenangan yang tidak terlupakan terhadap BJ Habibie.

"Saya sempat bilang, 'Eyang kenapa enggak jadi presiden lagi setelah film Habibie Ainun meledak di pasaran'. Apa yang ia katakan? Dia bilang, 'Sudah tidak ada ibu," ungkap Hanung Bramantyo di Taman Makam Pahlawan, Jaksel.

Kekaguman Hanung terhadap BJ Habibie semakin menguat betapa cinta BJ Habibie tidak pernah pudar meski sembilan tahun telah ditinggalkan sang istri, Hasri Ainun Habibie, untuk selama-lamanya.

"Saat sarapan pagi di Jerman, saya diundang sama Beliau (BJ Habibie). Di sampingnya itu ada piring dan kursi kosong. Beliau pun bilang, 'Ini kursi dan piringnya Ibu Ainun'," tutur dia.

Apalagi BJ Habibie kerap mengenakan atribut Ainun Habibie ketika berada di rumahnya.

"Saya juga pernah bersama beliau di rumahnya. Beliau selalu menggunakan syal, saya tanya itu punya siapa dan dijawab beliau, 'Ini punya Ainun'," ucapnya.

"Itu yang membuat saya menangis, karena saya bisa sadar bahwa seorang presiden dan jenius tidak hanya berpikir pekerjaan saja. Tetapi masih memikirkan istrinya walaupun sudah tidak ada," sambung Hanung.

BJ Habibie meninggal dunia pada usia 83 tahun akibat sakit gagal jantung dan sudah menua pada Rabu, 11 September 2019, pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Selamat jangan bapak bangsa. Karya-karyamu tidak akan pernah terlupakan untuk bangsa ini. (din/fin/ima)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Uut Permatasari Batasi Job Nyanyi

Uut Permatasari Batasi Job Nyanyi

Sejak menikah dengan seorang polisi, Tri Gofffarudin Pulungan, Uut Permatasari sudah jarang nongol di acara musik on air maupun off air.


Zaskia Gotik Ogah Disebut Sosialita

Zaskia Gotik Ogah Disebut Sosialita

Karir Zaskia Gotik di dunia hiburan tengah berada di atas. Setiap hari dia disibukkan dengan kegiatan on air maupun off air.


Anggun C Sasmi Sedih Makam BJ Habibie Jadi Objek Selfie

Anggun C Sasmi Sedih Makam BJ Habibie Jadi Objek Selfie

Penyanyi internasional Anggun C Sasmi tidak habis pikir terhadap kelakuan masyarakat Indonesia yang tidak memiliki perasaan


Paling Dicari, Lagu Cinta Sejati Habibie-Ain

Paling Dicari, Lagu Cinta Sejati Habibie-Ain

Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal BJ Habibie telah pergi untuk selama-lamanya. Kejeniusannya memotivasi banyak orang untuk menjadi pintar.


Reza Rahadian Antarkan BJ Habibie ke Peristirahatan Terakhir

Reza Rahadian Antarkan BJ Habibie ke Peristirahatan Terakhir

Aktor Reza Rahadian turut menghadiri pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) siang.


Cukup lama pecinta musik di Tanah Air tidak pernah lagi mendengar Maia Estianty menyanyi. Pensiun dari Dunia Musik

Cukup lama pecinta musik di Tanah Air tidak pernah lagi mendengar Maia Estianty menyanyi. Pensiun dari Dunia Musik

Cukup lama pecinta musik di Tanah Air tidak pernah lagi mendengar Maia Estianty menyanyi.


Siapa Sosok yang Pernah Tidur Bareng Desy Ratnasari di Terminal?

Siapa Sosok yang Pernah Tidur Bareng Desy Ratnasari di Terminal?

Mungkin tidak ada yang pernah menyangka jika artis senior sekelas Desy Ratnasari pernah juga tidur di terminal.


Hirup Udara Bebas, Mandala Shoji Berurai Air Mata

Hirup Udara Bebas, Mandala Shoji Berurai Air Mata

Mandala Shoji akhirnya bisa menghirup udara bebas setelah keluar dari Lapas Salemba, Jakarta Pusat, pada Rabu (7/8) siang.


Lama Menghilang, Ayu Azhari Laris Jual Pakaian di Swedia

Lama Menghilang, Ayu Azhari Laris Jual Pakaian di Swedia

Lama menghilang dari jagad hiburan di Tanah Air, aktris Ayu Azhari ternyata tengah disibukkan berbisnis dan memperkenalkan budaya Indonesia di Swedia.


RUU Permusikan Resmi Dibatalkan

RUU Permusikan Resmi Dibatalkan

Setelah menuai penolakan dari ratusan musikus Tanah Air, akhirnya draf RUU Permusikan resmi ditarik dari Program Legislasi Nasional (Proglenas) Prioritas 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!