Entertainment
Share this on:

Sukses Perankan Mufida Kalla, Tika Perankan Nyai Ahmad Dahlan

  • Sukses Perankan Mufida Kalla, Tika Perankan Nyai Ahmad Dahlan
  • Sukses Perankan Mufida Kalla, Tika Perankan Nyai Ahmad Dahlan

@tikabravani/Instagram

JAKARTA - Sudah dua kali Tika Bravani mendapat peran di film biopik. Dia menjadi Fatmawati dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka (2013), lalu memerankan istri Jusuf Kalla, Mufidah, dalam film Athirah (2016).

Kini ada tantangan yang lebih besar buat aktris 27 tahun tersebut. Yakni, memerankan Nyai Ahmad Dahlan di film Nyai Ahmad Dahlan yang tayang 24 Agustus mendatang.

Nyai Ahmad Dahlan (yang memiliki nama asli Siti Walidah) bukan hanya istri pendiri Muhammadiyah Ahmad Dahlan. Namun, dia juga merupakan pahlawan nasional yang membela hak-hak kaum perempuan.

Tika merasa tanggung jawab moralnya sangat besar. Apalagi, di media sosialnya sudah banyak komentar netizen yang mengingatkan Tika untuk selalu berperilaku baik.

Pas digituin (diingatkan, Red) saya jadi takut gimana (respons masyarakat) saat filmnya sudah tayang nanti, ya, kata Tika di kawasan Mampang, Setiabudi, Jakarta, kemarin.

Nyai Ahmad Dahlan hidup pada periode 1872?1946. Tika pun dituntut bisa membayangkan hidup pada masa yang serba terbatas itu. Selama tiga bulan, bintang sitkom Saya Terima Nikahnya itu melakukan riset tentang sang Nyai.

Dengan literatur yang sangat sedikit, dia beruntung mendapat bantuan dari keluarga keturunan Nyai Ahmad Dahlan. Setelah melakukan riset terhadap pendiri Aisyiyah itu, Tika mengungkapkan, Nyai Ahmad Dahlan punya napas perjuangan yang sama dengan Kartini, pahlawan emansipasi.

Hanya, cara berjuang mereka berbeda. Nyai lahir dan besar di Kauman, Jogjakarta, yang terkenal sebagai basis Muhammadiyah. Anak-anak yang tinggal di daerah Kauman dulu cuma bisa mengaji. Sekolah nggak bisa. Padahal, kan perempuan itu madrasah bagi anak-anaknya, tutur Tika.

Nah, tantangan terbesar di film ini, kata Tika, dirinya harus memerankan tiga fase kehidupan Nyai sekaligus. Tidak hanya melafalkan dialog, tetapi juga harus memperhatikan intonasi dan gestur tubuh.

Ibaratnya, saya harus membedakan saat mengeluarkan emosi di umur 50 tahunan dengan saat remaja, jelasnya.

Meski sudah pernah memainkan tokoh biopik, Tika merasa kali ini lebih berat. Saat memerankan Fatmawati, dia merasa beruntung karena dia tidak menjadi tokoh sentral. Berbanding terbalik dengan Nyai yang menjadikannya tokoh utama.

Saya di sini juga harus memainkan tokoh sepuh. Dan, lawan main saya itu lebih tua daripada saya. Nah, saya harus bisa lebih baik daripada dia, imbuhnya. (jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Naik Kelas Perankan Ateng

Naik Kelas Perankan Ateng

Augie Fantinus mendapat tantangan berat. Dia dipercaya memerankan karakter pelawak legendaris Ateng dalam film Lagi-Lagi Ateng.


Perankan Susy Susanti, Laura Basuki Pelajari Bulu Tangkis

Perankan Susy Susanti, Laura Basuki Pelajari Bulu Tangkis

Akhir pekan lalu, bermunculan foto-foto aktris Laura Basuki dalam balutan jaket dan seragam badminton.


Daniel Mananta Perankan Ahok

Daniel Mananta Perankan Ahok

Mantan VJ MTV Daniel Mananta kembali ke dunia akting. Dia membintangi film biografi A Man Called Ahok.


Meteor Garden 2018 Rilis di Indonesia

Meteor Garden 2018 Rilis di Indonesia

Ketika ditayangkan pada 2001, cerita tentang Dao Ming Si dan Shan Cai dalam serial Meteor Garden sukses menyebar virus di mana-mana.


Jared Leto Perankan Morbius

Jared Leto Perankan Morbius

Setelah memerankan Joker dalam film Suicide Squad, Jared Leto siap menambah satu lagi daftar peran dalam film adaptasi komik.


Iqbaal Ramadhan Tak Mau Cepat Puas Diri

Iqbaal Ramadhan Tak Mau Cepat Puas Diri

Membintangi film Dilan 1990 yang sukses mengumpulkan lebih dari 4,3 juta penonton, bahkan masuk jajaran empat besar film Indonesia terlaris sepanjang masa.


Film Dinosaurus Sudah Kantongi Rp2,105 Triliun

Film Dinosaurus Sudah Kantongi Rp2,105 Triliun

Strategi Universal Pictures memajukan jadwal rilis Jurassic World: Fallen Kingdom di mancanegara sebelum Piala Dunia sukses berat.


Pengabdi Setan Raih Top Prize

Pengabdi Setan Raih Top Prize

Daya tarik film Pengabdi Setan mendunia. Sukses di dalam negeri, film arahan sutradara Joko Anwar itu bersinar di level internasional.


Jelang Pernikahan Syahnaz-Jeje, Raffi Ahmad Malah Sedih

Jelang Pernikahan Syahnaz-Jeje, Raffi Ahmad Malah Sedih

Artis Raffi Ahmad yang sekaligus kakak dari Syahnaz Sadiqah mengungkapkan bahwa perasaanya cukup sedih bercampur bahagia jelang pernikahan adiknya.


Teh Mariah Carey Dicuri Kermit

Teh Mariah Carey Dicuri Kermit

Mariah Carey sukses jadi inspirasi meme pertama pada 2018. Semua berawal ketika dia tampil di panggung Dick Clark's New Year’s Rockin’ Eve Minggu (31/12).



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!