Entertainment
Share this on:

Susah Sinyal Tembus 2 Juta Penonton

  • Susah Sinyal Tembus 2 Juta Penonton
  • Susah Sinyal Tembus 2 Juta Penonton

BUKUKAN FILM: Dari kiri, produser Chand Parwez Servia, Ika Natassa, Ernest Prakasa, Snow (anaknya), Claudia Nasution.(Imam Husein/Jawapos)

JAKARTA - Strategi Starvision dalam meluncurkan film komedi drama Susah Sinyal pada libur akhir tahun ternyata manjur. Film karya sutradara dan komika Ernest Prakasa itu hingga kemarin sukses ditonton lebih dari 2 juta penonton. Angka tersebut akan terus bertambah karena film masih diputar di bioskop.

Produser Chand Parwez Servia mengungkapkan, sejak awal Susah Sinyal akan dirilis dan dipromosikan seperti film Ernest sebelumnya, Cek Toko Sebelah (CTS). Pada 2016, CTS dirilis pada akhir tahun, tepatnya 28 Desember 2016. Hasilnya, CTS menjadi salah satu film terlaris selama 2016. Total, CTS ditonton 2.642.957 kali.

Susah Sinyal punya kesamaan dengan CTS. Yakni, berupa film komedi seputar hubungan antaranggota keluarga yang diselingi drama mengharukan.

Mengiringi pencapaian 2 juta penonton, sebuah novel adaptasi naskah Susah Sinyal segera dirilis. Ernest menggandeng novelis Ika Natassa. Menurut Ika, ide tersebut lahir ketika Ernest tiba-tiba menawarinya untuk membuat adaptasi. Tanpa pikir panjang, penulis novel Critical Eleven itu langsung menyetujui.

Cerita yang mengekspos hubungan ibu (Ellen) dengan anak perempuannya (Kiara) itu merupakan ide Ernest. Menurut ayah dua anak tersebut, single mother bekerja yang punya anak perempuan remaja tentu menarik dijadikan kisah film. Dia menggandeng sang istri, Meira Anastasia, untuk menulis naskah.

Ika lantas membaca skenario yang dibuat Ernest dan Meira. Setelah membacanya, Ika kagum pada bakat menulis Ernest. Menurut novelis asal Medan, Sumatera Utara, itu, Ernest dan Meira mampu menghasilkan cerita yang padat dan sarat emosi. ’’They are amazing,’’ puji Ika saat konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, kemarin (9/1).

Dalam novel, Ika menggambarkan secara detail. ’’Misalnya, hubungan Ellen dengan mantan suaminya atau mengapa Ellen sampai ingin menjadi pengacara karena mendiang ayahnya,’’ ungkapnya.

Di samping itu, pembaca akan mengetahui pergumulan emosi para karakter saat menghadapi sebuah situasi. Juga, versi extended dari sebuah bagian di film. Misalnya, saat bagian nenek Kiara meninggal. ’’Kalau di film kan cuma beberapa menit. Nah, di novel nanti bakal ada satu bab khusus untuk meninggalnya nenek Kiara,’’ paparnya.

Selama pembuatan novel, Ika dan Ernest banyak berkoordinasi. Ika sebagai novelis sering meminta saran Ernest jika hendak menambahkan detail cerita. Alhasil, benang merah antara film dan novel tetap terjaga.

Novel yang dibuat dalam waktu dua bulan itu akan dirilis pada awal bulan depan. Dalam sesi pre-order sejak Senin (8/1), sebanyak 1.000 eksemplar buku sudah dipesan. ’’Novel bisa dinikmati setiap saat,’’ kata Ernest.

Menanggapi capaian jutaan penonton, Ernest girang. Terlebih, pesaingnya, Jumanji: Welcome To The Jungle dan Ayat Ayat Cinta 2. ’’Kalau dari Starvision dan saya sih maunya sampai 2 jutaan. Ini akhirnya tercapai di hari ke-20 pemutaran,’’ ujarnya.

Sukses dengan dua film komedi keluarga, dia menyiapkan proyek baru. Masih berupa komedi keluarga dan akan dirilis sekitar akhir tahun ini. (len/c5/nda/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

SHINee Tetap Konser di Jepang
SHINee Tetap Konser di Jepang

Berita Sejenis

Danur 2: Siapkan Spin-off Danur

Danur 2: Siapkan Spin-off Danur

Danur 2: Maddah terus menunjukkan kesuksesan. Hingga Sabtu malam (7/4), sekuel dari Danur: I Can See Ghost (2017) itu sudah ditonton 1,85 juta kali.


Rating dan Jumlah Penonton Oscars Turun Drastis

Rating dan Jumlah Penonton Oscars Turun Drastis

Tidak ada yang meragukan kemegahan dan kemewahan The Oscars 2018 Minggu malam waktu setempat (4/3) atau Senin pagi WIB. Presenternya keren-keren.


Tulus Kampanyekan Gajah ke Murid SD

Tulus Kampanyekan Gajah ke Murid SD

Menyanyi di panggung dengan ribuan penonton dan dikerubuti penggemar bukan hal baru buat Tulus.


Anggun Tembus Top 10 Billboard

Anggun Tembus Top 10 Billboard

Penyanyi Anggun mengukir sejarah. Lewat single terbarunya berjudul What We Remember, menempati tangga lagu 10 most-played Dance songs di Billboard.


Aneh, Fifty Shades Masih Laku

Aneh, Fifty Shades Masih Laku

Audiences finally freed from Fifty Shades' franchise (penonton akhirnya terbebas dari franchise Fifty Shades).


Lamar Pacar saat Skrining

Lamar Pacar saat Skrining

Penonton bioskop Rio Cinema di Dalston, London, dibuat heboh oleh tindakan Idris Elba.


Sopran Isyana Bikin Baper

Sopran Isyana Bikin Baper

Penonton pergelaran orkestra Invitation to the Dance di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu malam (31/1) menyaksikan pertunjukan dalam hening.


Premiere Black Panther, Penonton Tak Ingin Film Berakhir

Premiere Black Panther, Penonton Tak Ingin Film Berakhir

Kemeriahan menyambut film teranyar Marvel Studios, Black Panther, dimulai.


Dilan Tembus Sejuta dalam 3,5 Hari

Dilan Tembus Sejuta dalam 3,5 Hari

Dilan 1990 berhasil merayu penonton untuk datang ke bioskop.


Tiga Desainer Indonesia Tembus Amerika Serikat

Tiga Desainer Indonesia Tembus Amerika Serikat

Awal tahun menjadi momen yang membanggakan bagi dunia fashion Indonesia.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!